19 Rekomendasi Emulator Android Gratis Terbaik Untuk PC

Emulator Android merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan sistem operasi android pada komputer dengan sistem operasi yang berbeda.

Saat menggunakan emulator android, pengguna PC atau laptop bisa dengan mudah menjalankan aplikasi dan game yang dikembangkan untuk OS android di komputer yang memiliki OS Windows maupun MacOS. Lihat Juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC

Hal ini tentu akan sangat memudahkan bagi para developer yang ingin menguji aplikasi, atau bagi kamu yang sedang mencari cara alternatif untuk menjalankan aplikasi dan bermain game android tanpa perlu khawatir mengalami masalah seperti lag.

Namun, ada banyak emulator yang bisa dipakai untuk bermain game Android di PC atau laptop, baik itu gratis maupun berbayar sehingga cukup sulit dalam memilih emulator terbaik. Terlebih setiap emulator android memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh sebab itu, di bawah ini ada 19 rekomendasi emulator android gratis terbaik untuk PC supaya lebih mudah dalam memilih emulator bagi yang kamu ingin bermain game android di komputer. Pada daftar ini juga ada emulator android paling ringan dan cepat untuk PC spek rendah dengan RAM 1 GB, bahkan minimal RAM 512 MB.

Emulator Android Gratis Terbaik

1. Android Studio

Android Studio
Mendapatkan lisensi dari google menjadi salah satu keunggulan Android Studio. Emulator ini sangat cocok digunakan untuk developer yang ingin menguji aplikasi atau game. Namun, bagi yang tidak memiliki keahlian koding mungkin akan kesulitan saat menggunakan emulator ini.

2. Nox App Player

Nox App Player
Nox App Player merupakan salah satu emulator android terbaik yang harus kamu download. Hal ini karena Nox App Player dilengkapi fitur Multi-instance yang bisa menjalankan empat aplikasi dalam waktu bersamaan. Apabila kamu berniat menggunakan emulator ini, pastikan dahulu PC atau laptop memiliki RAM setidaknya 4 GB.

3. KoPlayer

Koplayer
Posisi ketiga ditempati oleh KoPlayer. Emulator ini dapat dikatakan sebagai salah satu emulator android paling ringan, tetapi memiliki fitur yang lengkap. Kamu dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan emulator ini. Terlebih kamu hanya membutuhkan perangkat dengan RAM minimal 512 MB atau PC spek rendah untuk menggunakan KoPlayer. Akan tetapi, performa emulator ini tentu akan lebih baik jika digunakan pada PC dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

4. MEmu

Memu
Selain KoPlayer, MEmu juga termasuk emulator android paling ringan yang bisa kamu gunakan. Kinerja dari emulator ini tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji oleh benchmark AnTutu bahwa MEmu mempunyai kemampuan 2x lebih cepat dibanding smartphone keluaran terbaru. Selain itu, MEmu juga dilengkapi akses Root ke beberapa versi sistem operasi Android seperti Jelly Bean, Kitkat dan Lollipop. Misalnya ketika kamu ingin menggunakan aplikasi atau game yang dikhususkan untuk OS Android Lollipop, maka kamu bisa langsung mengubah versi OS android di emulator menjadi Lollipop.

5. Leapdroid

Leapdroid
Meskipun tergolong baru, emulator ini memiliki kualitas yang tidak kalah baik jika dibandingkan dengan emulator-emulator android yang lainnya. Salah satu keunggulan Leapdroid, yakni tersedia banyak tweak atau optimasi sehingga game dan aplikasi bisa berjalan dengan mulus dan lancar. Sama seperti MEmu, emulator ini juga memiliki akses root ke beberapa versi OS Android.

6. BlueStacks

Bluestacks
BlueStacks menjadi salah satu emulator android terpopuler dan paling sering digunakan sehingga kamu tentu sudah tidak asing dengan emulator yang satu ini. Untuk menggunakan emulator ini, kamu memerlukan komputer dan laptop dengan kapasitas RAM minimal 2 GB. Adapun keunggulan BlueStacks adalah memiliki performa yang stabil, cepat, dan banyak fitur.

7. Bliss

Bliss
Sebagai salah satu emulator gratis terbaik saat ini, Bliss tidak kalah menariknya dibandingkan BlueStack. Apabila paham teknologi dan ingin mencari sesuatu yang berbeda, Bliss emulator menjadi pilihan paling tepat yang harus kamu download.

8. Droid4X

Droid4X
Emulator Droid4x sangat cocok digunakan untuk menjalankan sistem operasi android versi KitKat 4.4.2 ke atas. Emulator ini memiliki kontrol yang kompatibel dengan berbagai game dan dibekali banyak fitur lain seperti merekam video. Ketika menggunakan emulator ini, kamu akan diminta untuk memindai kode QR terlebih dahulu guna memverifikasi pengontrol.

9. Youwave

Youwave
Youwave masuk dalam daftar emulator android gratis terbaik karena emulator ini mendukung OS Windows 7, 8, bahkan mungkin juga Windows 10. Emulator android ini mempunyai tampilan dua bagian yang sangat memudahkan, yaitu bagian kiri yang berfungsi untuk menampilkan aplikasi terinstall dan kanan untuk tampilan potret dari layar ponsel atau smartphone.

10. Genymotion

Genymotion
Berikutnya ada Genymotion yang bisa menjadi pilihan alternatif terbaik bagi kamu yang ingin menggunakan emulator android untuk laptop atau PC. Genymotion merupakan penerus dari VM Android yang bekerja sama dengan Native Android Emulator.

11. Andy

Andy
Andy menjadi salah satu emulator android paling ringan dan cepat untuk PC. Emulator ini memiliki kinerja sangat optimal, dan bisa kamu download secara gratis. Mempunyai fitur lengkap menjadi salah satu keunggulan Andy yang membuatnya tidak kalah jika dibandingkan dengan emulator-emulator yang lain.

12. Windroye

Windroye
Windroye menjadi salah satu emulator android gratis terbaik untuk komputer. Windroye sangat cocok digunakan untuk PC dengan spesifikasi rendah. Meskipun dianggap keinggalan zaman, emulator ini tetap memiliki fitur cukup lengkap.

13. Remix OS Player

Remix OS Player
Bermain game android di OS Windows juga bisa dilakukan dengan Remix OS Player. Emulator ini bekerja sangat optimal dan cocok dipakai untuk yang ingin bermain game dengan layar yang luas. Selain itu, Remix OS Player juga memiliki banyak keunggulan, seperti maping untuk mencocokan mouse dan keyboard. Namun, emulator android ini hanya support untuk menjalankan versi OS Android Marshmellow.

14. Bluestacks 3

Bluestacks 3
Bluestacks 3 merupakan penerus dari Emulator BlueStacks yang mendapat dukungan penuh dari BlueStacks Gaming Platform. Emulator yang satu ini menghadirkan performa serta tampilan lebih cepat dan bagus. Selain itu, Bluestack 3 juga bisa kamu gunakan untuk PC spesifikasi rendah dan menyediakan update secara berkala.

15. XePlayer

XePlayer
XePlayer mendukung hingga jutaan game yang dapat dimainkan dengan mekanisme keyboard. Selain itu, emulator ini juga mendukung sistem operasi Windows XP, 7, 8 hingga 10. Akan tetapi, dibutuhkan PC spesifikasi tinggi supaya kinerja emulator ini bisa optimal.

16. Xamarin

Xamarin
Selain Android Studio, emulator android Xamarin juga sangat direkomendasikan untuk developer. Cara kerja emulator ini pun mirip dengan Android Studio, hanya saja emulator ini dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi lain seperti Microsoft Visual Studio. Akan tetapi, emulator ini mungkin akan cukup menyulitkan bagi para pemula.

17. Jar of Beans

Jar of Beans
Berbeda dengan emulator android lainnya, Jar of Beans tidak memerlukan proses instalasi karena didesain dengan format portable. Selain itu, Jar of Beans juga mendukung sistem operasi Android 4.1.1 Jelly Bean dan Intel Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM).

18. ARChon

ARChon
ARChon bisa digunakan di perangkat dengan OS Linux, Windows, dan Mac. Selain itu, emulator ini hanya butuh Google Chrome untuk menjalankan aplikasi atau game yang telah terinstall. Namun, kekurangan emulator ARChon adalah cukup sulit untuk diinstall, khususnya oleh pemula.

19. AMIDuOS

AMIDuOS
AMIDuOS adalah emulator android gratis untuk PC. Namun, ini hanya berlaku selama satu bulan karena pada pemakaian selanjutnya, kamu akan dikenakan biaya sebesar US$10 untuk versi Jelly Bean dan US$15 untuk versi Lollipop. Emulator ini mempunyai keunggulan fitur dan dukungan yang lengkap, tetapi kekurangannya ialah semua itu tidak bisa dinikmati gratis selamanya seperti emulator-emulator yang lain.
 

Start typing and press Enter to search