Inilah Perbedaan Laptop Dan Notebook, Masih Bingung Pilih Mana?

Tahukah kamu apa perbedaan antara notebook dan Laptop? Biarpun keduanya memiliki bentuk, fungsi, dan kegunaan yang hampir sama, laptop dan notebook merupakan perangkat elektronik yang berbeda.

Laptop dan notebook merupakan alat elektronik yang tidak dapat dipisahkan dari tangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Kedua alat ini menjadi barang penting yang harus dimiliki oleh sebagian orang.

Hal ini dikarenakan perkembangan zaman yang menuntut manusia harus mampu bekerja cepat dan memiliki mobilitas tinggi sehingga perangkat yang mudah dibawa dan dioperasikan sangatlah penting kehadirannya.

Apabila dahulu bekerja menggunakan komputer hanya bisa dilakukan di satu tempat, kini dengan kehadiran laptop dan notebook, pekerjaan atau tugas bisa lebih mudah diselesaikan dimanapun dan kapanpun.

Notebook adalah pengembangan dari komputer desktop, begitu pun dengan Laptop. Meski tidak terlalu mencolok, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan antara notebook dan laptop.

Perbedaan Notebook Dan Laptop

Perbedaan Notebook Dan Laptop

1. Ukuran

Dilihat secara fisik laptop dan notebook memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini disebabkan ukuran layar keduanya. Notebook yang didesain seperti buku catatan supaya mudah untuk dibawa hanya memiliki layar berukuran 13 - 18 inci, sedangkan laptop mempunyai ukuran layar yang lebih besar hingga mencapai lebih dari 18 inci.

2. Berat

Perbedaan yang selanjutnya ialah berat. Karena perbedaan ukuran, maka tidak heran keduanya juga memiliki berat yang berbeda. Laptop yang berukuran lebih besar tentunya memiliki bobot lebih berat jika dibandingkan dengan notebook. Laptop memiliki berat sekitar 1,4 hingga 5,4 kg, sedangkan notebook hanya memiliki berat tidak lebih dari 3,15 kg.

3. Spesifikasi

Perbedaan laptop dan notebook berikutnya bisa dilihat dari spesifikasi, terutama pada spesifikasi grafis. Biasanya VGA laptop jauh lebih mumpuni bila dibandingkan notebook yang dibekali kartu grafis dengan kemampuan lebih rendah. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, cukup banyak notebook yang memiliki kualitas dan ukuran VGA tidak kalah mumpuni dari laptop.

4. RAM (Random Acces Memory)

Sama halnya dengan VGA, kapasitas RAM pada sebuah laptop jauh lebih besar dibandingkan dengan notebook. Namun, ada juga beberapa notebook yang dibekali kapasitas RAM hampir sama dengan laptop.

5. DVD Room

Perbedaan yang kelima, yakni DVD Rom. CD Rom atau DVD Rom merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk membaca data dari DVD. Laptop mempunyai DVD Rom, sedangkan pada notebook hardware tersebut biasanya tidak tersedia. Meski begitu, pengguna notebook tetap dapat membeli DVD ROM ekternal untuk membaca data dari disk dengan notebook yang tidak dilengkapi DVD ROM internal.

6. Baterai

Laptop dan notebook mempunyai kapasitas dan ukuran baterai yang berbeda. Daya tahan baterai pada notebook memiliki durasi pemakaian yang lebih lama, berbeda halnya dengan laptop yang mempunyai daya tahan baterai terbilang singkat karena konsumsi dayanya cukup besar. Namun, semua kembali ke penggunaan. Jika digunakan secara terus menerus, tentu daya tahan baterai kedua perangkat tersebut tidak akan lama atau cepat habis.

7. Harga

Perbedaan yang terakhir ialah harga. Tentu saja dengan ukuran yang lebih besar dan spesifikasi yang lebih baik, Laptop akan mempunyai harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan notebook.

Itulah beberapa perbedaan laptop dan notebook. Selain memiliki perbedaan, notebook dan laptop juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Notebook lebih cocok digunakan untuk menjalankan aktivitas ringan seperti menjelajah internet, mengetik, dan multimedia. Sedangkan laptop bisa digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan melakukan aktivitas berat seperti desain grafis dan gaming.
 

Start typing and press Enter to search