6 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp yang Harus Dipraktikkan Pebisnis Pemula

cara jualan online laris di whatsapp

Bagaimana cara jualan online laris di WhatsApp? Tidak jarang bukan, muncul pertanyaan semacam itu? Apalagi saat Bisnis online belakangan memang menjadi tren terlebih setelah hadirnya era pandemi yang tidak berkesudahan ini. Terapkan cara-cara di bawah ini, agar bisnis online berjalan dengan lancar dan pelanggan selalu kembali untuk melakukan repeat order:

1. Gunakan WhatsApp Business

Jualan online laris dapat dimulai dengan cara membuat akun WhatsApp Business. Kenapa? sebab keberadaan WA Business akan memberikan kesan profesional yang akan menarik minat pelanggan. WhatsApp Business hadir dengan berbagai macam fitur yang akan membantu pemilik bisnis dalam mengoptimalkan penjualan.

Segala hal yang berkaitan dengan sortir, tanggapan pesan, dan tawaran pengalaman belanja yang luar biasa dapat dilakukan secara otomatis menggunakan WhatsApp Business. Hal tersebut akan membantu pemilik bisnis dalam hal efisiensi waktu, tenaga/ karyawan, dan juga dapat menekan biaya operasional perusahaan.

2. Gunakan Fitur Chatbot

Chatbot merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh WhatsApp yang berfungsi untuk membantu para pelaku usaha online dalam hal pelayanan pelanggan. Melalui fitur ini, pemilik usaha tidak perlu repot membalas satu persatu pesan yang masuk, pelanggan juga tidak perlu lama menunggu balasan.

Menariknya lagi, pesan yang dikirimkan bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis. Seperti misalnya menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli secara cepat. Bahkan, fitur tersebut bisa digunakan untuk menjelaskan metode pembayaran, wilayah pengiriman, dan juga kebijakan pengembalian barang yang telah dipesan.

3. Promosikan Produk

Selanjutnya cara jualan online laris di WhatsApp adalah dengan melakukan promosi atau memberikan rekomendasi produk kepada pelanggan secara langsung. Pemilik bisnis bisa mengoptimalkan penggunaan status yang disediakan oleh WhatsApp untuk menjual produk-produknya.

Tidak hanya itu, jika menginginkan jualannya laris dibeli pelanggan pemilik bisnis online harus sering-sering membagikan tentang detail dan informasi produk melalui broadcast message. Promosi produk juga dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan fitur katalog yang disediakan oleh WhatsApp Business.

4. Buat Pelanggan Nyaman

Rasa nyaman yang didapat pelanggan ketika berkomunikasi dengan customer service, merupakan salah satu kunci sukses jualan online yang harus diterapkan untuk mencapai target penjualan. Oleh sebab itu, ketika kesempatan itu datang, tumbuhkan kepercayaan calon pembeli melalui komunikasi tulisan yang sesuai dengan brand voice bisnis.

Tanamkan kepercayaan itu melalui kata-kata yang sopan, menarik perhatian, dan terkesan dipersonalisasikan agar calon pembeli merasa dihargai dan kedatangannya selalu dinanti. Jika pembeli sudah merasa nyaman, kemungkinan besar akan terjadi repeat order di kemudian hari.

5. Manfaatkan Iklankan Online

Bisnis online melalui WhatsApp tidak bisa dicari berdasarkan lokasi atau nama brand layaknya pencarian di yang dilakukan menggunakan search engine, maka bisnis harus dipromosikan. Jika bisnis tersebut ada toko fisiknya, cantumkan nomor WhatsApp bisnisnya agar pelanggan dapat menemukan dengan mudah melalui kontak WA yang ada di ponsel pelanggan.

Manfaatkan juga keberadaan berbagai macam media sosial, seperti misalnya Facebook, TikTok, Instagram, dan lainnya untuk mempromosikan bisnis. Buah tautan profil WA bisnis dan bagikan melalui semua media sosial tersebut, calon pelanggan akan terhubung secara otomatis melalui tautan tersebut.

6. Lakukan Manajemen Kontak

Memiliki banyak kontak memang hal yang terkesan menyenangkan untuk seorang pemilik bisnis online, namun ternyata hal tersebut juga beresiko buruk terhadap kinerja ponsel. Gunakan lebih dari satu akun WA bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan, baik dalam hal promosi atau melayani komplain pelanggan.

Demikian cara jualan online laris di WhatsApp yang harus dicoba oleh para pelaku bisnis online untuk menarik minat calon pembeli sampai dengan melakukan closing. Cara tersebut harus dilakukan dengan konsisten dan sabar agar hasil yang didapat sesuai dengan ekspektasi.

Pencarian Popular

cara jualan online laris di whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *