Simak Kelebihan Kekurangan dan Jenis-Jenis Cryptocurrency (pixabay)
Simak Kelebihan Kekurangan dan Jenis-Jenis Cryptocurrency (pixabay)

Simak Kelebihan, Kekurangan dan Jenis-Jenis Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang kehadiranya menyita banyak perhatian dari negara-negara lain termasuk Indonesia. Sebenarnya crypto baru meningkat saat nilai tukar Bitcoin melonjak, biasanya orang yang tarikan mata uang crypto sebagai investasi. Jenis-jenis crypto sendiri ada banyak. Buat Anda yang tertarik berinvestasi crypto ada baiknya cari tahu terlebih dahulu jenisnya.

Di Indonesia, tidak semua mata uang crypto populer. Untuk mata uang yang sangat populer adalah Bitcoin karena nilai tukarnya sangat mahal. Para investor di Indonesia, menjelaskan alasan yang cukup logis tentang pemilihan Bitcoin. Soal kepercayaan untuk produk crypto kondisinya tidak jauh berbeda dengan peringkat atas.

Jenis-Jenis Crypto, Kelebihan dan Kekurangan

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai jaminanya, namun crypto juga bisa untuk investasi. Kriptografi ini tidak bisa dimanipulasi atau dipalsukan.

Bitcoin (BTC)

Kelebihan

Bitcoin bersifat mata uang crypto, dengan Hash Rate (tingkat kompleksitas algoritma kriptografis) kepercayaan publik dan semakin canggih bisa menjamin Bitcoin untuk terhindar dari pemalsuan. Mata uang crypto seperti emas, dapat menekan laju inflasi.

Kekurangan

Bitcoin sifatnya spekulatif, yang menentukan nilai adalah sejumlah unit bisnis yang menerima Bitcoin. Jika yang menggunakan semakin banyak maka nilainya akan meningkat dan sebaliknya. Bitcoin tidak mengenal pembatalan transaksi, sebagaimana mata uang crypto.

Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kelalaian yang membuat kehilangan dalam proses pengiriman karena Bitcoin prosesnya bersifat publik. Dompet hardware jika tidak dirawat dengan baik akan rentan diserang virus.

Ethereum 

Kelebihan

Dengan desain yang khusus untuk menjadi smart contract yang terbuka dan Ethereum sangat mirip seperti bitcoin. Transaksi yang dilakukan bisa mengeksekusi smart contract melewati  banyak cara, contohnya dengan data alamat atau mengirimkan mata uang digital.

BACA JUGA KAWAN »  Daftar Saham Syariah Terbaik, yang Perlu Pemula Kenali

Ethereum, merupakan software yang bisa dipakai pengembangan untuk membuat aplikasi berbasis transaksi crypto. Pengembangan tidak perlu membuat dan mengurus blockchain sendiri karena adanya konsep yang sudah ditawarkan.

Kekurangan

Dalam kemudahan proses pengembangan yang ditawarkan, ada beberapa hal yang menjadi kelemahan. Masalah kecepatan akses, Ethereum menggantungkan pada server yang terdistribusi sehingga tidak bisa diandalkan.

Pengembangan aplikasi platform Ethereum dapat dijalankan dengan menyewa jasa web-hosting, pada saat server down maka sistem yang bekerja tidak dapat berfungsi sama sekali. Hal ruginya pengembangan tidak bisa meningkatkan fungsionalitas blockchain dengan sendirinya.

Ripple

Kelebihan

Proses penukaran mata uangnya sangat mudah. Teknologi Ripple memfasilitasi penukaran XRP dengan macam-macam mata uang yang ada di dunia, bahkan Bitcoin. Hal ini karena Ripple sudah terintegrasi dengan layanan perbankan di dunia. Saat ini Ripple menjadi landasan pengiriman uang antar negara.

Kekurangan

Kekurangan dari Ripple karena adanya keterbukaan jaringan. Node yang menjadi struktur jaringan dimungkinkan menerima serangan yang bisa berdampak pada akses pengguna terhadap pentransferan dana.

Bitcoin Chas

Kelebihan

Bitcoin Chas merupakan versi upgrade dari Bitcoin, dengan memperbaiki beberapa prosedur yang telah ada, salah andalan mampu membuat kenaikan nilainya lebih konsisten. Dalam transaksi juga cepat, Bitcoin Chas ini juga lebih cepat, sehingga menguntungkan pengguna. Tingkat proteksi dan keamanannya juga ditingkatkan, dengan mempertimbangkan dalam segi tampilan dan fitur agar menarik.

Kekurangan

Salah satu tantangannya dalam jenis-jenis crypto ini adalah risiko kerusakan perangkat keras. Kelemahan yang mendasar terjadi karena adopsi yang belum masif, hal ini membuat Bitcoin Cash belum mencapai Critical Mass, masa kritis minimum yang diperlukan agar blok berukuran dari 1 Mb lebih bisa selalu tercipta dengan baik.

BACA JUGA KAWAN »  Mengenal Cara Membaca Candlestick Crypto Untuk Pemula

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.