Cara Membuat Game Android Dengan Coding Bagi Pemula

Cara Membuat Game Android Dengan Coding Bagi Pemula

Bagi seorang gamer, memainkan sebuah permainan tentu akan menimbulkan kesenangan dan sebagai bentuk rehat dari aktivitas yang padat. Lalu bagaimana jika tidak hanya sekadar ingin memainkannya saja? Ulasan singkat mengenai cara membuat game android dengan coding di bawah ini mungkin bisa membantu:

1. Melakukan Riset dan Konseptualisasi Game

Langkah awal yang perlu dilakukan oleh orang yang ingin membuat sebuah aplikasi adalah melakukan penelitian dan mengonsep permainan yang akan diciptakan. Riset ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana potensi diri dan keterampilan yang dimiliki. Ide game juga harus ditentukan, meliputi genre, keunggulan, hingga efek suara dan musik.

Saat melakukan penelitian, perlu menentukan tipe game yang akan dibuat sesuai kemampuan diri. Selain itu juga harus menentukan seperti apakah aplikasi tersebut dan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan nanti. Jangan sampai membuat sebuah permainan tanpa menguasainya terlebih dahulu.

2. Membuat Dokumen Desain

Setelah melakukan riset dan sudah mengonsep game, maka langkah selanjutnya adalah membuat dokumen desainnya. Berkas ini berisi garis besar dari permainan yang akan diciptakan dan dibuat secara singkat. Melalui inilah, dapat diketahui bagaimana aplikasi yang diinginkan.

Saat membuatnya pun harus memperhatikan keterampilan yang dimiliki, menentukan bahasa yang digunakan, fitur-fitur yang ditawarkan, dan apakah nantinya fitur tersebut mengalami update. Semua harus jelas di sini.

3. Menentukan Software dan Tools

Cara membuat game android dengan coding selanjutnya yaitu menentukan software dan peralatan yang diperlukan untuk membuat aplikasi. Setiap permainan tentunya memerlukan software yang berbeda, tergantung bagaimana konsep yang dibuat.

Ada kalanya beberapa aplikasi tidak memerlukan software yang spesifik, berbeda dengan game yang didesain secara 3D. Jadi harus ditentukan dengan benar, jangan sampai salah memilih tools yang akan digunakan.

BACA JUGA KAWAN »  6 Game Perang Offline Android yang Seru dan Menyenangkan

4. Memulai Pemrograman

Tahap inilah yang paling penting. Sebab di sinilah proses coding dilakukan. Saat menuliskan kode-kode pun harus memperhatikan syntax atau aturan bahasa pemrograman agar perangkat mobile dapat melakukan apa yang diinginkan. Karena ada banyak bahasa pemrograman dengan perbedaan masing-masing.

Beberapa macam bahasa pemrograman diantaranya adalah Java, JavaScript, C, PHP (Hypertext Pre-Processor), Visual Basic, Phyton, C++ dan masih banyak lainnya. Namun di sini akan dibahas mengenai Java yang cocok bagi semua platform dan paling populer untuk digunakan membuat game. Penggunaannya pun lebih mudah dan efisien.

Untuk membuat game Java di Android yang diperlukan adalah aplikasi AIDE. Syarat utamanya tentu harus mengetahui bahasa coding Java dan bagaimana saja aturannya. Setelah meng-install AIDE, langsung buka saja dan menuju ke menu more dan cari game development. Klik fitur tersebut.

Langkah selanjutnya adalah geser layar ke arah kanan atau menuju ke tab code lalu pilih new mobile game. Isilah nama permainan sesuai yang akan dibuat. Setelahnya akan dibawa ke menu editor. Melalui menu inilah proses coding dilakukan. Tahap terakhir jika sudah selesai memasukkan kode yaitu tinggal meng-instal game tersebut.

5. Test Software dan Fixing Bug

Selesai mengerjakan semua tahap di atas, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan test aplikasi game yang diciptakan. Jika terdapat bug atau error, segera lakukan fixing (perbaikan). Terkadang proses ini perlu dilakukan berkali-kali sampai software benar-benar bisa dijalankan dengan nyaman.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat game android dengan coding yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Semua perlu dilakukan dengan kesabaran agar tercipta aplikasi yang menarik dan bisa dimainkan oleh banyak orang.

BACA JUGA KAWAN »  Mainkan Sekarang 5 Game Ikan Penghasil Uang Terpopuler

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.