Butuh Modal? Ini Dia Cara Meminjam Uang di Bank

Butuh Modal, Ini Dia Cara Meminjam Uang di Bank (maxmanroe.com)
Butuh Modal, Ini Dia Cara Meminjam Uang di Bank (maxmanroe.com)

Membuka sebuah bisnis atau usaha baik kecil maupun besar perlu membutuhkan modal. Sebenarnya besar kecilnya sebuah modal tergantung pada bisnis yang Anda dijalankan. Bisanya untuk mendapatkan modal orang-orang akan pergi ke Bank untuk melakukan pinjaman. Cara meminjam uang di bank bisa untuk Anda pelajari terlebih dahulu supaya tidak keliru dan pengajuan yang Anda berikan kepada pihak Bank bisa langsung disetujui. Meminjam uang di Bank terlihat lebih efektif saat Anda sedang memerlukan modal yang cukup.

Inilah Cara Meminjam Uang di Bank yang Perlu Anda Tahu

Mencari tambahan modal dengan melalui jalur meminjam uang di Bank adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan oleh orang-orang untuk membangun dan memperluas usahanya. Cara meminjamnya juga sangat mudah untuk Anda lakukan, asalkan bisa memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh pihak Bank. Anda yang ingin meminjam dana tunai terdapat 2 pilihan jenis pinjaman.

Pertama adalah dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang sangat gampang untuk diajukan oleh siapapun dan lumayan sama dengan pinjaman online dari fintech, tetapi bunga yang ada lebih rendah. Jenis pinjaman yang kedua adalah pinjaman beragunan yang pengajuannya memiliki syarat dan harus ada jaminan saat ingin meminjam uang.

Berikut cara meminjam uang di bank, antara lain:

  1. Lengkapi Segala Syarat dan Ketentuan

Saat Anda ingin meminjam uang di Bank lengkapilah terlebih dahulu segala ketentuan dan syarat untuk meminjam yang telah ditentukan oleh pihak bank. Biasanya pihak bank akan melakukan pemeriksaan kelengkapan nasabah terlebih dahulu untuk memastikan tidak syarat yang terlewati. Jika sudah lengkap, maka ada kemungkinan pinjaman yang Anda ajukan akan disetujui.

Syaratnya:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy NPWP
  3. Foto copy buku tabungan
  4. Laporan Keuangan
  5. Kartu Keluarga
  6. Slip Gaji
  7. Dokumen pendukung lain.

Biasanya setelah pihak Bank menyetujui permohonan pinjaman Anda. Setelah itu Anda diminta untuk menyerahkan surat kepemilikan yang Anda miliki sebagai jaminan jika sedang meminjam uang di Bank. Karena barang jaminan tersebut berguna untuk menutupi dana jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Pastikan Bahwa Skor Kredit Anda Baik

Skor kredit merupakan sebuah riwayat dari keseluruhan pinjaman yang telah Anda lakukan dahulu. Maka dari itu, usahakan untuk menjaga skor kredit supaya bisa terus berjalan saat ingin melakukan pinjaman lagi apapun itu jenis pinjamannya. Tetapi jika skor kredit Anda tidak bagus maka dalam cara meminjam uang di Bank tidak akan terindikasi tidak mampu saat membayar. Namun jika skor kredit rendah peluang untuk meminjam di bank akan sangat kecil kemungkinannya.

  1. Ajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Hal terpenting saat Anda akan melakukan pinjaman pada Bank adalah tidak akan diberikan pinjaman apabila Anda tidak sanggup untuk membayar. Dengan demikian bank akan memberikan cicilan kurang dari 30% dalam penghasilan.

  1. Menentukan Tenor Pinjaman

Menentukan tenor pinjaman dilakukan dengan menghitung maksimal uang yang bisa disisipkan dalam setiap bulannya. Maka semakin lama tenor tersebut semakin ringan cicilan perbulan, walaupun bunga yang harus ditanggung lebih besar. Tapi jika Anda mengambil pinjaman uang di bank dalam waktu yang singkat, bunga akan lebih kecil. Tetapi tetap saja tagihan yang akan memberatkan kalau gaji tidak sesuai.

  1. Membuat Rencana Matang

Cara meminjam uang di bank haruslah dengan rencana yang sudah matang terlebih dahulu. Sebagaimana Anda memang perlu dan butuh uang tersebut untuk modal bisnis atau usaha yang jelas. Dengan begitu Anda bisa membayar cicilan secara tepat waktu dan rutin.

Meminjam di bank memang sudah sangat sering dilakukan. Anda perlu untuk melengkapi persyaratan yang ada dan tidak boleh sampai lupa dengan adanya jaminan. Cara meminjam uang di bank sangat mudah untuk Anda lakukan. Uang yang telah dipinjam bisa untuk memulai usaha atau memperluas bisnis yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *