kelebihan dan kekurangan deposito

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Deposito Ini, Jangan Salah Langkah!

Langkah investasi ada beragam jenisnya. Mulai dari investasi dalam bentuk emas, saham, dan salah satunya adalah deposito. Setiap jenis bentuk investasi selalu ada poin plus dan minus masing-masing. Kali ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan deposito yang perlu dipahami sebelum memilih aset investasi yang satu ini.

Kelebihan Deposito

Deposito hingga saat ini masih menjadi pilihan investasi bagi banyak orang. Tentu bukan tanpa alasan, namun karena memang deposito memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah kelebihan dari deposito:

1. Mendatangkan Keuntungan

Tentu saja semua orang ingin memilih langkah investasi yang bisa mendatangkan keuntungan. Deposito ini bisa memberi keuntungan di masa depan. Salah satunya, nilai modal yang dimiliki akan terjaga dengan baik dalam bentuk deposito. Menariknya lagi, pihak bank akan menambahkan bunga sehingga saat waktunya deposito bisa diambil nasabah sudah bisa mendapatkan keuntungan.

2. Punya Nilai Bunga yang Tinggi

Deposito bisa menawarkan nilai bunga yang tinggi. Hal ini jika dibandingkan dengan tabungan biasa di bank. Pihak bank biasanya akan menawarkan nilai bunga tinggi bagi nasabah yang akan menyimpan uangnya dalam bentuk deposito. Tentu besarnya bunga bisa disesuaikan dengan jangka waktu deposito.

3. Kesempatan Akses Bunga

Uang yang disimpan dalam bentuk deposito memang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Namun, beberapa bank menawarkan kepada nasabah untuk mengakses bunga yang didapatkan dari deposito tersebut. Bunga yang diterima bisa ditransfer langsung ke rekening bank untuk digunakan.

4. Risiko Kerugian Minimal

Deposito merupakan pilihan investasi yang tergolong aman. Risiko kerugian dari jenis investasi ini tergolong kecil sehingga bisa dijadikan pilihan tepat bagi para pemula. Apalagi jika layanan bank yang digunakan sudah kredibel.

BACA JUGA KAWAN »  Pilihan Cara Menabung Emas di Antam, Baik Online atau Offline

Kekurangan Deposito

Penting sekali untuk memahami setiap kelebihan dan kekurangan deposito sebelum memilih berinvestasi. Ada banyak kelebihan, namun ada juga kekurangan yang harus siap untuk diterima oleh para nasabah. Berikut adalah beberapa kekurangan dari deposito:

1. Nilai Imbal Rendah

Salah satu kekurangan dari deposito adalah nilai imbalan tergolong rendah. Sesuai dengan prinsip investasi, jika investasi tersebut memiliki risiko yang rendah maka nilai imbalnya juga akan setara. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham atau obligasi, investasi dalam bentuk deposito tergolong memiliki nilai imbal yang paling rendah.

2. Lemah terhadap Inflasi

Penting sekali untuk mempertimbangkan kemungkinan inflasi saat akan memilih berinvestasi. Deposito ternyata merupakan jenis investasi yang sangat lemah terhadap kondisi inflasi. Pada saat terjadi inflasi yang sangat tinggi maka nilai bunga yang tinggi dari deposito juga tidak akan terasa ada artinya. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan kembali atau dilengkapi dengan pilihan investasi yang lain.

3. Tergolong Investasi yang Lambat

Menyimpan uang di bank dalam bentuk deposito memang pilihan yang aman dan akan memberi keuntungan. Namun perlu diketahui bahwa jenis investasi ini tergolong memiliki perkembangan yang lambat. Nasabah juga tidak bisa melakukan apapun untuk mengelola uang agar bisa berkembang jumlahnya. Uang hanya akan didiamkan di bank dan mendapat tambahan nilai bunga sesuai ketentuan.

4. Tak Bisa Diambil Sewaktu-waktu

Deposito hanya bisa diambil apabila sudah mencapai tenggat waktu yang ditentukan. Jika belum jatuh tempo maka uang tidak akan bisa ditarik dan digunakan. Oleh karena itu pertimbangkan kembali pilihan deposito dan tenggat waktu yang dibutuhkan. Nasabah mungkin harus menanggung kerugian jika ingin mengambil deposito sebelum jatuh tempo.

BACA JUGA KAWAN »  Produk Manulife Saham Andalan dengan Investasi Reksadana

Itulah kelebihan dan kekurangan deposito yang perlu dipahami terlebih dahulu. Jika memang ingin berinvestasi dalam bentuk deposito, pelajari terlebih dahulu dan pertimbangkan baik-baik. Pilih juga jenis investasi lain jika memungkinkan agar bisa saling melengkapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.