Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Di Android Tanpa Aplikasi

Menonton film adalah hal yang cukup nikmat dilakukan saat waktu luang. Ditambah lagi,  menonton film bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan hp. Namun, terkadang bahasa pada film kerap menjadi halangan karena percakapannya yang sulit dimengerti. Hal itu bisa diatasi dengan mempelajari cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi.

Hal ini tentunya sangat menjengkelkan. Pasalnya, apa yang dikatakan pada film tersebut sulit dimengerti. Sehingga film tidak dapat dinikmati dengan maksimal. Padahal, memasukkan subtitle pada film sebenarnya bukan hal yang sulit. Berikut ini adalah cara memasukkan subtitle pada film di android tanpa aplikasi:

1. Siapkan Film Yang Ingin Ditonton

Sebelum menggabungkan subtitle pada film, pastikan terlebih dahulu kalau filmnya sudah ada pada memori hp. Untuk mendapatkan filmnya  bisa diunduh di internet atau bisa minta pada teman. Usahakan film yang akan dipasang subtitle adalah film yang cukup terkenal karena akan mudah didapat subtitlenya.

Ada baiknya jika film yang akan ditonton untuk ditaruh di dalam 1 folder. Hal ini bertujuan agar tidak kebingungan dalam mencari letak filmnya saat ingin menggabungkan subtitle.

2. Unduh Subtitle Film Di Internet

Cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi yang kedua adalah dengan mengunduh subtitle film di internet. Banyak situs yang menyediakan subtitle film yang bertebaran di internet. Namun, situs yang paling sering digunakan adalah subscene.

Cara mengunduh subtitle film di subscene pun juga sangat mudah. Yaitu hanya dengan masuk ke dalam situsnya dan mencari nama film yang ingin ditonton. Setelah itu, akan ada pilihan bahasa subtitle dan pilih yang Bahasa Indonesia. Jika sudah, maka tekan tombol download dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

3. Pastikan Subtitle Dalam Format Srt

Srt atau Subrip subtitle merupakan suatu program yang dimiliki windows dengan lisensi gratis untuk menggabungkan subtitle beserta waktunya pada video. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa subtitle film memiliki format srt.

Namun, format subtitle tersebut tetap bisa diubah dengan mudah jika subtitle bukan dalam format srt. Caranya, hanya perlu membuka situs subtitletools lalu  unggah file subtitle tadi. Setelah itu, pilih format srt dan ketuk tombol convert. Lalu unduh file srt hasil convert tadi.

4. Gabungkan Subtitle Pada Film

Setelah memastikan subtitle yang diunduh memiliki format srt, sekarang subtitle tinggal digabungkan pada film. Sebelum menggabungkannya, tempatkan dulu subtitle film tadi pada 1 folder yang sama dengan film yang ingin ditonton.

Ubahlah nama file film dan subtitle agar sama tanpa harus mengubah formatnya. Hal ini bertujuan agar subtitle bisa terdeteksi oleh film. Misalnya, jika film yang ingin ditonton adalah Spiderman, maka ubahlah menjadi Spiderman.Mp4 (untuk film) dan Spiderman.srt (untuk subtitle).

5. Cek Kembali Subtitle Pada Film

Setelah melakukan langkah sebelumnya, biasanya subtitle sudah akan terpasang secara otomatis pada film. Namun, terkadang subtitle tersebut tidak terdeteksi oleh film. Selain itu, bisa saja subtitle yang diunduh ternyata kurang tepat timingnya sehingga akan merusak subtitle.

Untuk mengatasinya, bisa dicari lagi file subtitle yang lain lalu mengunduhnya kembali. Subtitle yang tidak terbaca ini biasanya disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengecek dulu apakah subtitle nya sudah terpasang atau belum.

Demikianlah pembahasan seputar cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi. Sebenarnya, menggabungkan subtitle pada film bukanlah hal yang sulit. Namun, terkadang memang ada kendala saat melakukannya. Oleh karena itu film dan subtitle yang diunduh harus di cek terlebih dahulu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *