Cara Memilih Power Bank Yang Bagus Agar Awet Dan Tahan Lama

Power bank merupakan perangkat yang sangat berguna sebagai alternatif untuk mengisi daya smartphone ketika sedang berada di perjalanan ataupun di kala menemui masalah seperti mati lampu.

Oleh kerena itu, tidak mengherankan bila power bank sangat laris dipasaran sehingga ada banyak produsen yang tertarik untuk ikut mengeluarkan power bank, meskipun tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus.

Dengan banyaknya merek power bank yang ada, kamu harus lebih teliti saat memilih power bank yang bagus untuk smartphone supaya awet atau tidak cepat rusak dan tidak memberikan dampak yang buruk pada smartphone.

Bagi kamu yang bingung untuk memilih power bank karena tidak mengetahui bagaimana ciri-ciri power bank yang bagus, berikut ini ada tips memilih power bank terbaik untuk smartphone yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cara Memilih Power Bank Terbaik

Cara Memilih Power Bank Terbaik

1. Pilih Power Bank Merek Terkenal

Power bank sangat mudah ditemukan, entah itu di toko offline ataupun online. Daripada membeli power bank dengan merek tidak jelas, lebih baik pilih power bank dari merek terkenal yang sudah terpercaya. Ingat bahwa ada harga ada kualitas. Tidak masalah bila harga sedikit mahal, asalkan kualitas terjamin.

2. Cocok dengan Perangkat

Memilih power bank yang bagus bukan hanya dilihat dari harga yang mahal, tetapi juga harus kompatibel dengan smartphone karena power bank yang tidak cocok dengan perangkat dapat memberikan efek yang buruk, bahkan merusak atau mempersingkat usia baterai smartphone.

3. Memiliki Kapasitas Lebih Besar Dari Baterai Smartphone

Hal yang tidak kalah pentingnya ketika memilih power bank adalah memastikan kapasitas power bank lebih besar dari baterai smartphone supaya bisa digunakan beberapa kali hanya dengan satu kali pengisian. Pilih power bank yang setidaknya mempunyai kapasitas baterai dua kali lebih besar dari baterai smartphone, contohnya ketika kamu menggunakan smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 2500 mAh, maka pilih power bank dengan kapasitas minimal 5000 mAh.

4. Utamakan Baterai Li-Polymer

Baterai Li-Polymer dianggap lebih stabil apabila dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Selain itu, baterai Li-Polymer juga tidak mudah mengalami kebocoran, sehingga tidak perlu diragukan lagi ketahanannya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu pilih powerbank dengan tipe baterai Li-Polymer bukan Li-Ion.

5. Pastikan Output Power Bank Sesuai Dengan Smartphone

Tips memilih power bank yang selanjutnya ialah dengan memastikan output power bank sesuai dengan input smartphone yang digunakan. Bila arus yang dibutuhkan smartphone sebesar dua Ampere, kamu juga harus memilih power bank dengan keluaran arus yang sama. Besar output powerbank dapat dilihat dari kemasan. Dengan memakai power bank yang mempunyai output sesuai, maka baterai smartphone bisa menjadi lebih awet atau tidak cepat rusak.

6. Pilih Power Bank Yang Dibekali Fitur Keamanan

Apabila kamu mencari rekomendasi power bank terbaik, pilihlah yang telah dibekali dengan fitur keamanan seperti Short Circuit Protection serta Over Charging Protection. Fitur keamanan Short Circuit Protection berfungsi mencegah terjadinya hubungan pendek arus listrik dan Over Charging Protection adalah sebuah fitur keamanan yang akan secara otomatis memutus aliran listrik jika baterai sudah terisi penuh.

7. Pilih Power bank Bersertifikasi CE dan FCC

Pastikan memilih power bank dengan sertifikat CE dan FCC. Sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (Federal Communications Commission) dapat mejamin kualitas power bank yang kamu beli. Hal ini karena hanya power bank yang telah lulus uji yang akan mendapat sertifikat tersebut. Dengan kualitas yang terjamin, power bank bisa lebih awet dan tidak memberikan dampak yang buruk bagi smartphone.

8. Pilih Power Bank Bergaransi

Tips terakhir ialah dengan memilih powerbank yang memiliki garansi karena garansi juga bisa menunjukkan kualitas produk yang akan kamu pilih. Biasanya power bank dilengkapi garansi selama 6 sampai 1 tahun. Pastikan power bank memiliki garansi resmi, bukan garansi toko dan personal supaya jika ada kerusakan, kamu bisa mendapat pelayanan yang terjamin.
 

Start typing and press Enter to search