cara mengaktifkan cod di tokopedia

3 Cara Mengaktifkan COD di Tokopedia dengan Mudah dan Cepat

Tokopedia merupakan salah satu layanan jual beli online yang menghadirkan banyak kemudian bagi penggunanya. Beberapa diantaranya seperti banyaknya promo, gratis ongkir hingga layanan COD yang memudahkan pembeli tidak perlu transfer sebelum barang datang. Nah, untuk menggunakannya pengguna harus tahu cara mengaktifkan COD di Tokopedia lebih dahulu.

Fitur COD atau Cash On Delivery sendiri adalah proses pembayaran secara tunai saat barang diterima, pembeli bisa langsung membayar tagihan nya kepada kurir. Untuk saat ini fitur COD hanya tersedia di beberapa daerah atau kota yang masuk ke dalam wilayah yang dijangkau oleh Tokopedia. Asyiknya, bagi seller fitur ini tidak dikenakan biaya tambahan layanan. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur COD di Tokopedia:

1. Login ke Menu Tokopedia Seller

Sebagai langkah awal mengaktifkan COD di Tokopedia, seller harus login terlebih dahulu ke menu Tokopedia Seller. Menu ini bisa diakses setelah seller berhasil membuat akun untuk membuka toko. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke akun Tokopedia Seller.
  • Login menu Tokopedia Seller, dengan cara masukkan Email atau nomor handphone yang sudah terdaftar.
  • Meminta kode verifikasi, Tokopedia akan mengirimkan kode verifikasi.
  • Masukkan PIN sebagai verifikasi dua langkah untuk login ke akun seller.
  • Klik persetujuan

2. Masuk ke Menu Pengaturan Toko

Setelah berhasil login ke akun Tokopedia Seller, cara mengaktifkan COD di Tokopedia bisa dilanjutkan masuk ke menu pengaturan yang ada di menu utama akun yang sudah dibuat tadi. Berikut langkah-langkah mengaktifkan COD di Tokopedia selanjutnya:

  • Di menu utama, klik menu “pengaturan”.
  • Klik menu “pengaturan toko”, pada menu ini akan tampil beberapa fitur pengaturan. seperti informasi toko, etalase, lokasi, catatan, pengiriman, produk unggulan, template ,layanan, dan power merchant.
  • Pilih salah satu layanan dalam fitur tersebut untuk menuju proses selanjutnya.
BACA JUGA KAWAN »  Mudah, Ini Petunjuk Cara Bayar Wifi Indihome Lewat M-Banking BCA

3. Masuk ke Menu Layanan

Pada menu utama pengaturan toko, seller bisa lihat beberapa menu di bagian atas layar. Di sana ada pilihan menu layanan yang di dalamnya ada pilihan tukar tambah dan bayar di tempat. Pada masing-masing pilihan terdapat keterangan yang bisa dibaca terlebih dahulu oleh seller. Berikut langkah akhir untuk mengaktifkan fitur COD di Tokopedia :

  • Klik menu layanan.
  • Pilih menu bayar di tempat.
  • Baca keterangan detail layanan dan syarat ketentuan layanan yang ada di samping menu layanan bayar di tempat.
  • Klik kotak kecil di bagian bawah keterangan.
  • Pilih tanda centang.
  • Aktifkan layanan, fitur COD akan otomatis aktif dan langsung bisa digunakan.
  • Langsung masuk ke menu pengiriman untuk mengetahui ekspedisi mana saja yang mendukung fitur COD. Untuk saat ini baru ada dua ekspedisi yang mendukung fitur ini yaitu SiCepat dan AnterAja.

Sebagai informasi tambahan barang yang dikirim dengan sistem COD ini sudah dilindungi oleh asuransi. Nanti nya jika ada barang yang hilang seller bisa klaim asuransinya pada pusat resolusi. Selain itu ada juga fasilitas retur barang dengan syarat dan ketentuan produk yang akan di retur belum di buka oleh pembeli.

Nah, nantinya produk yang akan di retur akan dikembalikan kepada seller dalam waktu 7 hari. Ongkos kirim produk atau barang yang di retur nantinya akan ditanggung oleh Tokopedia. Dengan mengaktifkan fitur COD ini diharapkan akan membantu seller menaikkan penjualannya. Selamat mencoba, diharapkan cara mengaktifkan COD di Tokopedia ini membantu para penjual di dalamnya.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.