√ Cara Mempercepat Kinerja Laptop Supaya Tidak Lemot

Kegunaan laptop sangat memudahkan pelajar, mahasiswa dan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi ada banyak masalah yang bisa ditemukan pada laptop, misalnya kinerja laptop yang sudah sering digunakan lama-kelamaan akan menurun atau menjadi lemot.

Tentu sangat mengesalkan saat laptop menjadi lamban karena pekerjaan juga akan terhambat, bahkan sebagian orang biasanya akan berpikir untuk membeli laptop baru ketika laptop mulai terasa lambat. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti laptop, sebaiknya kamu coba dulu cara mempercepat kinerja laptop supaya tidak lemot berikut ini.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat laptop menjadi lebih cepat, seperti perbaikan pada bagian RAM dan hard disk dengan melakukan upgrade. Namun, pada artikel tentang cara mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot di bawah ini akan fokus ke pengoptimalan perangkat lunak yang dapat kamu lakukan sebelum memilih untuk upgrade atau membeli laptop baru.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

1. Uninstall Yang Tidak Diperlukan

Laptop yang digunakan dalam waktu lama biasanya akan memiliki banyak software usang yang jarang digunakan. Untuk mempercepat kinerja laptop supaya tidak lemot, sebaiknya uninstall software yang sudah tidak digunakan sehingga beban pada laptop berkurang dan performa bisa kembali seperti semula.

2. Disable Starup yang tidak Diperlukan

Laptop yang sudah digunakan bertahun-tahun umumnya akan semakin lambat saat dinyalakan karena banyak program yang langsung berjalan otomatis sejak pertama kali laptop dihidupkan. Untuk mengatasi hal ini supaya performa laptop menjadi lebih cepat ialah dengan menonaktifkan program-program yang mengganggu kinerja laptop.

Cara Disable Starup:
  • Pergi ke Run atau klik Key + R.
  • Kemudian pilih msconfig.
  • Selanjutnya, klick Starup.
  • Terakhir, nonaktifkan semua program yang bejalan di muka kecuali antivirus.

Baca Juga: Tips Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

3. Hapus Semua yang tidak Diperlukan

Penyebab laptop menjadi lemot yang berikutnya cukup jarang disadari, yaitu terlalu banyak data tersimpan di dalam ruang penyimpanan. Maka dari itu, kamu harus menyingkirkan semua data yang sudah tidak diperlukan untuk membuat laptop menjadi lebih cepat. Caranya pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan harddisk untuk memindahkan data, sehingga performa laptop akan kembali normal.

4. Lakukan Defragment Drive Windows

Defragment merupakan proses menata ulang blok file di dalam harddisk agar kembali rapi. Ketika menyimpan data di harddisk, data akan tersimpan dalam bentuk blok yang terpisah-pisah karena menimpa blok sebelumnya yang sudah tidak digunakan. Setelah melakukan defragment pada Drive C, data akan tersusun dengan rapi sehingga komputer bisa berjalan lebih cepat saat memproses data.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Dengan Mudah

5. Cleanup System Files

Cara selanjutnya untuk membuat laptop lebih cepat adalah dengan mengurangi beban pada ruang penyimpanan. Selain itu, cara ini juga bisa kamu lakukan berulang kali. Kamu hanya perlu menghapus file system laptop dengan pergi ke C:/drive, kemuduan klik kanan properties, dan klik disk cleanup.

6. Reset Browser Ke Pengaturan Awal

Umumnya browser yang ada pada laptop lama akan menyimpan banyak penunggang seperti add-ons/extensions/toolbars sehingga kinerja laptop lebih berat saat browser digunakan. Jika penunggang sudah tidak digunakan, kamu bisa langsung menghapusnya. Akan tetapi, apabila dirasa sudah terlalu banyak, kamu bisa mereset browser ke pengaturan awal atau menghapus lalu memasang kembali browser.

Baca Juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android Di PC atau Laptop

7. Update Windows

Microsoft selalu melakukan update OS windows secara berkala, tetapi banyak pengguna windows yang mengabaikan hal ini. Padahal, apabila tidak menggunakan windows ori, laptop bisa menjadi lambat karena fitur update dimatikan, sehingga pengguna akan malas untuk melakukan update OS yang mempunyai ukuran terlalu besar. Perlu diketahui, melakukan update windows sangatlah penting untuk meningkatkan patch keamanan dan kinerja laptop.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot sehingga tidak mengganggu pekerjaan. Jangan lupa, lakukan dengan teliti untuk menghindari kesalahan saat berupaya mempercepat kinerja laptop.

 

Start typing and press Enter to search