WHO Tetapkan Kecanduan Bermain Game Sebagai Gangguan Mental

Pada awal tahun 2018 yang lalu, Badan Kesehatan Dunia atau WHO secara resmi telah memasukan kecanduan bermain game kedalam draft beta ICD-11. Hal ini menunjukan bahwa kecanduan bermain game termasuk dalam penyakit yang mengganggu kesehatan mental. Sekedar informasi, ICD adalah suatu sistem yang berisi mengenai daftar penyakit yang dikeluarkan oleh WHO.

WHO berharap dengan dimasukannya kecanduan game dalam kategori ini, orang-orang akan serius mencegah, mengatasi, serta membatasi gangguan mental yang juga disebut dengan gaming disorder ini.

WHO Tetapkan Kecanduan Bermain Game Sebagai Gangguan Mental

Indikasi Gaming Disorder

WHO juga menjelaskan bahwa tidak semua orang yang memainkan game termasuk dalam penderita gangguan mental. Lebih lanjut, WHO menjelaskan bahwa terdapat indikasi yang membuat seseorang dikatakan sebagai pecandu game yang menderita gangguan mental.

Indikasi gaming disorder.
  1. Saat seseorang tidak mampu mengontrol diri untuk tidak memainkan game. Pada tahap ini, penderita bahkan tidak akan menghiraukan dampak negatifnya bagi kesehatan.
  2. Saat seseorang menganggap bahwa bermain game merupakan prioritas di dalam hidupnya, sehingga akan melalaikan hal-hal yang jauh lebih penting, contohnya berkumpul bersama keluarga, beristirahat, makan, dan lain-lain.
  3. Saat seseorang tetap bermain game meskipun telah merasakan dampak negatifnya. Misalnya seseorang yang tetap bermain game, padahal dia hampir mengalami kebutaan akibat terlalu lama menatap layar smartphone atau PC.

Dampak Buruk Kecanduan Bermain Game

Bukan hanya berpengaruh buruk pada kesehatan mental, kecanduan bermain game juga memberi pengaruh buruk pada kesehatan, terlebih apabila tingkat kecanduannya ini sudah sangat parah.

Dijelaskan oleh dr. Karin Wiradarma, bahwasanya kecanduan game bukan hanya dapat mengganggu pekerjaan, studi ataupun psikososial. Namun, jika tingkat kecanduannya sudah sangat parah, maka juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Bagaimana mungkin? Jelas mungkin karena setiap orang yang mengalami kecanduan berat pastinya akan mengabaikan makan, minum, tidur, bahkan ke kamar kecil.

Padahal seperti yang telah kita ketahui, semua hal itu sangat penting untuk kelangsungan hidup. Jika hal penting seperti ini diabaikan, maka orang yang kecanduan bermain game menpunyai resiko cukup tinggi bisa mengalami malnutrisi, dehidrasi bahkan ancaman penyakit yang lainnya juga.


Mencegah dan Menanggulangi Gaming Disorder

Berkaitan dengan pencegahan, tentu yang harus dilakukan ialah mengingatkan orang-orang sekitar yang sekiranya menunjukan tanda-tanda terkena gaming disorder dengan memberikan pengertian betapa berbahayanya dampak negatif kecanduan bermain game, dan apabila kamu juga merupakan penggemar game, mulai dari sekarang mari batasi waktu dalam bermain game.

Alihkan keinginan untuk bermain game dengan mengerjakan aktifitas lain yang lebih bermanfaat. Namun, apabila tingkat kecanduan sudah sangat parah, sebaiknya segera pergi ke psikiater untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

 

Start typing and press Enter to search