Saham  

Tertarik Investasi Obligasi? Begini Cara Membeli Obligasi

Tertarik Investasi Obligasi Begini Cara Membeli Obligasi

Salah satu kegiatan investasi yang menguntungkan adalah obligasi. Anda ingin tahu cara membeli obligasi? Apa Anda berniat investasi di obligasi? Obligasi tidak jauh berbeda dari investasi saham. Artikel kali ini akan membahas tentang obligasi.

Simak Cara Membeli Obligasi

Obligasi merupakan suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan, salah satu pernyataan utang  melalui surat yang diterbitkan oleh perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Obligasi sering disebut sebagai surat utang atau pengakuan utang.

Agar tujuan investasi memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan rencana, Anda harus melakukan tahapan yang harus dilalui. Tahapnya bisa disimak dalam tulisan ini.

Membuka Rekening

Memilih perusahaan sangat penting untuk melakukan investasi, pilihlah perusahaan dengan pengalaman tim yang solid dan fee yang kompetitif. Anda akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan dan perdagangan obligasi setiap saat jika membuka rekening.

Pahami Produk Obligasi

Investor sangat dianjurkan untuk mempelajari informasi  yang dibutuhkan mengenai obligasi. Mempelajari obligasi bisa dilakukan secara mandiri, melalui internet, dimana Anda membuka rekening atau bertanya kepada bagian riset  perusahaan sekuritas.

Melakukan Analisis

Cara membeli obligasi yang sangat penting untuk Anda ketahui salah satunya. Melakukan analisis agar keputusan yang akan diambil sesuai dengan apa yang diinginkan, yakni kestabilan pendapatan. Aspek yang dibutuhkan seperti kupon, peringkat, nilai penerbitan dan jangka waktu. Profil penerbit juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Membeli Amanat Beli

Jika Anda sudah mengetahui jenis obligasi yang ingin dibeli. Tahapan selanjutnya adalah memberi amanat pembelian kepada tander yang telah kita pilih. Pihak tander akan membeli obligasi yang diinginkan.

Siapkan dana

Membeli obligasi membutuhkan dana yang banyak. Membeli satu obligasi biasanya bernilai Rp. 1 Miliar, sehingga sulit untuk investor individu untuk membeli obligasi. Namun, ada juga yang menawarkan dengan harga yang lebih murah, senilai Rp. 50 juta atau Rp. 100 juta. Setelah melakukan amanat pembelian, ada baiknya dana sudah dialokasikan.

Penyelesaian Pembayaran Obligasi

Anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening perusahaan sekuritas tersebut. Proses settlement atas transaksi akan segera dilakukan saat Anda sudah melakukan pembayaran.

Keuntungan Obligasi

Memberikan pendapatan tetap (fixed income) berupa sebuah kupon. Pemegang obligasi akan mendapatkan bunga secara setiap hari selama melakukan obligasi. Bunga yang ditawarkan lebih tinggi daripada bunga deposito atau SBI.

Pemegang obligasi bisa memperjualbelikan obligasi yang sudah dibeli. Maka dari itu jika anda menjual dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga beli, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Risiko Obligasi

Risiko Likuiditas

Risiko ini merupakan risiko pada suatu perusahaan yang sudah tidak mampu memenuhi kewajiban keuangan dalam jangka waktu pendek, karena tidak bisa merubah aset menjadi uang.

Risiko Maturitas

Risiko maturitas akan bertambah besar jika jatuh temponya semakin lama dan akan bertambah besar tingkat ketidakpastiannya. Karena itu, investor yang sudah lama dan paham akan meminta premium maturitas dengan jatuh temponya masih lama.

Risiko Default

Risiko ini hanya ada terdapat pada obligasi korporasi, karena obligasi ini tidak dijamin oleh pemerintah.Bagi Anda yang akan membeli obligasi ini wajib mengetahui bahwa investasi yang dibeli tidak bisa kembali jika belum jatuh tempo, dan korporasi itu akan bangkrut. Jika korporasi bangkrut obligasi dan bunganya menjadi gagal dibayar.

Jenis Obligasi

Sebelumnya Anda sudah mengetahui cara membeli obligasi, tapi Anda harus mengetahui jenis obligasi apa yang ingin dibeli. Berikut ini jenis-jenis obligasi.

Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi merupakan obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan, maka surat utang yang dikeluarkan oleh individu atau perusahaan milik negara atau swasta.

Obligasi Pemerintah

Sesuai dengan namanya, obligasi ini merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Obligasi Daerah

Obligasi daerah adalah obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, maka surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah pula.

Semoga informasi tentang  cara membeli obligasi ini bisa membantu Anda menjawab pertanyaan yang ada pada benak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *