6 Aplikasi Meeting Online Gratis Terpopuler Saat Ini

6 Aplikasi Meeting Online Gratis Terpopuler Saat Ini

Situasi pandemi akibat virus yang mendunia mengharuskan berbagai kegiatan pertemuan terbatas dan sulit terlaksana secara luring. Kegiatan belajar – mengajar, aktivitas pekerjaan dan budaya bersosialisasi dilakukan secara daring. Maka dari itu, beberapa aplikasi meeting online gratis menjadi satu hal yang banyak dibutuhkan dan dicari oleh berbagai kalangan untuk saling menyapa.

Pemanfaatan perangkat elektronik seperti komputer, ponsel pintar dan laptop akan diperoleh secara optimal ketika pengetahuan mumpuni juga dimiliki. Salah satu penggunaan teknologi di zaman modern ini yang mendukung kegiatan komunikasi jarak jauh adalah aplikasi meeting online. Berikut beberapa aplikasi meeting terbaik yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna tanpa batas:

1. Zoom

Aplikasi dengan simbol kamera berlatar warna biru ini menjadi salah satu yang banyak digunakan ketika isu pandemi pertama kali tersebar. Zoom dapat digunakan secara gratis oleh maksimum 100 orang dengan durasi paling lama adalah 40 menit. Penambahan jumlah pengguna dan durasi pemakaian aplikasi dapat ditambah apabila dialihkan menjadi Zoom Premium yang berbayar.

2. Google Meet

Google sudah sangat dekat dengan kehidupan manusia sejak bertahun – tahun lalu. Namun demikian, aplikasi Google Meet yang awalnya dirilis dengan nama Hangouts Meet ini baru banyak digunakan ketika awal pandemi. Banyak pihak yang memanfaatkan Google Meet sebagai penunjang komunikasi daring karena aksesnya mudah dan gratis.

Keunggulan dari Google Meet adalah adanya integrasi dengan akun Google para penggunanya. Peserta rapat daring dapat menjadwalkan kegiatannya di Google Calendar serta membagikan undangan melalui Gmail. Selain itu, rekaman atau hasil rapat dapat dengan mudah disimpan di Google Drive untuk nantinya dijadikan arsip pribadi atau kelompok.

3. Microsoft Teams

Sejak dirilis pada tahun 2017, Microsoft Teams juga banyak dijadikan sebagai aplikasi meeting online gratis andalan oleh para penggunanya. Rapat grup dapat dilakukan secara gratis selama maksimum 60 menit dan hingga 100 peserta. Selain itu, kekhawatiran tentang informasi sensitif tidak diperlukan, karena adanya perlindungan informasi dengan enkripsi data ketika transit atau tidak aktif.

4. Jitsi Meet

Adanya integrasi dengan Slack, Microsoft dan Google menjadikan aplikasi ini istimewa dan menarik. Kualitas audio video yang HD juga memanjakan mata dan telinga ketika rapat daring berlangsung menggunakan Jitsi Meet. 100 pengguna dapat melakukan pertemuan secara daring dalam satu waktu dengan akses yang mudah. Semua peserta akan saling bertatap layar di ruang kerja masing – masing.

5. Skype

Bagi sebagian orang, nama Skype ini tentu sudah tidak asing di telinga. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2003 dan kemudian dibeli oleh Microsoft di tahun 2011. Saat ini, pengguna Skype sudah mencapai ratusan juta yang tersebar di berbagai belahan bumi. Pemanfaatan aplikasi meeting online gratis ini yaitu melakukan panggilan video dan audio serta mengirim pesan dalam grup maksimum 50 orang.

6. Webex

Hanya dengan mendaftarkan diri dengan alamat email, Webex dapat dinikmati secara gratis oleh maksimum 100 pengguna. Fitur – fitur yang tersedia dalam aplikasi Webex ini antara lain Meetings, Calling, Messaging, Events dan Polling. Adanya fitur polling ini menjadi salah satu kelebihan Webex dibandingkan dengan beberapa aplikasi sejenis. Fitur tersebut akan memudahkan proses tanya jawab dalam melakukan diskusi secara daring.

Opsi yang tersedia di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperoleh aplikasi meeting online gratis terbaik di masa pandemi. Kelebihan dan kekurangan akan selalu melekat pada setiap hal – hal di dunia ini. Begitu juga dengan aplikasi untuk keperluan rapat daring tersebut, mengingat pemanfaatan fitur yang tak berbayar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *