5 Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video Tanpa Aplikasi_

5 Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video Tanpa Aplikasi

Inilah cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi apapun. Dalam kehidupan sehari-hari, musik tidak bisa lepas dari kehidupan orang. Selain sebagai hiburan, makna lagu yang dinyanyikan pun juga sebagai pengungkapan hati seseorang. Sayangnya, tak jarang seseorang tidak mengetahui judul lagu yang spontan didengarkan dalam suatu video.

Lagu berfungsi sebagai pelengkap pada video agar penonton merasa nyaman menontonnya dalam kurun waktu yang cukup lama. Baik video pendek pada media sosial atau video dengan durasi yang cukup lama seperti pada YouTube. Adapun cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi apapun dengan langkah mudah adalah sebagai berikut ini:

1. Menggunakan Penelusuran Google

Untuk mengetahui judul lagu pada video bisa menggunakan penelusuran Google. Cukup ketikkan kutipan lirik lagu yang diketahui di Google, maka akan muncul judul lagu tersebut. Cara ini cukup mudah dilakukan karena Google memang sudah populer hampir di setiap lapisan masyarakat.

Bukan hanya menampilkan judul lagu berdasarkan lirik yang diketik. Google juga menampilkan berbagai informasi mengenai lagu tersebut mulai dari artis penyanyi, album, hingga tahun terbit. Sehingga detail lagu pun dapat diketahui hanya dalam satu kali pencarian.

2. Dengan Google Assistant

Jika lagu yang dicari berbahasa Indonesia bisa melalui penelusuran Google seperti yang disebutkan diatas. Namun apabila judul lagu yang dicari berbahasa asing, hal ini cukup sulit. Karena tidak mengetahui lirik yang dinyanyikan. Hanya iramanya saja.

Pencarian judul lagu dapat dilakukan dengan Google Assistant, sehingga tidak perlu mengetik lirik lagu di Google. Cukup membuka Asisten Google kemudian ucapkan ‘Ok Google’. Langkah selanjutnya dekatkan audio video lagu tersebut pada ponsel atau perangkat keras yang sedang membuka jendela Google Assistant. Maka hasil pencarian judul lagu tersebut pun akan muncul.

3. Menggunakan Midomi

Cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi selanjutnya adalah melalui pencarian web browser yaitu Midomi. Namun sayangnya, web browser ini hanya dapat diakses  pada personal computer (PC). Browser inipun terbilang cukup cepat dalam penelusuran judul dan mudah untuk digunakan.

Pengguna hanya perlu mengunjungi situs Midomi kemudian menyalakan tombol perekam suara. Selanjutnya, pengguna harus mendekatkan sumber suara pada PC agar Midomi dapat mengidentifikasi lagu tersebut. Maka akan muncul judul lagu setelah Midomi memprosesnya dalam beberapa saat.

4. Dengan Tunatic

Tunatic merupakan browser pencari judul lagu yang gratis dan hanya dapat diakses melalui PC. Meski demikian, Tunatic pun juga memiliki versi aplikasi bagi pengguna yang ingin menginstalnya di komputer pribadi. Selain untuk mengetahui judul lagu pada video, Tunatic juga dapat mengenali lagu pada radio atau stereo.

Pengguna cukup mendapatkan sumber suara melalui mikrofon dan pengeras suara. Setelah video diputar beberapa saat, maka Tunatic pun akan bekerja dengan mengakses basis data, kemudian memunculkan informasi data lagu. Pengguna pun cukup mengklik ikon kaca pembesar untuk mendapatkan info tersebut.

5. Menggunakan Audiggle

Rekomendasi terakhir cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi adalah dengan mengakses situs Audiggle. Seperti pada Midomi dan Tunatic, Audiggle ini pun juga hanya dapat digunakan melalui PC. Cara kerjanya pun juga tak banyak berubah, yaitu mengakses situs kemudian merekam lagu tersebut.

Fitur yang menarik pada Audiggle adalah pengguna diberi pilihan untuk membaca atau mengunduh lirik dan mengetahui berbagai informasi mengenai lagu tersebut. Audiggle pun hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk menampilkan penelusuran judul lagu pengguna.

Itulah beberapa cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi yang mudah dilakukan. Cukup bermodalkan ponsel atau PC dan koneksi internet, maka informasi judul lagu pun akan muncul. Sangat mudah untuk membantu pengguna dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *