Dapat Keuntungan Besar, Inilah Cara Kerja Bursa Saham (PIXABAY)
Dapat Keuntungan Besar, Inilah Cara Kerja Bursa Saham (PIXABAY)

Dapat Keuntungan Besar, Inilah Cara Kerja Bandar Saham

Cara kerja bandar saham akan sering kita jumpai saat berinvestasi saham. Bandar saham kerap kali disebut sebagai market maker yang bertugas untuk memanipulasi harga saham.

Nah, apa itu yang dimaksud dengan bandar saham? Bandar saham merupakan perkumpulan pelaku di pasar yang bisa memainkan serta mengecoh dan manipulasi harga saham. Bandar saham adalah yang mengatur jalannya roda dalam bursa walaupun tidak sepenuhnya. Bandar saham juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang berencana untuk menggerakkan harga saham dengan uang milik mereka sendiri.

Yuk, Kita Simak Bersama-sama Cara Kerja Bandar Saham

Sebenarnya bandar saham dilarang masuk dan berkembang dalam kegiatan ilegal. Namun kita masih sering dan tidak kesulitan dalam menemukan bandar saham yang bergulat dalam investasi. Cara kerja bandar saham antara lain:

1. Fase Akumulasi

Fase akumulasi cenderung pada memanfaatkan untuk melakukan kegiatan jual beli. Fase ini biasa ditemui pada saham yang diinginkan masih rendah harga.

2. Fase Partisipasi

Cara kerja bandar saham yang satu ini dimana nantinya harga saham naik karena terus terakumulasi. Pada fase ini para investor akan bermunculan karena akan terus melakukan penjualan saham dalam jumlah yang besar. Investor juga akan mengambil keuntungan dari penjualan saham.

3. Fase Distribusi

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para bandar. Mengapa demikian? Karena harga pada saat itu sangat tinggi dan mereka menggunakan kesempatan untuk menjual seluruh saham yang dimiliki di perusahaan.

Saat banyak saham terjual, maka harga saham turun. Pada saat itu bandar memperoleh keuntungan yang besar. Sebaliknya, investor ritel yang sudah membeli saham dengan harga tinggi akan terjebak.

Syarat Menjadi Bandar Saham

Tidak sembarang orang bisa menjadi bandar saham, karena pekerjaan ini memerlukan akal yang licik dalam mengolah harga saham.

BACA JUGA KAWAN »  Haka Saham Merupakan Strategi yang Bisa Memberi Anda Keuntungan

Dua Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menjadi Bandar Saham

1. Dana yang Besar

Menjadi bandar saham memerlukan dana yang besar guna membentuk persepsi suatu saham yang akan berpotensi pada masa depan.

2. Tidak Semua Saham Bisa Dimainkan

Semua jenis saham tidak akan bisa dipegang oleh bandar yang sekaya apapun, maka tidak semua saham bisa dimanipulasi oleh bandar. Bandar saham akan dipantau oleh Otoritas Bursa Efek yang akan mengingatkan saat saham yang terdeteksi memiliki gerak kurang wajar.

Cara Menghadapi Bandar Saham

Aktivitas dan kegiatan bandar sulit untuk terdeteksi. Bandar miliki trik dan cara tersendiri yang telah dirancang dan digunakan saat melakukan kegiatan untuk mengecoh para investor ritel.

Beberapa Tips Supaya Investor Tidak Terjebak Dalam Kegiatan Bandar

    • Pilih saham dengan fundamental baik
    • Perhatikan posisi bid dan offer
    • Perhatikan posisi order book
    • Lakukan transaksi dengan volume secukupnya
    • Perhatikan broker yang melakukan transaksi

Saham yang kapitalisasinya kecil akan diincar oleh bandar, walaupun yang jelas dan pasti menjadi sasaran utamanya adalah kapitalisme besar. Strategi atau cara kerja bandar saham yang digunakan juga tidak main-main. Bandar akan menggunakan cara memainkan harga saham yang cenderung halus. Selama kita tidak merespon saham, maka investasi akan tetap aman.

Pentingnya Bandar Saham

Sebenarnya keberadaan bandar saham itu perlu karena bisa membantu dalam menaikkan volume transaksi sebuah saham. Pasar akan semakin cair hingga nilai transaksinya tidak terbatas.

Cara kerja bandar saham memang kurang benar karena mereka memainkan dan memanipulasi saham. Sehingga aktivitas yang bandar lakukan sekarang banyak ditiru karena memperoleh keuntungan yang besar dan para inventor terjebak. Kita sebaiknya bijak dalam mengelola saham agar tetap aman.

BACA JUGA KAWAN »  Saham Murah Fundamental Bagus yang Jelas Menguntungkan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *