Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps dan WA

Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps dan WA (flickr.com)
Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps dan WA (flickr.com)

Cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps sebenarnya sederhana dan mudah. Beberapa orang nekat mengandalkan Google Maps untuk melacak lokasi seseorang.

Meski kesannya mengganggu privasi, tetapi mereka melakukannya sebagai bentuk antisipasi ketika kejadian buruk menimpa orang tersayang. Dengan langsung mengetahui keberadaan seseorang, kita menjadi lega. 

Cara Melacak Lokasi Seseorang dari Google Maps dan WA

Pesatnya teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai hal. Seperti kasus melacak keberadaan seseorang.

Hanya melalui ponsel pintar, lebih tepatnya dengan Google Maps, Anda akan memperoleh informasi akurat terkait keberadaan seseorang. Google Maps sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk jelajah dunia lebih mudah tanpa terkendala waktu. Uniknya, layanan pemetaan ini cukup multi fungsi.

Hal Wajib Sebelum Menggunakan Google Maps untuk Melacak Lokasi Seseorang

Orang membuka aplikasi canggih ini untuk keperluan memandu perjalanan, memantau rute perjalanan teman atau keluarga, hingga melacak lokasi nomor HP. Sayangnya, belum banyak yang tahu cara menggunakan Google Maps untuk melacak lokasi seseorang.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memastikan si target membagikan lokasinya kepada Anda. Memang tidak bisa menggunakan fitur ini tanpa adanya opt in sebelumnya.

Jadi, aplikasi ini pas buat Anda yang selalu ingin mencari tahu keberadaan si buah hati. Secara diam-diam, aktifkan atur setting di akun Google Maps pada android mereka.

Tutorial Mudah Menggunakan Google Maps 

Bila sudah selesai mensetting, silakan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. Tutorial berikut dikemas dengan bahasa mudah dipahami sehingga bisa langsung mempraktekkannya.

  • Silakan klik ikon Google Maps, kemudian klik foto akun profil. Anda bisa menemukan foto akun profil di sudut kanan atas.
  • Bila jendela baru telah, maka Anda akan melihat tampilan menu pop up. Pilih saja opsi Location sharing yang terdapat di fitur ini. 
  • Silakan scroll ke bawah untuk menemukan tampilan menu berupa kontak di android Anda yang telah membagi lokasi mereka. Pilih saja siapa yang hendak menjadi target pencarian.
  • Setelah itu layar akan menunjukkan lokasi si target.

Cara Melacak Keberadaan Seseorang dengan WhatsApp

Selain dari Google Maps, cara lain melacak lokasi seseorang adalah dengan WhatsApp. Lokasi target secara real time langsung bisa Anda dapatkan dengan mudah. Dan begini cara mudahnya:

  • Silakan buka WhatsApp kemudian pilih kontak yang Anda tuju. 
  • Silakan meminta kepada pemilik kontak untuk mengirim lokasinya terkini. Beri arahan kepadanya untuk menggunakan fitur attach sebagai sarana mengirim lokasinya terkini.
  • Kemudian, klik logo yang dikirim, lalu pilih opsi Location.
  • Lanjutkan dengan tekan Share live location.

Dengan Gmail

Cara ini tak kalah mudah, asalkan Anda sebelumnya tahu terlebih dahulu alamat dan password yang digunakan orang tersebut. Panduannya adalah:

  • Silakan masuk ke akun Gmail melalui perangkat, baik PC maupun laptop.
  • Lalu, tekan ikon titi sembilan yang ada di sudut kanan atas layar.
  • Pilih opsi Account kemudian carilah menu Security .
  • Bila sudah, silahkan scroll ke bawah dan masuklah ke menu Your device.
  • Lanjutkan dengan klik Find a lost device dan tunggu Google Maps menunjukkan keberadaan orang yang Anda maksud.

Cara melacak lokasi seseorang dari Google Maps memang mudah, bukan? Bila tidak mau menggunakan cara ini karena kesannya terlalu nekat mengganggu privasi seseorang, Anda bisa menggunakan aplikasi saja. Pastikan Anda mengunduh aplikasinya dari Google Play supaya aman. Namun, bila tidak berkepentingan, sebaiknya jangan melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *