Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

Wifi menjadi salah satu alat yang penting dalam menjelajahi internet, khususnya bagi kamu yang bekerja secara online atau aktif di dunia maya.

Dengan Wifi, kamu tidak hanya dapat mengakses internet melalui satu perangkat elektronik seperti smartphone, tapi juga bisa melalui notebook dan laptop tanpa ada sambungan modem.

Wifi lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan alat pengakses internet yang lain karena jangkauannya yang lebih luas dan terkenal lebih hemat sehingga banyak orang memasangnya di rumah.

Sayangnya, beberapa orang masih belum tahu cara menikmati kemudahan dari Wifi, dan untuk para pengguna laptop juga tidak selamanya bisa dengan mudah mengakses Wifi karena berbagai kesalahan bisa dialami saat mengakses Wifi.

Oleh karena itu, di artikel kali ini Loganime akan membahas tentang cara menghubungkan Wifi ke laptop, sebuah alat elektronik canggih yang bisa terhubung ke internet dan dibawa kemana pun.

Sebelum itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Wifi? Wireless Fidelity atau disingkat Wifi merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk mengakses internet tanpa menggunakan kabel.

Wireless atau tanpa kabel ini menjadi pilihan bagi banyak orang dikarenakan pengguna tidak perlu membawa kabel setiap ingin tersambung dengan internet. Berikut ini cara menghubungkan wifi ke laptop atau notebook.

Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop

Cara Menghubungkan Wifi Ke Laptop
Bagi yang baru memegang laptop, sehingga tidak mengetahui cara menyambungkan Wifi ke laptop, di bawah ini langkah-langkah mudah yang sering digunakan oleh pengguna laptop.

1. Hidupkan Wifi Di Laptop

Cara pertama supaya dapat menggunakan Wifi di Laptop tentu dengan mengaktifkan Wifi terlebih dahulu. Pada beberapa Laptop keluaran terbaru biasanya ditambahkan tombol khusus Wifi pada keyboard dan lampu indikator sebagai tanda Wifi hidup atau mati.

2. Koneksikan Wifi

Langkah berikutnya ialah menyambungkan atau mengoneksikan Wifi Laptop dengan hotspot Wifi yang sudah tersedia, sehingga Laptop kamu bisa terhubung ke internet.
  • Langkah pertama, klik icon Wifi yang ada di ujung kanan taks bar
  • Berikutnya akan muncul jendela Wireless, selanjutnya klik opsi "Connect"
  • Jika Wifi menggunakan password, kamu bisa memasukkan password Wifi tersebut dalam kotak "dialog security key"
  • Terakhir pilih "Ok", maka Laptop akan langsung tersambung dengan Wifi.

Jika semua langkah untuk menyambungkan Wifi ke Laptop sudah dilakukan, tapi tetap tidak bisa terhubung. Kemungkinan ada beberapa masalah pada laptop atau perangkat yang kamu gunakan. Oleh sebab itu, berikut ini ada tutorial tambahan mengenai cara menyambungkan Wifi yang tidak bisa terhubung di laptop.

Cara Menyambungkan Wifi Yang Tidak Bisa Terhubung

  1. Klik "Star Program" pada laptop, lalu pilih menu "Control Panel"
  2. Berikutnya klik "Network and Internet"
  3. Kemudian buka "Network and Sharing Center"
  4. Setelah masuk pada menu "Network and Sharing Center", lalu klik bagian "Manage Wireless Networks"
  5. Setelah itu, akan ada beberapa cache data Wifi yang pernah digunakan atau diakses sebelumnya.
  6. Terakhir, hapus semua cache Wifi. Hal itu karena cache bisa membuat laptop tidak bisa connect dengan Wifi atau mengalami troubleshoot saat kamu mengconnectkan sinyal hotspot Wifi.

Itulah salah satu cara yang dapat dilakukan agar laptop kamu bisa kembali mengakses Wifi ketika di rumah, sekolah, wilayah kampus, dan tempat lainnya. Jika dengan cara ini laptop kamu masih mengalami gangguan dalam mengakses Wifi, itu berarti masalah timbul di tempat yang lain.

Bisa saja masalah terjadi di hardware, dan bagi yang mengalami hal tersebut, berikut ini adalah cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect.

Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect Karena Masalah Hardware

  1. Langkah pertama, klik kanan pada "My Computer", kemudian pilih "Manage", dan klik "Device"
  2. Setelah itu, perhatikan bagian "Network Adapters", dan klik kanan pada "Hardware Wifi" yang ada di laptop
  3. Lalu pilih uninstall (tidak perlu khawatir, karena saat terdeteksi oleh system driver maka Wifi akan secara otomatis terinstall kembali)
  4. Kemudian, klik kanan dan pilih "Scan for Hardware Changes", supaya system bisa mendeteksi dan menginstall ulang driver hardware Wifi tersebut secara otomatis
  5. Setelah selesai, maka berikutnya kamu bisa langsung menutup device manager
  6. Langkah terakhir tinggal hubungkan kembali hotspot Wifi, dengan begitu koneksi internet akan kembali normal

Itulah cara menyambungkan Wifi ke laptop atau notebook dengan cara memperbaiki apabila Wifi tidak dapat tersambung karena laptop dianggap bermasalah.

Sebenarnya Wifi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, tetapi juga bisa untuk komunikasi data lain, contohnya untuk transfer data antar perangkat, seperti dari smartphone ke laptop.

Akan tetapi, jika kamu selesai melakukan kedua cara ini laptop masih juga belum bisa terhubung dengan Wifi, sebaiknya segera periksakan laptop ke jasa perbaikan karena kemungkinan terdapat kesalahan lain yang terjadi pada laptop.
 

Start typing and press Enter to search