Cara Mudah Menjalankan Aplikasi Android Di PC atau Laptop

Aplikasi android seakan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang zaman sekarang, baik itu bagi pengguna smartphone, laptop maupun PC. Berbagai kegiatan dan aktivitas bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan laptop ataupun menggunakan smartphone.

Maka tidak heran, sekarang banyak pekerja atau pembisnis yang melakukan pekerjaannya hanya dengan menggunakan gadget seperti laptop dan smartphone, yang bisa dengan mudah dijumpai karena perkembangan teknologi yang membuat beragam aktivitas semakin mudah dilakukan.

Tidak hanya bekerja, bermain game dan mencari hiburan juga bisa dilakukan dengan alat-alat ini. Semua menjadi lebih mudah. Terlebih, kini ada kemudahan untuk menjalankan aplikasi android di laptop atau komputer. Lalu, bagaimana cara menjalankan aplikasi android di PC atau laptop?

Berikut ini tutorial mengenai cara menjalankan aplikasi android di PC, mulai dari download dan install emulator android hingga cara menginstal aplikasi android di komputer atau laptop untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi android di PC karena ada kondisi mendesak atau hanya karena ingin mencobanya.

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Komputer Dan Laptop

Emulator Android BlueStack

1. Menginstall Emulator Android Di Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menjalankan aplikasi android di PC atau laptop ialah mendownload software pihak ketiga atau emulator android terlebih dahulu.

Ada beberapa emulator android yang bisa kamu gunakan. Namun, perhatikan spesifikasi PC atau laptop yang dipakai, khususnya pada RAM sebab jika PC spek rendah dipaksakan untuk memakai Emulator Android yang berat seperti Bluestack, berbagai permasalahan bisa datang menyerang laptop atau PC.

Maka dari itu, disarankan untuk memakai MEmu yang merupakan emulator android paling ringan, cepat dan memiliki fitur cukup lengkap sehingga cocok untuk laptop atau PC dengan RAM 2GB.

Namun, untuk yang mempunyai laptop atau PC dengan RAM besar, kamu bisa mencoba emulator lain, diantaranya NOX, Bluestack, dan Koplayer. Baca juga Emulator Android Gratis Terbaik Untuk PC

Cara Menginstall Emulator Android Di PC:
  • Pertama download emulator android terlebih dahulu.
  • Setelah selesai, klik program 2x, kemudian tentukan lokasi instalasi emulator android atau biarkan default dan pilih "install".
  • Setelah instalasi selesai, berikutnya pilih "launch" untuk membuka emulator yang sudah terinstall.

2. Cara Install Aplikasi Android di Laptop atau PC

Setelah menginstall emulator android, langkah berikutnya adalah menginstall aplikasi android yang ingin dimainkan di laptop atau PC seperti saat memasang aplikasi di smartphone android. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai betikut.

Cara Install Aplikasi Android Di PC:
  • Klick 2x icon Play Store, lalu bagi yang belum memasukan akun Google, bisa login terlebih dahulu agar Play Store bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi.
  • Jika sudah, pilih "Existing".
  • Selanjutnya, masukkan alamat email dan kata sandi, lalu klick tanda panah menuju halaman berikutnya.
  • Pada halaman berikutnya, akan muncul informasi pembayaran, kamu bisa pilih "No Thanks"
  • Selanjutnya, untuk pengaturan Backup dan Restore biarkan "Default".
  • Terakhir, kamu akan melihat tampilan awal Play Store dan kamu bisa pilih "Get Started"

Demikian cara menginstal emulator android agar aplikasi yang biasa kamu gunakan di smartphone juga bisa dibuka melalui PC atau laptop sehingga apabila suatu saat nanti smartphone mengalami masalah, kamu bisa dengan mudah menjalankan aplikasi android di PC atau laptop.

Namun perlu diingat, ketika menginstal aplikasi android di laptop, sebaiknya perhatikan ukuran aplikasi supaya tidak membebani laptop.

Sedangkan bagi yang mempunyai laptop dengan kapasitas penyimpanan besar, disarankan untuk menggunakan emulator android Bluestack sebab telah dilengkapi fitur yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan emulator android lainnya. Sebagai contoh, ketika menggunakan emulator android MEmu, biasanya akan ditemui beberapa aplikasi android yang tidak berjalan dengan baik.
 

Start typing and press Enter to search