Saham  

Pengertian Right Issue Dalam Pasar Modal, Lengkap dan Jelas

Pengertian Right Issue Dalam Pasar Modal (investopedia.com)
Pengertian Right Issue Dalam Pasar Modal (investopedia.com)

Sebelum memasuki pengertian right issue, masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan ketika belajar seputar saham. Mulai dari cara menganalisa, memahami kode saham yang ada di pasaran, sampai cara transaksi jual beli saham.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dengan fasilitas internet seperti zaman sekarang ini semakin mudah untuk kamu belajar tentang saham. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap terus berhati-hati karena banyak kejahatan dalam internet.

Dalam pasar saham terdapat banyak istilah-istilah kata yang masih asing di kehidupan kita. Salah satunya adalah Right Issue, karena memang hal ini biasanya hanya banyak diketahui oleh investor yang sudah senior dan berpengalaman. Pernahkah Anda mendengar istilah kata right issue? Di artikel kali ini kita akan membahas seputar right issue secara lengkap.

Pengertian Right Issue yang Harus Anda Ketahui

Right Issue adalah hak untuk pemegang saham memiliki kesempatan membeli saham baru dengan harga dan waktu tertentu. Pemenang saham yang mendapatkan hak untuk membeli saham baru adalah yang memiliki saham perusahaan yang terkait hingga batas akhir cum date.

Akan tetapi jika pemegang saham tidak ingin mengambil hak tersebut, Ia masih punya hak untuk menjualnya ke investor lain. Jadi, di pasar modal tidak hanya ada transaksi jual beli saham akan tetapi jual beli hak juga, yang sering disebut perdagangan right.

Dapat disimpulkan bahwasannya istilah dari right ini adalah sebuah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama, agar lebih dulu mendapat kesempatan untuk membeli saham yang baru dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini juga bertujuan supaya pemegang saham lama memiliki kesempatan untuk mempertahankan persentase sahamnya di dalam perusahaan.

Setelah mengetahui pengertian right issue ternyata right issue dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

Memiliki HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu)

Mereka berhak membeli saham perusahaan karena sudah memiliki hak ini.

Tanpa HMETD

Saham yang ditawarkan kepada beberapa pihak saja.

Dengan adanya right issue ini, pemilik perusahaan akan lebih terbantu dalam meningkatkan jumlah modal untuk memperbanyak jumlah produksi dan tingkat produktivitas perusahaan agar mendapatkan jumlah keuntungan yang lebih lagi.

Tak hanya itu saja, modal ini juga bisa untuk membayar hutang perusahaan agar mengurangi beban hutang yang ada. Maka dari itu, Right issue memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan.

Akan tetapi right issue juga memiliki sisi negatif juga. Banyak investor yang tidak suka dengan program ini, karena memiliki dampak negatif pada kepemilikan saham investor. Semua ini terjadi karena hal ini dapat menyebabkan saham perusahaan mengalami dilusi dan juga membahayakan saham para investor.

Alasan right issue yang dikeluarkan perusahaan ini bertujuan agar bisa menambah modal perusahaan untuk memperbanyak cabang atau menambah mesin produksi. Tidak hanya itu saja, tetapi dana segar yang terkumpul juga akan digunakan untuk keperluan usaha, membayar hutang, atau untuk modal.

Hal tersebut justru menanam keraguan kepada investor. Jika right issue dipergunakan untuk penambahan modal usaha, maka sesuatu ini tidak menjadi masalah bagi para investor. Karena akan berdampak positif bagi investornya.

Right issue ini hampir sama seperti stock split. Perbedaannya right issue ini dapat menambahkan dana melalui investor dan sekaligus bisa menaikkan pendapatan di pasar perusahaan.

Seperti itulah pengertian right issue. Apakah setelah membaca artikel ini Anda menjadi penasaran untuk mempelajari seputar investasi? Agar tidak terlalu beresiko sebaiknya untuk mempelajarinya dengan matang. Mempelajari urutan-urutannya agar Anda dapat berhati-hati dalam mengambil keputusan saat memasuki dunia saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *