Analisa Keuntungan Bisnis Ikan Asin Beserta Modalnya

Analisa Keuntungan Bisnis Ikan Asin Beserta Modalnya

Seperti yang sudah diketahui bersama, ikan asin masih menjadi salah satu primadona bagi beberapa kalangan. Hal ini dikarenakan ikan asin memiliki kesan yang kuat dan memiliki rasa yang nikmat jika dipadukan dengan berbagai makanan. Hal inilah yang menjadikan bisnis ikan asin menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Jika ingin menjalankan usaha ini, maka harus tahu dulu berapa modal yang diperlukan dan bagaimana analisis keuntungannya. Selain itu, komponen tips-tips dalam menjalankan usahanya juga perlu untuk diperhatikan. Untuk mengetahui semua detail lengkapnya, maka simak penjabaran yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

Analisis Keuntungan Usaha Ikan Asin

Jika dilihat dari konsep usahanya, menjual ikan asin memang terlihat mudah dan sepele. Namun jika dilihat dari beragam kebutuhan dan peralatan, maka ada beberapa komponen mendetail di dalamnya. Untuk menjalankan usaha ini, tentunya diperlukan berbagai alat khusus. Simak detail daftar dan kisaran harganya berikut ini:

  • Alat penjemur ikan asin membutuhkan biaya sekitar 300 ribu rupiah.
  • Mesin pengemas membutuhkan biaya sekitar 350 ribu rupiah.
  • Baskom besar dengan jumlah banyak membutuhkan biaya sekitar 250 ribu rupiah.
  • Pisau membutuhkan biaya sekitar 50 ribu rupiah.
  • Peralatan tambahan lain membutuhkan biaya sekitar 100 ribu rupiah.

Apabila di total, maka semua peralatan yang dibutuhkan tersebut akan menelan biaya sekitar Rp1.050.000. Namun semua komponen biaya tersebut hanya kisaran, jadi bisa saja lebih atau bisa kurang. Hal ini disesuaikan dengan jumlah pembelian, merek barang yang digunakan, dan tempat pembelian peralatan.

Berdasarkan komponen kebutuhan di atas dan berbagai biaya lainnya, maka bisa dihitung kisaran keuntungan. Jika satu kemasan dijual dengan harga Rp4.500, dan selama satu hari bisa mendistribusikan 50 kemasan maka bisa didapat hasil Rp225.000. Lalu jika dihitung selama satu bulan dan dikurangi segala biaya, maka akan didapat laba kotor sekitar 5 juta rupiah.

Tips Menjalankan Usaha Ikan Asin

Selain memahami tentang analisis keuntungannya, perlu juga dipahami tentang tips menjalankannya. Dengan mengetahui berbagai tips yang ada, maka proses menjalankan bisnis ikan asin bisa lebih baik dan terarah. Untuk mengetahui detail tips yang ada, maka simak semua penjabaran yang ada di bawah ini:

1. Pastikan Memakai Bahan Baku yang Segar

Komponen tips yang pertama ini sangat krusial untuk dilakukan. Agar kualitas ikan asin baik, maka penting untuk memilih bahan baku yang segar. Semakin baik bahan baku yang dipakai, maka akan semakin baik pula kualitas ikan asin. Hal ini menjadi komponen terpenting dan mendasar yang wajib untuk diperhatikan.

2. Pakai Metode yang Tepat

Proses pembuatan ikan asin juga penting untuk diperhatikan. Dengan metode yang tepat, maka hasil ikan asin yang didapat juga akan baik. Kualitas ikan asin juga tergantung pada bagaimana proses pengolahannya. Oleh sebab itu, aspek pembuatan ikan asin ini juga harus diperhatikan dengan baik dan menyeluruh.

3. Kemasan yang Dipakai Harus Diperhatikan

Ikan asin masuk dalam golongan makanan yang rentan akan berbagai hal. Maka dari itu, setiap pihak yang menjalankan usaha ini juga harus memperhatikan aspek kemasan dengan baik. Semakin baik kemasan, maka ikan asin yang dijual juga semakin terjaga. Hal ini tentunya bisa dijadikan salah satu bahan pertimbangan yang penting.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai seluk-beluk bisnis ikan asin hingga ke tips menjalankannya. Semua komponen bahasan diatas tentunya sangat penting untuk dipahami bagi yang akan menjalankan usaha ikan asin. Asal semua aspek diperhatikan dengan baik, maka keuntungan yang didapat juga bisa terus bertambah.

Pencarian Popular

https://loganime com/3296/analisa-keuntungan-bisnis-ikan-asin-beserta-modalnya html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *