√ Cara Mengubah Smartphone Android Menjadi Remote Universal

Bagaimama cara mengubah smartphone android menjadi remote universal untuk TV, AC, DVD, dan proyektor?

Menggunakan remote dari smartphone android dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga, baik itu untuk TV, AC, DVD, ataupun projector sangat mungkin dilakukan pada zaman yang semakin canggih ini.

Bahkan beberapa vendor menyediakan aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk membuat smartphone android menjadi remote, sehingga akan sangat memudahkan saat remote tiba-tiba hilang, rusak dan kehabisan baterai.

Bagi kamu yang ingin menjadikan semartphone sebagai alternatif pada saat remote bermasalah, berikut ini cara mengubah smartphone android menjadi remote universal dengan menggunakan aplikasi dari Play Store dan aplikasi bawaan.

Catatan: Sebelum membaca tutorial tentang cara mengubah smartphone android menjadi remote universal di bawah ini, sebaiknya pastikan telebih duhulu smartphone android yang kamu gunakan dilengkapi infra merah. Apabila smartphone yang digunakan tidak mempunyai infrared, kamu bisa menggunkan ekternal IR Remote Universal yang tersedia dipasaran.

Cara Mengubah Smartphone Menjadi Remote Universal

Cara Mengubah Smartphone Menjadi Remote Universal

Cara Mengubah Smartphone Menjadi Remote Dengan Aplikasi Zaza Remote

Salah satu aplikasi remote yang bisa digunakan untuk mengubah smartphone android menjadi remote universal ialah Zaza Remote. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store.

Zaza Remote merupakan sebuah aplikasi remote universal berbasis infrared yang akan membuat kamu lebih mudah untuk mengkontrol berbagai peralatan elektronik rumah tangga, seperti STB / satelit, AC, DVD, televisi, proyektor, dan lain-lain tanpa harus terhubung dengan internet.

Aplikasi Zaza Remote memiliki database remote kontrol yang besar hingga mendukung lebih dari 6000 merk alat elektronik rumah tangga dengan total memiliki 80.000 remote kontrol. Selain itu, aplikasi Zara Remote juga sangat mudah untuk digunakan karena memiliki user interface yang sederhana.

Mengubah Smartphone Android Menjadi Remote Universal Dengan Aplikasi Zaza Remote

  • Download dan install aplikasi Zaza Remote dari Google Play Store.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi dan klik icon Menu di sebelah kiri atas.
  • Berikutnya klik icon "+", lalu pilih perangkat yang akan dihubungkan, baik itu TV, AC, DVD, ataupun projector.
  • Pilih dan sesuaikan merek alat elektronik yang ingin dikontrol dengan remote dari smartphone android.
  • Klik icon Power. Apabila tidak ada respon, pilih "No Response", dan pilih kembali icon Power hingga mendapat respon.
  • Terakhir kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Selain dengan aplikasi Zaza Remote, masih ada beberapa aplikasi remote universal yang dapat kamu gunakan, antara lain:

Smart IR Remote

Smart IR Remote merupakan aplikasi remote universal terpopuler di Play Store. Aplikasi ini diklaim mendukung lebih dari 900.000 devices dan telah didownload oleh 10 juta pengguna. Tidak hanya untuk remote TV, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk AC, DVD, kamera DSLR, Wifi, dan kipas angin.

SURE - Smart Home and TV Universal Remote

SURE - TV Universal Remote dikembangkan oleh SURE Universal Ltd. Aplikasi ini cukup populer di Play Store dengan jumlah unduhan mencapai 10 juta pengguna, bahkan aplikasi remote ini telah memenangkan “Grand Award” pada ajang Asia Smartphone App tahun 2016. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengendalikan alat yang mendukung infrared. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengirim foto dan video dari smartphone android ke TV menggunakan Wi-Fi dan DLNA.

Mengubah Smartphone Menjadi Remot Universal Dengan Aplikasi Bawaan

Beberapa smartphone android telah dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk mengubah smartphone menjadi remote. Salah satunya adalah Xiaomi dengan aplikasi Mi Remote.

Membuat Remote Dari Smartphone Android Dengan Aplikasi Mi Remote:

  • Buka aplikasi Mi Remote di smartphone, lalu pilih Add Remote.
  • Selanjutnya akan muncul daftar perangkat yang bisa dikendalikan dengan smartphone Xiaomi. Apabila ingin membuat smartphone menjadi remote TV, pilih TV atau jika ingin mengontrol AC, pilih AC.
  • Berikutnya pilih merek perangkat yang akan kamu hubungkan dengan aplikasi.
  • Aplikasi akan melakukan penyesuaian guna melihat reaksi perangkat. Pada langkah ini, pilih tombol Power di layar smartphone. Jika TV langsung mati, berarti remote berfungsi dengan baik.
  • Lalu pilih Yes apabila perangkat memberikan respon, atau pilih No jika tidak mendapatkan respon dari perangkat.
  • Terakhir tinggal menggunakan smartphone sebagai remote sesuai dengan kebutuhan.

Langkah di atas juga bisa kamu gunakan untuk mengendalikan AC, Set Top Box, kamera, kipas angin, dan alat elektronik lain yang mendukung kendali jarak jauh. Selain Xiaomi, Samsung juga memiliki remote control bawaan dengan fungsi yang sama.

Itulah cara untuk membuat smartphone android menjadi remote universal. Cukup mudah bukan? Setelah menggunakan cara tersebut, kamu tidak perlu bingung saat kehilangan remote TV karena hanya dengan smartphone, semua masalah bisa teratasi.
 

Start typing and press Enter to search