Keuntungan Obligasi yang Layak Anda Pertimbangkan (lifepal.co.id)
Keuntungan Obligasi yang Layak Anda Pertimbangkan (lifepal.co.id)

Keuntungan Obligasi yang Layak Anda Pertimbangkan

Keuntungan obligasi yang akan Anda dapatkan layak dipertimbangkan. Saat ini ada beberapa produk investasi yang cukup menguntungkan. Tidak hanya emas, properti, serta saham. Ketiga instrumen investasi tersebut memang populer di masyarakat. Namun, investasi obligasi juga termasuk produk investasi lainnya yang tidak kalah menjanjikan.

Popularitas investasi obligasi memang belum seperti halnya investasi konvensional. Namun hal tersebut akan segera berubah seiring dari pemerintah mensosialisasikan produk tersebut. Obligasi saat ini sebagai pilihan investasi yang terbilang menjanjikan. Bahkan terdapat sejumlah produk obligasi untuk menjadi pilihan investasi masyarakat.

Inilah Beberapa Keuntungan Obligasi

Memilih investasi obligasi memang saat ini dapat dikatakan menjanjikan. Hal itu karena Anda akan memperoleh keuntungan yang layak dipertimbangkan. Untuk itu ketahui beberapa keuntungan dari investasi tersebut berikut ini.

Pendapatan Berkala

Melakukan investasi satu ini termasuk cara terbaik untuk memperoleh keuntungan. Saat ini ada dua cara untuk memperoleh keuntungan tersebut, melalui kupon serta capital gain. Setiap nasabah akan memperoleh keuntungannya secara berkala. Apabila dalam bentuk kupon dengan jumlah nominal sesuai dengan ketentuan yang telah menjadi kesepakatan awalnya.

Kupon obligasi terdapat suku bunga yang sebenarnya lebih tinggi dibandingkan deposito. Nilai kupon pada pasar obligasi tersebut besarnya sekitar 6% sampai 12%. Pada kupon obligasi juga memiliki tingkat profitabilitas.

Bahkan dapat dijadikan sebagai pendapatan tetap atau passive income. Pendapatannya dalam bentuk cash flow dari kupon obligasi tersebut. Nantinya memperoleh kupon atau bunga secara berkala.

Baik diperoleh setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali. Kupon tersebut terbagi menjadi dua jenisnya, kupon fixed (tetap) dan kupon floating (mengambang/tidak tetap). Tidak hanya melalui kupon, investor juga akan memperoleh keuntungan obligasi lainnya.

BACA JUGA KAWAN »  Prospek Saham Batu Bara dan Daftar Perusahaan Emiten di BEI

Hal itu dari selisih harga beli dan harga jual atau menyebutnya dengan capital gain. Jumlah capital gain ini tergantung dari kemampuan investor untuk mengetahui peluang pasarnya.

Liquid Asset

Investasi obligasi dapat menyimpan dana yang lebih mudah dan fleksibel. Pastinya yang dapat Anda cairkan kapan saja waktunya. Apabila Anda sewaktu-waktu memerlukan tambahan dana segar.

Maka Anda akan lebih mudah memperoleh dana kembali. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan. Apabila investor hanya akan menikmati manfaat tersebut apabila melakukan investasi obligasi di pasar sekunder.

Untuk dapat melakukan investasi, sebaiknya memilih investasi obligasi di pasar primer dan pasar sekunder. Pada pasar primer investor hanya akan melakukan pembelian tertentu. Pada saat initial public offering (IPO) dengan nilainya yang telah ditentukan.

Untuk menjualnya Anda perlu menunggu masa jatuh tempo obligasi tersebut. Sehingga investasi pasar sekunder tentunya cocok untuk pilihan investasi jangka menengah dan jangka panjang.

Terjamin

Salah satu kekhawatiran saat seseorang memulai menjalankan investasi. Mengenai uang yang akan diinvestasikan tersebut sebenarnya aman atau tidak. Nantinya akan kembali atau akan menghilang begitu saja.

Kekhawatiran ini tentunya tidak akan terjadi apabila memilih investasi obligasi pemerintah. Keuntungan obligasi ini dengan adanya jaminan pengembalian uang investor dalam undang-Undang. Sehingga investor tidak perlu berpikir kemungkinan akan rugi.

Dapat Dijadikan Sebagai Jaminan atau Agunan

Ternyata investasi obligasi saat ini dapat digunakan sebagai agunan. Hal itu untuk memperoleh pinjaman ke bank. Tidak hanya itu, meskipun investasi saham dan obligasi termasuk hal yang berbeda. Namun hal ini juga dapat dijadikan jaminan saat membeli saham ke bursa efek.

Kini Anda dapat mengetahui beberapa keuntungan obligasi. Memilih investasi obligasi memang saat ini dapat dikatakan menjanjikan. Bahkan Anda dapat menyimpan dana yang lebih mudah dan fleksibel.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Investasi Emas di Pegadaian Secara Mudah Untuk Pemula

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *