Tata Cara Mandi Junub Wanita Sesuai Sunnah yang Harus Diketahui Setiap Wanita Muslim

Tata Cara Mandi Junub Wanita Sesuai Sunnah yang Harus Diketahui Setiap Wanita Muslim

Mengulas tentang tata cara mandi junub wanita sesuai sunnah, tentunya sebagai seseorang yang menganut ajaran Islam, menjadi suatu keharusan yang sangat ditekankan untuk mengetahui tentang bagaimana cara bersuci yang benar. Terlebih seorang wanita, yang setiap bulannya merasakan haid, hadas besar dan sebab lainnya tentunya mengetahui serangkaian tata cara mandi junub itu penting.

Tata cara mandi junub penting untuk dimengerti lantaran menjadi sebab sah tidaknya mandi junub yang dilakukan. Urutannya pun harus tertib dan tidak ada yang boleh terlewat. Mandi junub sesuai sunnah ini merupakan suatu hal yang penting sebab sebuah ibadah apapun itu harus bersesuaian dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Lalu seperti apa tata cara melakukan mandi junub yang benar berdasarkan sunnah? Penasaran? Simak pembahasan berikut tentang tata cara mandi junub wanita sesuai sunnah:

1. Diawali dengan Membaca Niat

Untuk mengawali serangkaian tata cara mandi junub wanita sesuai sunnah adalah niat. Niat menjadi sebuah kunci utama supaya mandi wajib sah di mata Allah dan menjadi sebuah perbedaan antara mandi junub dengan mandi biasa. Tidak hanya itu, niat juga menjadi syarat sah dan rukun mandi junub. Membaca niat sebelum mandi junub ini dihukumi wajib, dan dapat dilafalkan ataupun cukup dalam hati saja. Saat membaca niat, penting untuk melafalkan niat sesuai dengan penyebab yang mengharuskan mandi junub. Misalnya mandi sebab menstruasi, nifas, atau jima’ maka terdapat sedikit perbedaan.

2. Membasuh Tangan Sampai 3 Kali

Jika sudah berniat, maka langkah berikutnya dari  tata cara mandi junub wanita sesuai sunnah adalah niat yang harus dilakukan yakni membasuh kedua tangan baik kanan maupun kiri secara bergantian memakai air yang mengalir dan dilakukan tiga kali pada masing-masing tangan. Ini merupakan sunnah Rasulullah lantaran mendahulukan sebelah kanan daripada yang kiri dan dilaksanakan sebanyak tiga kali.

3. Membasuh Kemaluan

Tata cara berikutnya yang harus dikerjakan yakni membasuh serta membersihkan kemaluan. Setelah membasuh tangan, urutan berikutnya adalah membasuh dan membersihkan kemaluan dari sebuah kotoran dan najis menggunakan tangan kiri. Caranya dapat menggosok-gosokkan sabun atau batu untuk membersihkannya. Selanjutnya, basuh kembali tangan yang digunakan untuk membasuh.

4. Melakukan Gerakan Wudhu

Hal berikutnya yang harus dijalankan adalah mempraktikkan wudhu. Wudhu yang dilaksanakan sama halnya dengan wudhu pada biasanya saat akan menjalankan salat. Diawali dengan membasuh tangan, muka dan seterusnya hingga membasuh mata kaki.

5. Mandi Seperti Biasanya

Selesai melakukan wudhu, selanjutnya adalah melaksanakan gerakan selayaknya mandi biasa. Hal ini diawali dengan memasukkan tangan ke dalam air, lalu memasukkan sela-sela jari pada sela rambut hingga menyentuh dan air sampai di kulit kepala. Berikutnya, guyurkan air pada  kepala hingga tiga kali. Sesudah itu bilas seluruh tubuh sembari tetap mendahulukan yang kanan daripada yang kiri. Bersihkan setiap lipatan tubuh hingga bersih. Lalu, lakukan mandi seperti mandi biasanya.

Itulah pembahasan tentang tata cara mandi junub wanita sesuai sunnah yang wajib dipahami terlebih  oleh seorang muslimah. Sangat penting untuk memahami bagaimana tata cara mandi junub sesuai sunnah sebab menjadi dasar dari thaharah. Adapun thaharah menjadi bagian diterimanya sebuah ibadah seperti shalat, puasa dan ibadah lainnya. Jangan sampai lantaran tak memahami tata cara bersuci dengan benar membuat amal ibadah hanya sia-sia belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *