√ Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Smartphone Android

Di zaman modern seperti sekarang ini, koneksi internet seakan-akan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, khususnya bagi kaum muda. Dengan internet, bermacam-macam aktivitas dalam kehidupan sehari-hari bisa berjalan lebih mudah dan cepat.

Smartphone merupakan perangkat yang paling sering dipakai untuk mengakses internet. Ketika terhubung ke internet, ponsel pintar bisa sangat berguna dalam menjalankan berbagai kegiatan, mulai dari belajar, berkomunikasi, bertansaksi, bekerja, hingga hiburan seperti menonton film dan bermain game.

Oleh sebab itu, tentu akan sangat mengganggu bila koneksi internet tiba-tiba bermasalah dan menjadi lambat. Bagi yang sedang mengalami masalah pada koneksi internet, berikut ini cara mempercepat koneksi internet di smartphone android agar tidak lemot yang dapat dilakukan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android

1. Pilih Mode Jaringan

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat koneksi internet di smartphone android ialah dengan memilih mode jaringan. Pilih mode jaringan 3G maupun 4G Only yang memiliki signal paling bagus dengan minimal jumlah signal 3 bar.

Perlu diketahui, jaringan tertinggi sudah pasti akan jauh lebih cepat ketika digunakan untuk mengakses internet. Selain itu, lokasi dimana kamu berada juga akan mempengaruhi signal dan kecepatan koneksi internet di smartphone android.

2. Reset APN

Langkah selanjutnya khusus bagi smartphone android yang tidak dapat mengakses internet. Setelah memilih mode jaringan dengan signal paling bagus, kamu perlu mereset APN untuk mengubah access point name menjadi default.

Cara setting APN sangat mudah, kamu hanya perlu membuka menu setting, kemudian pilih more network, mobile network, access point name dan terakhir pilih reset default. Dengan begitu jaringan akan melakukan reset secara otomatis.

3. Tutup Aplikasi Yang Menyebabkan Internet Lemot

Salah satu yang membuat kecepatan internet di smartphone menjadi lambat adalah pembagian penggunaan data seluler, contohnya saat kamu menjalankan dua aplikasi yang membutuhkan koneksi internet secara bersamaan, kecepatan akan berkurang karena koneksi internet dibagi menjadi dua.

Untuk mengatasinya supaya koneksi internet di smartphone android menjadi lebih cepat, kamu perlu mematikan atau membatasi aplikasi yang berjalan di background, caranya dengan masuk ke menu setting, pilih penggunaan data seluler, lalu geser ke bawah dan pilih aplikasi yang ingin dibatasi.

Apabila akses internet dirasa tetap lemot, kamu bisa menutup paksa aplikasi dengan cara masuk ke pengaturan, buka manager aplikasi, lalu pilih aplikasi berjalan, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dimatikan, terakhir pilih force close untuk menutup aplikasi secara paksa.

4. Matikan Singkronisasi Otomatis

Menginstall aplikasi media sosial dengan default mengaktifkan opsi singkronisasi otomatis untuk mendapat update secara realtime juga menjadi penyebab koneksi internet smartphone android melambat. Untuk mematikan fitut ini, kamu bisa langsung masuk ke pengaturan, lalu pilih data & backup, pilih account, dan terakhir matikan sync data.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop Supaya Tidak Lemot

5. Gunakan Browser Google Chrome

Browser Google Chrome android memiliki fitur googleweblight yang dapat berfungsi otomatis saat internet lambat untuk mengkompresi data hingga 80%. Fitur ini juga bisa diaktifkan secara manual dengan cara membuka browser Google Chrome, pergi ke setelan penelusuran, lalu cari optimalkan halaman supaya dimuat lebih cepat, selanjutnya pilih "selalu", dan simpan.

6. Hapus Cache

Penyebab lain koneksi internet menjadi lambat, yakni terlalu banyak cache tersimpan di dalam penyimpanan. Jika cache dari berbagai aplikasi dibiarkan begitu saja, kinerja smartphone akan terbebani serta proses pemuatan data menjadi lebih berat.

Untuk mempercepat koneksi internet di android, kamu harus sering membersihkan cache aplikasi. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store. Selain itu, membersihkan cache di android juga bisa dilakukan manual dengan cara masuk menu setting, lalu pilih storage, selanjutnya pilih cache dan clear cache.

7. Setting User-Agent

Sekarang sudah semakin banyak website yang dibuat responsive supaya bisa secara otomatis menyesuaikan tampilan ketika dibuka melalui perangkat mobile. Namun, masih banyak pula pengunjung website yang memaksakan untuk membuka halaman dengan tampilan desktop. Padahal, apabila dipaksakan, pemuatan laman web akan menjadi lebih berat dan lambat. Oleh sebab itu, sebaiknya ubah User-Agent menjadi mobile supaya data terkompresi sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

Demikian cara mempercepat koneksi internet di smartphone android yang bisa kamu lakukan dengan mudah, tetapi setelah kamu melakukan semua langkah di atas ternyata koneksi internet masih lambat, cobalah periksa apakah jaringan yang kamu gunakan mengalami masalah. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa mengganti kartu sim menggunakan provider lain yang memiliki jaringan lebih stabil agar koneksi internet bisa menjadi lebih cepat.
 

Start typing and press Enter to search