Begini Cara Memulai Bisnis Wifi di Daerah Terpencil untuk Pemula

Begini Cara Memulai Bisnis Wifi di Daerah Terpencil untuk Pemula

Kebutuhan internet saat ini kian menggebu, sehingga banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk memasang wifi. Sayangnya, di daerah terpencil jarang tersedia wifi, sedangkan sinyal juga tidak selalu bagus. Hal tersebut tentu bisa dijadikan peluang bisnis wifi di daerah terpencil yang menarik untuk dicoba.

Bagi yang tertarik dengan bisnis satu ini, maka penting untuk mengetahui beberapa cara terlebih dahulu sebelum memulainya. Berikut enam cara yang patut dilakukan oleh pengusaha wifi pemula:

1. Ketahui Target Pasar

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha wifi rumahan, hal pertama yang wajib dipikirkan adalah target pasar. Tanpa mengetahui pangsa pasar di daerah tersebut tentu akan membuat usaha tersebut  sepi pelanggan.

Untuk itu, pastikan bahwa banyak orang yang membutuhkan jaringan internet atau wifi di sekitar tempat tinggal. Di sisi lain, pastikan pula jenis pengguna internet, apakah pelajar atau hanya sekedar main game. Dengan mengetahui target pasar itu tentu akan memudahkan pengusaha kedepannya.

2. Cek Kelayakan Jaringan Internet

Aspek kedua yang perlu diperhatikan dalam bisnis wifi di daerah terpencil adalah jaringan internet di sekitar rumah tempat tinggal. Pasalnya tidak semua daerah di support dengan sinyal wifi. Maka dari itu, pengusaha harus melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan memasang wifi.

Di sisi lain, juga banyak sekali jenis provider yang menyediakan layanan internet dan jaringan yang bermacam-macam. Dengan itu, pengusaha bisa mengecek satu per satu provider tersebut dan memilih mana yang memiliki sinyal paling kuat dengan harga miring.

3. Pahami Ilmu Wifi Hotspot

Karena usaha ini berhubungan dengan wifi, maka penting bagi pengusaha untuk mengetahui semua seluk beluk wifi. Paling tidak, pengusaha harus tahu peralatan, dan problem solving saat terjadi masalah pada wifi.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk mengetahui dan mengerti istilah dasar pada wifi, seperti bandwith atau FUP Internet. Pasalnya, pengusaha akan bergelut dengan istilah dan berbagai macam seluk beluk wifi saat menjalankan usaha ini.

4. Siapkan Modal Awal

Dari dahulu modal merupakan faktor penting dan penentu bisnis tersebut bisa berjalan, tidak terkecuali bisnis wifi di tempat terpencil ini. Walaupun modalnya hanya memasang wifi saja, namun itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pengusaha harus memikirkan banyak aspek di dalamnya yang tidak lain juga membutuhkan modal. Untuk itu, hitung modal awal secara rinci sebelum memulainya.

5. Lakukan Promosi

Hal lain yang memiliki faktor yang tidak kalah penting, tentu saja promosi. Untuk jenis usaha satu ini membutuhkan promosi yang cukup berbeda dari biasanya. Jika biasanya harus dilakukan foto produk di share ke sosial media atau offline, maka tidak demikian dengan usaha ini.

Pengusaha bisa melakukan promosi dengan melakukan sambung lidah atau menyampaikan dari mulut ke mulut. Selain itu, pengusaha juga bisa melakukan promosi lewat story atau postingan sosial media. Tanpa harus foto produk, cukup dengan menulis di status, maka promosi sudah bisa dilakukan.

6. Sediakan Makanan dan Minuman Ringan

Umumnya orang yang bermain internet akan merasa lapar dan haus. Untuk itu, pengusaha bisa menyediakan makanan atau minuman ringan bagi pelanggan wifi tersebut. Selain membuat pelanggan betah, pengusaha juga bisa mencari penghasilan lebih dari berjualan makanan dan minuman tersebut.

Tidak perlu mewah asal murah, biasanya pelanggan hanya butuh camilan atau bahkan mie instan untuk menemani waktu internetannya. Menawarkan harga yang receh, pasti bisa menarik perhatian siapapun untuk mampir ke kedai wifi tersebut.

Itulah kelima cara memulai bisnis wifi di daerah terpencil. Selain mudah, tidak dibutuhkan biaya atau modal yang besar untuk mendirikan usaha tersebut. Meskipun demikian, pastikan juga target pasar di daerah tersebut agar usaha wifi bisa tepat sasaran dan selalu ramai pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *