cara mengaktifkan fitur cod di shopee

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk Penjual dan Pembeli

Dengan menggunakan Fitur pembayaran COD di shopee, seller akan dapat mengoptimalisasi penjualannya. Pembayaran melalui COD merupakan salah satu trik khusus yang dilakukan seller kepada pembeli. Cara mengaktifkan fitur COD di shopee akan dapat membantu para seller untuk membuat dagangannya cepat laris.

Biasanya banyak pembeli yang belum atau bahkan tidak mempunyai rekening bank, karena itu fitur COD dapat membantu transaksi. Walaupun COD sendiri sudah banyak dilakukan sebelumnya, namun pada nyatanya sistem ini juga masih populer untuk dilakukan. Karena itu, seller Shopee dapat mempertimbangkan untuk memakai fitur ini.

Mengenal Sistem Pembayaran COD di Shopee

Seller yang akan menggunakan sistem COD akan mendapatkan label ‘bayar di tempat’. Arti COD sendiri adalah cash on delivery, yang berarti pembeli dapat membayar pesanan secara tunai kepada penjual. Di Shopee sendiri, COD bisa dilakukan oleh jasa ekspedisi yang mendukung.

Terdapat jumlah minimum belanja yang harus diketahui pembeli saat melakukan COD. Jumlah belanja minimum Rp 30.000 sampai Rp 3.000.000. selain itu ada biaya penanganan yang akan dibebankan kepada pembeli. Pembeli akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2%, sedangkan 8% untuk dropshipper.

Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Bagi Pembeli

Di awal pencarian, pengguna dapat melakukan penyaringan untuk mendapatkan toko yang dapat menggunakan sistem COD. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk pembelian secara COD agar bisa membayar saat barang sampai di rumah:

  • Temukan barang atau produk yang akan dibeli, atau bisa langsung ketik pada kolom pencarian
  • Tekan pilihan COD untuk menyaring produk yang dibeli dengan metode COD
  • Masukkan barang ke keranjang atau langsung selesaikan belanjaan
  • Ada opsi pembayaran, pilih metode COD
  • Selesai, maka pengguna hanya tinggal menunggu belanjaan diproses
BACA JUGA KAWAN »  Pengertian Margin Call Saham, Kelebihan dan Kekurangannya Bagi Pemula

Setelah mengetahui cara-cara di atas, para pembeli di Shopee yang ingin mengaktifkan layanan COD, maka harus memperhatikan beberapa hal penting pula. Adapun diantaranya seperti akan diblokir akun Shopeenya apabil selama 2x paket yang dikirimkan tidak diterima.

Kemudian, pembeli yang menggunakan fitur COD di Shopee juga akan dikenakan biaya penanganan sebesar 2% per per pesanan. Sedangkan untuk yang membeli dengan sistem dropship dikenakan 8%. Serta, masih banyak yang lainnya dan pastikan mengetahuinya dahulu sebelum memutuskan pakai fitur COD.

Ini Cara Mengaktifkan Layanan COD Shopee Untuk Penjual

Seperti yang diketahui, layanan Cash on Delivery di Shopee tidak hanya diperuntukkan untuk pembeli saja. Melainkan, penjual juga bisa mengaktifkan fitur tersebut untuk menaikkan traffic penjualan. Nah, fitur ini bisa diaktifkan dengan aplikasi Shopee baik di HP maupun desktop menggunakan cara berikut:

1. Mengaktifkan sistem pembayaran COD Melalui Aplikasi

Adapun cara mengaktifkan fitur COD Shopee untuk para penjual yang pertama adalah dengan aplikasi yang sudah didownload atau di pasang di PC maupun ponsel. Nah, untuk mulai menyalakan fitur COD melalui aplikasi dapat dilakukan langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee yang sebelumnya sudah didownload
  • Klik ‘tab saya’ lalu klik ‘toko saya’
  • Cari ‘jasa kirim’, lalu klik ekspedisi yang mendukung.
  • Nyalakan COD dengan mengubah bulatan ke hijau, lalu simpan

2. Menyalakan Sistem COD Melalui Seller Center

Menyalakan fitur COD melalui seller, juga dapat dilakukan dengan masuk ke website resmi Shopee. Websitenya pun sangat mudah ditemukan. Nah, kemudian lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan sistem COD melalui seller center:

  • Cari pengaturan toko, lalu klik ‘jasa kirim saya’
  • Aktifkan jasa ekspedisi yang mendukung untuk dilakukan COD dengan klik ‘aktifkan COD’
  • Setelah selesai, lalu simpan
BACA JUGA KAWAN »  Tahapan Cara Broadcast di Whatsapp Tanpa Save Nomor Melalui Qontak.Com

Cara mengaktifkan fitur COD di Shopee ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan lewat aplikasi dan website. Bila tidak menemukan fitur yang dimaksud, pengguna dapat menelepon CS dari Shopee untuk meminta bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.