10 Anime Penuh Edukasi Yang Bisa Membuat Kita Semakin Pintar

Bukan hanya menjadi hiburan, anime juga dapat memberikan pengetahuan sehingga menambah wasasan untuk penontonnya atau bisa membuat kita pintar, contohnya anime yang penuh edukasi di bawah ini.

Apabila kamu ingin menonton anime yang bisa membuat pintar, berikut ini telah dipilihkan 10 anime penuh edukasi yang akan membuat kita lebih pintar dari sekian banyak anime yang ada.

Wawasan yang bisa diperoleh dari anime penuh edukasi berikut ini pun beragam, salah satunya ialah pelajaran sekolah, mulai dari tentang fisika, kimia, biologi, mikroorganisme, hingga tentang agribisnis.

Dalam anime yang membuat pintar berikut ini, kamu juga akan mendapat pengetahuan yang tidak dipelajari di sekolah seperti pengetahuan tentang survival, kuliner, kegiatan outdoor dan kisah yang memotivasi hidup.

Daftar Anime Yang Membuat Pintar

1. Dr. Stone

Dr. Stone
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Adventure, Sci-Fi, Shounen

Anime pertama yang bisa membuat kita pintar adalah Dr. Stone. Dalam anime ini, ada banyak edukasi tentang sains seperti kimia, fisika, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Cerita Dr. Stone bermula ketika sebuah kilatan cahaya misterius yang menyilaukan mengubah seluruh umat manusia di dunia menjadi batu.

Setelah beberapa milenium, seorang siswa SMA yang punya tekad untuk bertahan hidup, Taijuu terbangun dan menemukan dirinya tersesat di dunia batu.

Namun, Taijuu tidak sendirian sebab ia bertemu dengan temannya, Senku yang sangat mencintai pengetahuan dan sudah lebih dahulu terbangun di dunia batu.

Senku berniat untuk membangun kembali dunia dari awal dengan ilmu pengetahuan miliknya dan dia meminta Taijuu membantu dengan kekuatan fisiknya.

Baca Juga: Anime Dengan Karakter Utama Cerdas Dan Jenius

2. Haikyuu!!

Haikyuu
  • Tahun: Spring 2014
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Comedy, Drama, School, Shounen, Sports

Dari anime Haikyuu!!, kamu bisa belajar tentang teori dan peraturan olahraga bola voli. Bercerita mengenai Hinata Shouyou, seorang siswa yang ingin menjadi atlet voli seperti idolanya "Raksasa Kecil" dari SMA Karasuno, yang dilihatnya di TV.

Saat SMP, Hinata menjadi satu-satunya anggota laki-laki klub bola voli. Oleh sebab itu, dia hanya berlatih sendirian dan meminta bantuan teman-temannya untuk membentuk sebuah tim supaya bisa mengikuti kejuaraan bola voli tingkat SMP.

Akan tetapi, Hinata dikalahkan dengan mudah di pertandingan pertama oleh Kageyama Tobio, seorang pengumpan hebat dari SMP Kitagawa Daiichi yang dijuluki "Raja Lapangan". Biarpun begitu, Hinata tidak menyerah untuk mengejar impiannya.

Setelah lulus dari SMP, Hinata mendaftar ke SMA Karasuno dan bergabung dengan klub bola voli. Ternyata Kageyama juga masuk ke sekolah yang sama sehingga mereka akhirnya harus berjuang bersama untuk ikut kejuaraan nasional bola voli tingkat SMA.

3. Yuru Camp

Yuru Camp
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: C-Station
  • Genre: Slice of Life, Comedy

Anime berisi informasi tentang kegiatan outdoor ini bermula ketika seorang gadis bernama Shima Rin yang menyukai solo camping pergi berkemah sendirian ke kaki gunung Fuji.

Dalam perjalanan ke tempat kemah, Rin melihat seorang gadis bernama Nadeshiko Kagamihara yang berniat untuk melihat gunung Fuji sedang tertidur pulas di sebuah bangku di pinggir jalan.

Setelah menyiapkan perlengkapan, Rin melihat Nadeshiko masih tertidur pulas, hingga di malam hari saat hendak ke toilet, Rin menyadari bahwa Nadeshiko baru saja bangun dari tidurnya.

Akhirnya Rin mengajak Nadeshiko pergi ke tenda dan memberinya makanan. Di tenda, Nadeshiko terpukau setelah melihat pemandangan gunung Fuji sehingga dia mulai tertarik untuk berkemah.

Baca Juga: 10 Anime Mirip K-On! Penuh Gadis Cantik Dan Menggemaskan

4. Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma
  • Tahun: Spring 2015
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Ecchi, School, Shounen

Anime tentang kuliner dan memasak ini berpusat kepada Yukihira Souma, seorang siswa berusia 15 tahun yang sejak kecil memasak di sebuah kedai, yang dikelola dan dimiliki oleh ayahnya.

Souma berkeinginan melampaui kemampuan ayahnya dalam memasak untuk menjadi chef di kedai yang dimilik ayahnya, tetapi ayahnya tiba-tiba pergi ke luar negeri karena sebuah urusan.

Setelah lulus SMP, Souma dikirim oleh ayahnya untuk mendaftar ke Akademi Memasak Totsuki, sebuah sekolah memasak elit terbaik di Jepang dengan tingkat kelulusan siswa kurang dari 10 persen.

Selain itu, Souma juga diminta ayahnya untuk bertahan di sekolah hingga kelulusan jika ingin melampainya. Akan tetapi, Souma diremehkan oleh siswa yang lain karena hanya berasal dari sebuah kedai pinggir jalan.

5. Bakuman.

Bakuman
  • Tahun: Fall 2010
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Shounen

Anime yang memotivasi hidup agar tidak mudah menyerah ini menceritakan mengenai seorang siswa bernama Moritaka Mashiro yang saat kecil bermimpi menjadi mangaka seperti pamannya.

Namun, Mashiro membuang mimpinya setelah pamannya mengalami sebuah insiden dengan memilih menghabiskan hari-harinya di sekolah untuk belajar supaya diterima sebagai pegawai kantoran.

Suatu hari, teman kelasnya, Takagi Akito yang bermimpi menjadi penulis mengajukan kepada Mashiro untuk bekerja sama membuat sebuah manga karena memperhatikan gambar di buku catatan miliknya, tetapi Mashiro menolaknya.

Akan tetapi, Mashiro akhirnya setuju setelah ia mengetahui bahwa gadis yang disukainya, Miho Azuki akan menjadi seiyuu dan mereka berjanji jika manga karyanya menjadi anime, Azuki yang mengisi suara tokoh utama kemudian mereka akan menikah.

6. Gin no Saji

Gin no Saji
  • Tahun: Summer 2013
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life

Anime penuh edukasi berikutnya adalah Gin no Saji. Anime ini bisa membuat kita pintar karena memberi beragam informasi tentang agrobisnis atau bisnis berbasis usaha pertanian.

Mengisahkan tentang Yuugo Hachiken, seorang anak kota yang berniat hidup mandiri jauh dari orang tua dengan mendaftar ke SMK Pertanian Ooezo yang merupakan sekolah asrama.

Saat masuk ke SMK Pertanian Ooezo, Hachiken tidak punya tujuan khusus, sedangkan seluruh teman di kelasnya punya alasan masing-masing seperti latar belakang keluarga dan lain-lain.

Berbeda dengan siswa lain di sekolah, Hachiken tidak terbiasa dengan suanana di pedesaan yang notabene bertani dan berternak sehingga dirinya terkejut karena tidak sesuai yang dipikirkan.

Meski fisik dan mentalnya kelelahan akibat tidak terbiasa dengan lingkungan pedesaan, Hachiken tetap berusaha keras agar bisa lulus dari Sekolah Pertanian Ooezo bersama teman-temannya.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Slice Of Life Terbaik Tentang Keseharian

7. Hataraku Saibou

Hataraku Saibou
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: David Production
  • Genre: Comedy, Shounen

Anime yang bisa membuat kita pintar ini berisi banyak materi tentang biologi. Hataraku Saibou bercerita mengenai 37,2 triliun sel yang bekerja keras setiap hari dalam tubuh manusia, antara lain:
  • Sel Darah Merah bertugas membawa nutrisi, oksigen, serta karbon dioksida ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah
  • Sel Darah Putih yang bertugas melenyapkan segala subtansi asing yang berasal dari luar seperti bakteri dan virus

Baca Juga: 20 Anime Summer 2018 Terbaik Yang Didominasi Genre Comedy Kocak!

8. Moyashimon

Moyashimon
  • Tahun: Fall 2007
  • Studio: Telecom Animation Film, Shirogumi
  • Genre: Comedy, Supernatural, School, Seinen

Anime mengenai mikrobiologi ini berpusat pada Tadayasu Sawaki, seorang mahasiswa baru yang memiliki kemampuan melihat mikroba seperti bakteri dan fungi.

Bermula ketika Tadayasu pergi ke Tokyo untuk menghadiri upacara pembukaan di Agricultural University, lalu menemui Profesor Itsuki Keizo karena perintah dari kakeknya.

Setelah menemui Professor Itsuki, Tadayasu dan temannya bernama Yuuki Kei diminta untuk ikut ke laboratorium. Selain itu, mereka juga bertemu dengan Hasegawa Haruka.

Profesor Itsuki meminta Tadayasu membuktikan kemampuannya kepada Hasegawa. Akan tetapi, Hasegawa tidak bisa percaya sehingga Tadayasu harus melewati serangkaian tes.

9. Dumbbell Nan Kilo Moteru?

Dumbbell Nan Kilo Moteru?
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: Doga Kobo
  • Genre: Comedy, Ecchi

Pada anime Dumbbell Nan-Kilo Moteru?, banyak edukasi tentang kesehatan dan kebugaran tubuh yang bisa kamu peroleh. Bercerita tentang Hibiki Sakura, seorang gadis SMA dengan nafsu makan tinggi.

Suatu hari setelah diberitahu oleh temannya dan menimbang berat badan, Hibiki baru menyadari bahwa dirinya lebih gemuk karena terlalu banyak makan sehingga memutuskan untuk melakukan diet.

Seminggu kemudian, Hibiki pergi ke Silverman Gym setelah mencoba latihan sendiri di rumah. Di sana, Hibiki bertemu dengan Soryuin Akemi, teman sekolahnya yang populer serta memiliki fetish otot.

Selain itu, Hibiki juga bertemu dengan seorang pelatih yang tampan di Siverman Gym bernama Machio sehingga ia setuju untuk bergabung dan mulai berlatih demi mendapatkan tubuh yang sempurna.

10. Sounan Desu ka?

Sounan Desu ka?
  • Tahun: Summer 2019
  • Studio: Ez¤îla
  • Genre: Adventure, Comedy, Seinen

Anime penuh edukasi dan bisa membuat pintar yang terakhir ini sangat menarik sebab Sounan Desu ka? menyuguhkan pengetahuan mengenai survival yang dibumbui dengan fan service dan comedy.

Menceritakan tentang empat siswa yang selamat dari sebuah kecelakaan pesawat saat perjalanan wisata sekolah, yaitu:
  • Suzumori Asuka dari kelas C yang menjadi anggota klub basket dan klub lari
  • Kujou Shion dari kelas B yang hobi bermain piano dan memiliki anjing bernama Arnold
  • Amatani Mutsu dari kelas A yang hobi membaca dan memasak, punya ingatan yang kuat serta memiliki pengetahuan tentang astronomi
  • Onishima Homare dari kelas F yang memiliki pengetahuan tentang survival karena sudah sering terdampar

Setelah terdampar di lautan selama satu hari, mereka menemukan daratan dan memutuskan berenang menuju pulau. Di pulau terpencil itu, mereka harus berusaha untuk bertahan hidup sambil menunggu tim penyelamat datang.

Meski banyak pengetahuan yang bisa diperoleh dari menonton anime, bukan berarti kamu tidak perlu belajar supaya menjadi lebih pintar, sebab belajar dengan membaca tetap merupakan cara terbaik untuk menambah ilmu pengetahuan.
 

Start typing and press Enter to search