30 Rekomendasi Anime Movie Terbaik Dengan Cerita Dan Grafis Keren!

Anime movie sangat cocok ditonton oleh orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk menonton TV series karena kebanyakan anime movie mempunyai alur cerita yang ringkas dan jelas.

Meskipun berdurasi cukup singkat hanya sekitar beberapa jam, cerita dalam film anime biasanya akan langsung tamat tanpa menyisakan ending cerita yang menggantung atau rasa penasaran untuk penontonnya.

Selain itu, grafis seperti artwork, frame rate, dan ketajaman gambar dalam anime movie juga lebih bagus jika dibandingkan dengan TV series karena kebanyakan studio anime akan lebih serius saat mengarap anime movie.

Apabila kamu sedang mencari film anime untuk dijadikan sebagai hiburan, berikut ini ada daftar 30 anime movie terbaik sepanjang masa dengan cerita seru dan grafis keren yang dapat dijadikan pilihan untuk ditonton.

Dalam rekomendasi anime movie terbaik berikut ini hanya ada film anime yang dirilis di atas tahun 2000 dan tidak pernah diluncurkan dalam bentuk TV series sehingga kamu tidak akan menemukan anime movie seperti Gintama, Monogatari, dan Fate series.

Selain itu, pada rekomendasi film anime terbaik berikut ini kebanyakan merupakan anime movie romance, action, dan drama. Akan tetapi, jangan khawatir sebab ada juga genre yang lain, seperti fantasy dan psychological. Langsung saja inilah rekomendasinya.

Daftar Anime Movie Terbaik

1. Kimi no Na wa.

Kimi no Na wa.
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Romance, Supernatural, School, Drama

Bercerita tentang 2 remaja yang lahir di tempat berbeda, yaitu Mitsuha Miyamizu, seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah pedesaan di daerah pegunungan dan Taki Tachibana, seorang siswa SMA yang tinggal di kota Tokyo.

Mitsuha tinggal di desa bersama nenek dan adik perempuannya karena ayahnya jarang pulang ke rumah dan ia juga ingin segera lulus dari sekolah supaya bisa pergi ke Tokyo karena sudah bosan dengan kehidupannya di desa.

Sementara, Taki menjalani kesehariannya yang sibuk di kota Tokyo sebagai seorang siswa SMA sambil bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia dengan berharap dapat menggapai masa depannya dalam bidang arsitektur.

Suatu hari, mereka bermimpi melakukan aktifitas menggunakan tubuh orang lain. Namun, ternyata keduanya saling bertukar tubuh sehingga untuk menemukan jawaban atas fenomena ini, mereka mulai mencari keberadaan satu sama lain.

Baca Juga: Keren! 20 Anime Dengan Grafis Terbaik Memanjakan Mata

2. Koe no Katachi

Koe no Katachi
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Drama, School, Shounen

Anime movie terbaik yang sangat mengharukan ini berpusat pada Ishida Shouya, seorang siswa sekolah dasar yang sering membuat masalah di sekolah.

Saat seorang siswa tunarungu bernama Shouko Nishimiya pindah ke kelasnya, Ishida dan teman-temannya menjahili Nishimiya untuk bersenang-senang.

Namun, setelah orang tua Nishimiya melaporkan tindakan Ishida dan teman-temannya ke sekolah, Ishida disalahkan atas semua kejahilan terhadap Nishimiya.

Akhirnya Ishida dikucilkan oleh teman-temannya hingga ketika di sekolah menengah, dia berusaha meminta maaf kepada Nishimiya untuk menebus semua kesalahannya.

3. Sen to Chihiro no Kamikakushi

Sen to Chihiro no Kamikakushi
  • Tahun: Summer 2001
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Adventure, Supernatural, Drama

Anime movie ini menceritakan mengenai Chihiro, seorang gadis berusia 10 tahun yang akan pindah ke daerah terpencil bersama orang tuanya.

Dalam perjalanan, Chihiro bersama orang tuanya tersesat karena masuk ke hutan dan menemukan sebuah taman hiburan yang terbengkalai.

Kemudian mereka mumutuskan untuk masuk ke dalam, tetapi orang tua Chihiro berubah menjadi babi setelah menyantap makanan di restoran.

Di sana, Chihiro melihat hal-hal yang aneh sebab dirinya ternyata telah masuk ke dunia roh, lalu ia juga bertemu dengan seorang pemuda misterius bernama Haku.

Dengan bantuan Haku, Chihiro berusaha untuk menyelamatkan orang tuanya serta kembali ke dunia asalnya sambil bekerja agar bisa bertahan hidup di dunia roh.

4. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Ookami Kodomo no Ame to Yuki
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: Studio Chizu
  • Genre: Fantasy, Slice of Life

Mengisahkan tentang Hana, seorang mahasiswa yang membiayai kuliahnya dengan beasiswa dan mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja paruh waktu.

Pada suatu hari di musim panas, Hana bertemu dengan seorang pria misterius yang ikut belajar di kelas, tetapi bukan merupakan mahasiswa di universitas tempatnya kuliah.

Hana jatuh cinta kepada pria misterius tersebut, meski mengetahui bahwa sebenarnya dia adalah manusia serigala dan memutuskan untuk hidup bersama sebagai sebuah keluarga.

Hana dikarunia dua orang anak, yaitu Ame dan Yuki yang bisa berubah wujud menjadi serigala. Namun, setelah pria tersebut meninggal, Hana harus merawat kedua anaknya sendirian.

Selain itu, Hana juga harus melewati masa-masa sulit sebagai seorang single parent dan berusaha untuk menjaga Ame dan Yuki agar tidak berubah wujud menjadi serigala di depan umum.

Baca Juga: 12 Anime Mirip Gakuen Babysitters Tentang Mengasuh Anak Kecil

5. Howl no Ugoku Shiro

Howl no Ugoku Shiro
  • Tahun: Fall 2004
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Romance

Cerita bermula saat Shopie Hatter, seorang gadis pembuat topi bertemu dengan seorang penyihir bernama Howl yang tinggal di Kastil Bergerak.

Namun, pertemuan dengan Howl menyebabkan Shopie terlibat masalah dengan seorang penyihir dari Pembuangan sehingga dia dikutuk menjadi wanita tua.

Untuk mematahkan mantra agar menjadi normal kembali, Shopie berpetualang bersama Howl dan sahabat-sahabatnya yang unik dengan tinggal di Kastil Bergerak.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Magic Terbaik Dipenuhi Keajaiban

6. Kimi no Suizou wo Tabetai

Kimi no Suizou wo Tabetai
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: Studio VOLN
  • Genre: Drama

Cerita berlatar di bulan april saat bunga sakura masih bermekaran, seorang kutu buku bernama Shiga Haruki menemukan sebuah buku catatan di ruang tunggu rumah sakit.

Pada sampulnya terdapat tulisan tangan "Hidup dengan Sekarat". Ternyata pemilik buku catatan tersebut adalah teman sekelasnya yang populer dan ceria, Yamauichi Sakura.

Sakura mengungkapkan kepada Haruki bahwa dirinya mengidap penyakit pankreas dan hanya memiliki waktu yang sangat terbatas sehingga menulis catatan sebelum meninggal.

Sakura juga meminta Haruki agar merahasiakan penyakitnya dari orang-orang dan menemaninya untuk menghabiskan sisa-sisa hidupnya dengan menjalani kehidupan yang normal.

7. Kara no Kyoukai (Movie Series)

Kara no Kyoukai
  • Tahun: Fall 2007
  • Studio: ufotable
  • Genre: Action, Mystery, Supernatural, Thriller

Kisah berlatar pada tahun 1998 saat serangkaian kasus bunuh diri misterius yang dilakukan siswa sekolah menengah terjadi secara acak di Gedung Fujou hingga membuat warga dan polisi Jepang kebingungan.

Akan tetapi, sebuah agen detektif yang khusus menangani kejadian supernatural mengatakan bahwa ada kesamaan pada kasus yang terjadi, misalnya seluruh korban mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari atas Gedung Fujou yang akan dirobohkan.

Untuk menyelidiki penyebab serangkaian kasus bunuh diri tersebut, kepala agensi, magus Touko Aozaki mengirim Shiki Ryougi yang mempunyai "Mystic Eyes of Death Perception", kemampuan abnormal untuk melihat dan mengakhiri segala sesuatu.

8. Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou
  • Tahun: Winter 2018
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Drama, Fantasy

Mengisahkan tentang Maquia, seorang anggota bangsa Iorph yang merasa kesepian, meskipun dikelilingi oleh orang-orang tersayang sebab ia tidak memiliki orang tua sejak kecil.

Bangsa Iorph adalah sebuah ras yang bisa hidup selama ratusan tahun dengan penampilan yang tidak banyak berubah dan menjalani kehidupan terpisah dari peradaban manusia biasa.

Suatu hari, tentara Kerajaan Mesarte menyerang bangsa Iorph karena Raja ingin memperpanjang usia keturunannya dengan menikahi wanita dari suku Iorph, tetapi Maquia berhasil melarikan diri.

Dalam pelarian, Maquia menemukan bayi tanpa orang tua dan memutuskan untuk merawat bayi tersebut dengan memberinya nama Ariel, meski ia tidak apapun mengetahui tentang dunia luar.

9. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e
  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural

Kisahnya dimulai saat berusia 6 tahun, Takegawa Hotaru yang menghabiskan libur musim panas di rumah pamannya tersesat di hutan Dewa Gunung yang konon merupakan tempat tinggal para Roh.

Setelah berkeliling mencari jalan pulang hingga tidak kuat berjalan, seorang pemuda bertopeng bernama Gin muncul dari kejauhan saat Hotaru mulai menangis karena ketakutan dan kesepian.

Tetapi, Gin mengatakan bahwa jika bersentuhan dengan manusia, dirinya akan menghilang atau hidupnya akan berakhir karena konsekuensi dari mantra yang diberikan Dewa Gunung kepadanya.

Setelah Gin membantu Hotaru untuk keluar dari hutan, Hotaru selalu datang ke rumah pamannya di setiap libur musim panas untuk menghabiskan waktunya dengan bermain bersama Gin di hutan.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Sedih Bikin Nyesek Sampai Nangis

10. Bakemono no Ko

Bakemono no Ko
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: Studio Chizu
  • Genre: Adventure, Supernatural

Mengisahkan mengenai Ren, seorang anak yang ingin hidup sendirian setelah kehilangan ibunya karena kecelakaan lalu lintas dan ayahnya tidak diketahui keberadaannya.

Ren melarikan diri sebab menolak untuk tinggal bersama walinya. Namun, saat sedang berlarian di jalanan Shibuya, dirinya secara tidak sengaja masuk ke Dunia Binatang.

Di sana, Ren melihat para binatang bertingkah layaknya manusia dan ia juga bertemu dengan Kumatetsu, monster beruang yang merupakan kandidat Dewa Binatang yang baru.

Karena untuk menjadi penerus Dewa Binatang harus mengangkat seorang murid, Kumatetsu memutuskan mengangkat Ren menjadi murid dan memberinya nama baru Kyuuta.

Meskipun awalnya menolak, Ren setuju untuk menjadi murid Kumatetsu setelah mengetahui bahwa Kumatetsu juga hidup seorang diri dan mereka saling belajar dari satu sama lain.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Isekai Terbaik, Serunya Pindah Ke Dunia Lain!

11. Stranger: Mukou Hadan

Stranger: Mukou Hadan
  • Tahun: Summer 2007
  • Studio: Bones
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Samurai

Kisah berlatar pada periode Sengoku di Jepang, seorang anak yatim piatu bernama Kotarou dan anjingnya, Tobimaru diburu pasukan yang diutus oleh Dinasti Ming dari Cina karena suatu alasan yang belum diketahui.

Saat hampir tertangkap, Kotarou dan Tobimaru diselamatkan oleh seorang ronin yang misterius bernama Nanashi. Akan tetapi, Tobimaru terluka akibat terkena racun dari senjata musuh setelah berusaha melindungi Kotarou.

Untuk menyelamatkan Tobimaru yang sekarat, Kotarou meminta Nanashi mengawal dirinya ke tujuan. Meski awalnya tidak ingin terlibat lebih jauh, Nanashi berubah pikiran setelah Kotarou menawarkan permata sebagai imbalan.

Dalam perjalanan, ketiganya harus menghadapi musuh yang kuat dan berbahaya karena Dinasti Ming telah mengirim sekelompok pendekar dan salah satunya ialah Rorou, seorang ahli pedang yang menakutkan untuk menangkap Kotarou.

12. Kono Sekai no Katasumi ni

Kono Sekai no Katasumi ni
  • Tahun: Fall 2016
  • Studio: MAPPA
  • Genre: Historical, Drama, Seinen

Bercerita tentang seorang gadis bernama Urano Suzu yang pada tahun 1944 pindah ke kota Kure di Hiroshima setelah menikah dengan seorang pelaut muda bernama Shuusaku Houjou.

Karena ibu mertuanya mengalami sakit di kaki, Suzu menjadi sangat dibutuhkan oleh keluarga barunya untuk membantu dalam mengerjakan tugas rumah tangga supaya ibu metuanya bisa beristirahat.

Selama masa parang, Suzu harus menyiapkan makan untuk keluarganya secara kreatif akibat persediaan bahan makanan berkurang karena perang terus berlanjut dan serangan semakin gencar terjadi.

Pada tahun 1945, pengeboman yang dilakukan oleh militer AS akhirnya sampai ke wilayah Kure dan menghancurkan kota. Meski kehidupannya berubah, Suzu tetap melalui hidupnya dengan tekun dan berani.

13. Redline

Redline
  • Tahun: Summer 2009
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Sci-Fi, Cars, Sports

Ceritanya berlatar di masa depan saat kendaraan sudah tidak memakai roda sebab digantikan oleh mesin anti-gravitasi, tetapi masih ada orang yang memiliki semangat balapan menggunakan mobil retro beroda.

Seorang pembalap bernama JP "Si Pria Ramah" hampir memenangkan race YELLOWLINE, tetapi saat menjelang finish, mobilnya meledak karena disabotase oleh sahabat sekaligus mekaniknya, Frisbee sehingga dirinya terluka parah.

Ketika di rumah sakit, JP mendapat kabar bahwa dirinya terpilih sebagai penganti untuk ikut serta dalam REDLINE, sebuah race paling berbahaya di seluruh galaksi yang tidak mempunyai peraturan setelah ada seorang peserta menundurkan diri.

JP akan mengikuti race yang diadakan di planet Roboworld yang pemimpinnya menolak REDLINE dan berusaha untuk menghentikan race dengan menggunakan segala cara bahkan mengerahkan kekuatan militer sebab tidak ingin rahasia militer planetnya terbongkar.

14. Toki wo Kakeru Shoujo

Toki wo Kakeru Shoujo
  • Tahun: Summer 2006
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Sci-Fi, Adventure, Drama, Romance

Mengisahkan tentang seorang siswi kelas 3 SMA bernama Makoto Konno yang merasa bingung untuk menentukan pilihan masa depan setelah lulus dari sekolah.

Karena sebuah kecelakaan, Makoto secara tidak sengaja menemukan bahwa dirinya mempunyai kemampuan untuk melompati waktu (time leap) sehingga hidupnya perlahan mulai berubah.

Makoto menggunakan kekuatannya hanya untuk membuat hidupnya menjadi lebih mudah, tetapi semakin sering melompati waktu, dia menyadari bahwa ternyata ada konsekuensi tersendiri pada setiap pilihan.

15. Tokyo Godfathers

Tokyo Godfathers
  • Tahun: Fall 2003
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Comedy, Drama

Bercerita tentang 3 orang tunawisma yang hidup di jalanan kota Tokyo, yaitu Miyuki, seorang gadis yang kabur dari rumah, Hana, seorang waria dan Gin, seorang lelaki pemabuk.

Pada malam natal, mereka menemukan seorang bayi di antara tumpukan sampah, lalu Hana yang bermimpi ingin mempunyai anak membawa bayi tersebut dan menamainya Kiyoko.

Keesokan harinya, mereka bertiga memutuskan untuk mencari ibu kandung Kiyoko berdasarkan sedikit informasi dari barang-barang yang ada di sampingnya saat pertama ditemukan.

16. Yoru wa Mijikashi Arukeyo Otome

Yoru wa Mijikashi Arukeyo Otome
  • Tahun: Spring 2017
  • Studio: Science SARU
  • Genre: Comedy, Romance

Mengisahkan tentang seorang mahasiswa yang jatuh cinta kepada juniornya dan bekerja keras menyusun strategi untuk mendapatkan hatinya dengan sesering mungkin tampil di depannya.

Setiap hari, ia selalu menatap juniornya untuk menentukan momen yang tepat supaya dapat menciptakan pertemuan yang nampak seperti sebuah kebetulan yang dituntun oleh benang takdir.

Namun hubungan mereka berdua sama sekali tidak berkembang, meskipun juniornya percaya bahwa semua yang telah terjadi kepada dirinya dan orang-orang di sekitarnya terhubung oleh benang takdir.

Suatu malam di Kyoto, saat mengetahui bahwa juniornya sedang mencari buku miliknya waktu masih kecil yang dijual di pasar buku bekas, dia berusaha menemukan buku tersebut sebelum juniornya untuk mendapatkan cintanya.

Baca Juga : 30 Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik, Lucu Tapi Bikin Baper

17. Kaguya-hime no Monogatari

Kaguya-hime no Monogatari
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Fantasy, Historical

Anime movie ini bercerita tentang Putri Kaguya berdasarkan cerita rakyat dari Jepang. Kisahnya berawal ketika seorang kakek pemotong bambu melihat cahaya bersinar dari salah satu pohon bambu.

Karena penasaran, ia mendekati pohon tersebut dan menemukan seorang anak perempuan yang mungil dengan tinggi hanya 9 cm, tetapi sangat manis dan lucu muncul dari dalam rebung yang baru mekar.

Kakek pemotong bambu memutuskan merawat anak perempuan yang keluar dari dalam rebung dengan membawanya pulang ke rumah karena menganggap anak tersebut sebagai berkah dari langit.

Setelah mengasuh dan membesarkan anak yang ditemukannya di dalam hutan, kakek pemotong bambu menjadi sangat kaya karena menemukan emas dan pakaian yang indah dari dalam batang bambu.

Dalam tiga bulan, anak yang dirawatnya tumbuh menjadi seorang putri yang sangat cantik dengan kecantikan yang tak tertandingi dan orang-orang mengenalnya sebagai Putri Kaguya (Nayotake no kaguya-hime).

18. Sennen Joyuu

Sennen Joyuu
  • Tahun: Summer 2002
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Historical, Romance

Cerita bermula ketika fasilitas Studio Ginei yang sudah usang dirobohkan dan seorang pembuat film sekaligus mantan karyawan mereka, Genya Tachibana memutuskan untuk membuat sebuah film dokumenter sebagai peringatan mengenai Chiyoko Fujiwara.

Chiyoko Fujiwara adalah seorang aktris terkenal dari Studio Ginei yang telah mendukung sejarah perusahaan, tetapi pensiun dari dunia perfilman sejak 30 tahun yang lalu dan kini hidup dengan mengasingkan diri di suatu daerah pegunungan terpencil.

Setelah mendapat izin untuk mewawancarainya, Genya bersama seorang juru kamera, Kyouji Ida berusaha menemukan Chiyoko untuk bertemu dengannya dan sekali lagi mengembalikan aktris yang sangat diidolakannya itu ke dalam sorotan kamera.

Chiyoko teringat kembali akan banyak kenangan dalam hidupnya dan perjalanan karirnya sebagai seorang aktris, lalu saat dia mulai menceritakan tentang perjalanan hidupnya, Genya dan Kyouji seolah-olah terbawa masuk dan sedang berada di dalam ingatannya.

19. Kotonoha no Niwa

Kotonoha no Niwa
  • Tahun: Spring 2013
  • Studio: CoMix Wave Films
  • Genre: Slice of Life, Psychological, Drama, Romance

Bercerita mengenai seorang siswa SMA bernama Takao Akizuki yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu dan sering membolos pada jam pelajaran pertama saat turun hujan.

Ketika turun hujan di pagi hari, Takao membolos dari sekolah dengan pergi ke gazebo yang ada di sebuah taman untuk menggambar sketsa desain sepatu dan menunggu hujan reda.

Di sana, Takao bertemu dengan seorang wanita misterius bernama Yukari Yukino yang juga suka membolos dari pekerjaannya sambil minum bir dan makan coklat ketika turun hujan.

Sepanjang musim hujan, mereka sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama ketika hujan turun di pagi hari. Namun, hubungan keduanya akan diuji pada saat musim hujan berakhir.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Slice Of Life Terbaik Tentang Keseharian

20. Omoide no Marnie

Omoide no Marnie
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Mystery, Psychological, Drama

Mengisahkan tentang seorang gadis berusia 12 tahun bernama Anna Sasaki yang menderita penyakit asma yang sering kambuh dan sangat membenci dirinya sendiri karena pendiam dan pemurung.

Saat penyakitnya tiba-tiba kambuh di sekolah, dokter menyarankan kepada orang tua angkat Anna untuk mengirimnya ke suatu tempat agar tidak stress dan kondisinya bisa menjadi lebih baik.

Maka dari itu pada saat libur musim panas, Anna dikirim oleh orang tua angkatnya ke pedesaan di sebuah daerah tepi pantai yang udaranya masih sangat bersih dan memiliki suasana yang tenang.

Di sana, Anna tinggal dengan bibi dan pamannya untuk menghabiskan hari-hari musim panas, lalu dia juga bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Marnie yang tinggal di sebuah rumah di pinggir rawa.

21. Kaze Tachinu

Kaze Tachinu
  • Tahun: Summer 2013
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Drama, Historical, Romance

Anime ini menceritakan tentang Jiro Hirokoshi (perancang pesawat Mitsubishi A6M Zero) saat berusaha menggapai mimpinya untuk menjadi seorang insinyur ilmu penerbangan.

Jiro ingin merancang pesawat terbang karena terinspirasi oleh seorang insinyur aeronautika asal Italia bernama Giovanni Battista Caproni yang dilihatnya dari majalah penerbangan.

Dalam mewujudkan cita-citanya, Jiro berjuang bersama sahabatnya, Kiro Honjo yang nantinya juga akan bekerja menjadi perancang pesawat tipe bomber di perusahaan Mitsubishi.

Namun, perjalanan Jiro tidaklah mudah karena ada banyak rintangan yang menghadang, mulai dari Gempa Besar Kanto pada tahun 1923, Great Depression tahun 1930, hingga Perang Dunia II.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Military Terbaik Yang Penuh Dengan Pertempuran

22. Summer Wars

Summer Wars
  • Tahun: Summer 2009
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Sci-Fi, Comedy

Bercerita mengenai Kenji Koiso, seorang siswa jenius dalam bidang matematika yang bekerja sebagai moderator part-time untuk melakukan perwatan sistem tambahan di dunia vitual, OZ.

Suatu hari, Kenji mendapat tawaran kerja paruh waktu dari seniornya, Natsuki Shinohara untuk ikut dengannya pulang ke desa pada saat ulang tahun neneknya yang ke-90 di musim panas.

Tetapi setelah tiba di rumah neneknya di Ueda, Natsuki mengenalkan Kenji kepada nenek dan keluarga besarnya sebagai tunangannya untuk membuat neneknya senang.

Kenji juga menerima sebuah pesan berisi kode yang dikirim oleh orang misterius dan mencoba untuk memecahkannya. Namun, hal itu justru membuat dirinya dituduh sebagai hacker yang telah merusak sistem OZ.

Setelah sistem OZ diretas, dunia menjadi kacau dan terancam bahaya sebab orang-orang sangat mengandalkan OZ di berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi, bekerja, berbelanja, hingga berbisnis.

Dengan bantuan keluarga Natsuki yang punya pengaruh besar sebagai keturunan dari seorang samurai yang menantang klan Tokugawa, Kenji berusaha menghentikan Love Machine, sebuah A.I. peretas yang merusak sistem OZ.

Baca Juga: Anime Dengan Karakter Utama Cerdas Dan Jenius

23. Eve no Jikan (Movie)

Eve no Jikan
  • Tahun: Winter 2010
  • Studio: Studio Rikka
  • Genre: Sci-Fi, Slice of Life

Anime movie Eve no Jikan adalah versi lengkap berisi cerita semua ONA dan tambahan adegan baru tentang latar belakang beberapa karakter.

Ceritanya berlatar di masa depan di Jepang saat robot android menyerupai manusia telah banyak digunakan untuk kegiatan manusia sehari-hari.

Suatu hari, seorang siswa SMA bernama Rikou menemukan sebuah perilaku yang aneh setelah memeriksa log perilaku dari android miliknya, Sammy.

Oleh sebab itu, dia bersama temannya, Masaki memutuskan untuk menyelidiki Sammy dengan mendatangi tempat yang telah dikunjunginya.

Ternyata Sammy pergi ke sebuah kafe bernama Eve no Jikan yang mempunyai peraturan bahwa android dan manusia harus diperlakukan sama.

24. Sakasama no Patema

Sakasama no Patema
  • Tahun: Fall 2013
  • Studio: Studio Rikka, Purple Cow Studio Japan
  • Genre: Adventure, Sci-Fi

Mengisahkan mengenai seorang gadis bernama Patema yang tinggal di dunia bawah tanah dan sering datang ke "Zona Terlarang" karena ingin melihat tempat yang berbeda.

Suatu hari saat pergi ke Zona Terlarang, Patema terjatuh ke sebuah lubang besar yang terhubung dengan dunia atas setelah dirinya diserang oleh "Manusia Kelelawar".

Ketika hampir "terjatuh ditelan langit", Patema diselamatkan oleh Eiji, seorang siswa dari dunia atas disebut Aiga yang berjanji akan mengantar Patema kembali.

Akan tetapi, polisi keamanan berencana untuk menangkap Patema karena dia adalah bangsa terbalik yang dianggap sebagai keturuan orang-orang berdosa yang akan ditelan oleh langit.

25. Kokoro ga Sakebitagatterunda.

Kokoro ga Sakebitagatterunda.
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Drama, Romance, School

Bercerita mengenai Jun Naruse, seorang gadis cerewet yang sangat mengagumi istana megah yang berada di balik gunung, yang sebenarnya merupakan hotel melati.

Jun mempunyai impian bahwa suatu saat nanti, dirinya berharap bisa berdansa di istana dengan pangeran yang tampan.

Suatu hari, ia melihat ayahnya keluar dari istana bersama seorang gadis kemudian memberitahu ibunya sebab mengira ayahnya adalah pangeran.

Karena kecerewetannya, orang tua Jun bercerai dan ia juga disalahkan atas perceraian ayah dan ibunya sehingga dirinya merasa sangat bersalah.

Penyesalan Jun bermanifestasi menjadi sebuah telur peri yang mengunci kata-katanya supaya dirinya bisa hidup bahagia dan tidak menyakiti orang lain.

Bahkan sampai SMA, Jun tidak pernah berbicara karena perutnya terasa sakit saat mengucapkan kata-kata sehingga teman-temannya menyangka bahwa Jun tidak bisa bicara.

Namun, Jun tiba-tiba dipilih untuk tampil dalam drama musikal bersama 3 teman kelasnya, yaitu Takumi Sakagami, Natsuki Nito, dan Daiki Tasaki.

26. Paprika

Paprika
  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Dementia, Fantasy, Horror, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Thriller

Menceritakan tentang tiga orang ilmuwan, yaitu Atsuko Chiba, Shima Torataro dan Kosaku Tokita yang berkerja sebagai peneliti di institusi untuk Psychiatric Research.

Ketiganya mengembangkan "DC Mini", sebuah perangkat yang dapat membuka pintu menuju mimpi, yang memungkinkan seseorang untuk berbagi mimpi dengan orang lain.

Namun, seseorang telah mencuri DC Mini, lalu menyalahgunakannya untuk melakukan teror dengan cara memasuki pikiran orang lain agar mimpi dan kenyataan menjadi satu.

Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk merebut kembali DC Mini dan menghentikan teror dengan bantuan dari seorang wanita misterius bernama Paprika serta seorang detektif bernama Toshimi Konakawa.

27. Tekkon Kinkreet

Tekkon Kinkreet
  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Studio 4°C
  • Genre: Action, Adventure, Psychological, Supernatural

Mengisagakan tentang 2 anak yatim piatu, yaitu Kuro dan adiknya, Shiro yang tinggal di jalanan kota Takara. Mereka dikenal sebagai Neko yang menguasai kota.

Kota Takara adalah sebuah tempat yang kacau dengan beragam kelompok kriminal, sehingga banyak penduduknya yang menyerah dan pergi meninggalkan kota.

Namun, Kuro dan Shiro justru menjadikan kota Takara sebagai tempat bermain untuk bertarung melawan Yakuza dan orang-orang yang berniat menguasai kota.

Hingga saat seorang investor asing berencana menghancurkan kota untuk membuat sebuah taman hiburan, Kuro dan Shiro harus berusaha untuk melindungi kota Takara.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Action Terbaik Dengan Pertarungan Seru!

28. Karigurashi no Arrietty

Karigurashi no Arrietty
  • Tahun: Summer 2010
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Fantasy

Mengisahkan tentang Arrietty, seorang manusia mini berukuran kurang lebih 4 sentimeter yang hidup bersama keluarganya di bawah rumah di sebuah daerah pedesaan.

Untuk menjalani hidup, Arrietty dan keluarganya sering "meminjam" kebutuhan hidup sehari-hari kepada pemilik rumah, sehingga mereka disebut sebagai "Borrower".

Suatu malam ketika pergi meminjam bersama ayahnya, Arrietty terpergok oleh seorang anak manusia berusia 12 tahun bernama Shou yang sedang berkunjung ke rumah bibinya.

Karena mereka menganggap bahwa dilihat oleh manusia merupakan hal yang tabu, ayah Arrietty berencana untuk membawa keluarganya pindah dengan mencari tempat tinggal yang baru.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik Dan Terpopuler

29. Coquelicot-zaka kara

Coquelicot-zaka kara
  • Tahun: Summer 2011
  • Studio: Studio Ghibli
  • Genre: Historical, Romance, School, Shoujo

Film anime ini bercerita tentang seorang siswa bernama Umi Matsuzaki yang tinggal di rumah kos milik keluarganya yang berada di atas bukit setelah kehilangan ayahnya saat Perang Korea.

Setiap pagi Umi selalu mengibarkan signal flag untuk mengenang ayahnya serta mengerjakan tugasnya untuk mengelola rumah kost dengan menyiapkan keperluan penghuni kost yang lain.

Suatu hari, Umi bertemu dengan Shun Kazama, seorang siswa yang berusaha menarik perhatian dengan cara melompat dari atap gedung untuk menyelamatkan bangunan klub tua yang akan dirobohkan.

Awalnya Umi tidak peduli dengan yang dilakuan oleh Shun. Namun, dia mulai bekerjasama untuk membantu Shun menyelamatkan bangunan klub supaya tidak jadi diruntuhkan karena jatuh cinta kepadanya.

30. Colorful

Colorful
  • Tahun: Summer 2010
  • Studio: Sunrise, Ascension
  • Genre: Slice of Life, Supernatural, Drama

Cerita berawal saat seseorang yang seharusnya sudah meninggal dunia setelah melakukan dosa besar terpilih dan diberikan kesempatkan sekali lagi untuk kembali ke dunia.

Meski awalnya menolak, dia tidak punya pilihan karena keputusan bos adalah mutlak dan dirinya akan dieliminasi dari siklus reinkarnasi sehingga tidak bisa terlahir kembali jika menolak.

Dia juga bertemu dengan Purapura, seorang anak laki-laki yang akan menjadi pemandunya menuju dunia, yang memberitahukan bahwa dirinya akan menjadi pemuda bernama Makoto Kobayashi.

Makoto Kobayashi adalah seorang siswa kelas 3 SMP yang akan mati karena mencoba bunuh diri dengan meminum obat, sehingga ketika Makoto mati dan rohnya meninggalkan tubuh, dia bisa masuk sebagai penggantinya.

Dengan begitu, dia mulai menjalani hidupannya sebagai Makoto untuk melewati masa percobaan agar diizinkan kembali ke siklus reinkarnasi dan bisa mengingat dosa besar yang telah dilakukan.
 

Start typing and press Enter to search