2 Cara Setting Router Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

2 Cara Setting Router Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Melakukan setting pada router umumnya memerlukan PC atau komputer. Namun, sebenarnya setting router bisa dilakukan dengan mudah cukup menggunakan HP. Ada 2 cara setting router lewat hp yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah setting router menggunakan browser, kemudian yang kedua adalah setting router menggunakan aplikasi TP-Link Tether.

Setting Router WiFi Lewat HP dengan Browser

Untuk cara setting router lewat hp dengan browser ini tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Pada umumnya di HP sudah terinstall aplikasi browser dan bisa langsung digunakan. Hal tersebut tentu sangat memudahkan pengguna karena tidak perlu menginstall aplikasi tambahan sehingga bisa menghemat memori penyimpanan pada HP. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Pahami Cara Settingnya Terlebih Dahulu

Untuk cara pertama ini hanya memerlukan aplikasi browser seperti Chrome dan pastikan router yang ingin di-setting dalam keadaan menyala. Selanjutnya adalah menyambungkan HP ke WiFi yang ingin di-setting. Untuk menemukan WiFi yang ingin diatur silahkan pergi ke pengaturan WiFi pada HP. Jika sudah muncul maka langsung saja hubungkan ke WiFi yang ingin di-setting.

2. Tentukan Nama Jaringan yang Diinginkan

Untuk pengguna HP android silahkan klik menu lanjutan Configure Hotspot yang ada pada pengaturan WiFi, kemudian atur nama jaringan yang diinginkan. Sedangkan untuk pengguna iPhone ada hal lain yang perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk memastikan koneksi Bluetooth dalam keadaan mati. Setelah Bluetooth dipastikan dalam keadaan mati bisa dilakukan pengaturan nama jaringan yang diinginkan.

3. Lakukan Login Melalui Browser

Login bisa dilakukan dengan menggunakan browser apa saja. Silahkan tulis alamat Internet Protocol pada browser dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Setelah itu lakukan login, jika sudah berhasil maka bisa dilakukan setting. Di sini bisa mengganti username dan password. Ada pula setting untuk pembatasan jumlah pengguna WiFi dan masih banyak setting lainnya yang bisa dicoba.

Begini Cara Setting Router dengan Aplikasi di HP

Berbeda dengan cara pertama, di sini perlu menginstall aplikasi karena umumnya aplikasi ini belum ada pada HP. Meskipun memerlukan aplikasi tambahan, tetapi cara setting router lewat hp dengan aplikasi ini akan lebih memudahkan pengguna. Hal tersebut dikarenakan tampilan aplikasi lebih menarik dan mudah dipahami oleh pengguna dibandingkan dengan tampilan Browser. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Instal Aplikasi TP-Link Lebih Dahulu

Untuk cara kedua ini perlu menginstall aplikasi TP-Link Tether yang bisa ditemukan dan di-download di Play Store. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa router yang digunakan adalah router TP-Link, dan pastikan router sudah menyala. Hal ini dikarenakan aplikasi TP-Link Tether memang khusus digunakan untuk mengatur router TP-Link dan mungkin tidak bekerja pada router lain.

2. Hubungkan HP ke WiFi Router TP-Link

Untuk melakukannya bisa pergi ke pengaturan pada HP, lalu pilih WiFi, kemudian cari dan pilih WiFi yang ingin dihubungkan. Jika WiFi yang diinginkan tidak muncul maka tidak perlu khawatir, silahkan melakukan refresh pada pengaturan WiFi tersebut. Jika masih belum muncul juga maka coba cek lagi apakah router sudah menyala atau belum.

3. Buka Aplikasi TP-Link Tether

Pada aplikasi TP-Link Tether klik gambar router pada menu Local Devices. Kemudian atur kata sandi baru yang nantinya akan diperlukan setiap kali hendak melakukan setting pada router. Isi semua bagian yang ada pada Quick Setup. Network Name dan Password bisa diubah, klik Next, dan klik Save. Maka Network Name dan Password akan berubah sesuai setting yang ditetapkan.

Demikianlah 2 cara yang bisa diterapkan. Dengan mengetahui cara setting router lewat hp maka akan mempermudah dalam mengelola router WiFi pribadi. Proses ini tidak memerlukan PC dan membuat proses setting router jadi lebih fleksibel. Ketika akses internet semakin mudah maka kegiatan yang memerlukan koneksi internet juga akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *