Gamer Wajib Tahu! Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Saat ini bermain game menjadi salah satu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang, terutama untuk mereka yang mengaku sebagai gamers atau pecinta game.

Tidak dapat dipungkiri, kebanyakan pecinta game atau gamer bahkan menganggap bahwa hidupnya akan menjadi sangat membosankan tanpa adanya game. Terlebih sekarang mulai banyak jenis game dengan berbagai platform.

Akan tetapi, layaknya uang koin yang mempunyai dua sisi mata uang, game juga dapat memberikan dampak positif serta dampak negatif bagi pemain. Adapun dampak positif dan negatif bermain game adalah sebagai berikut.
Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Dampak Positif Bermain Game

1. Pintar Berbahasa Inggris

Seorang player game akan lebih pintar berbahasa Inggris apabila mengatur bahasa dalam game yang dimainkan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, rata-rata game hanya menyediakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, sehingga dengan bermain game, seorang gamer akan lebih terbiasa dengan bahasa Inggris.

2. Menambah Pertemanan

Selain menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris, bermain game juga dapat membuat pemainnya memiliki lebih banyak teman. Terutama apabila game yang dimainkannya adalah game online.

Sebab ada banyak pemain dari berbagai negara berkumpul serta bermain bersama dalam game online tanpa memandang usia maupun wilayah, sehingga kemungkinan untuk berkenalan atau menambah teman menjadi lebih besar.

3. Membantu Mengurangi Stress

Manfaat dari bermain game yang lain ialah dapat membantu dalam mengurangi stress, sebab pada dasarnya game diciptakan sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang saat merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari.

4. Lebih Cepat Mengambil Keputusan

Hal ini terjadi karena dalam bermain game, pemain harus mampu untuk mengambil keputusan dengan cepat. Apabila terlalu lama untuk membuat sebuah keputusan, maka kemungkinan besar pemain akan mengalami kekalahan saat bermain.

Jenis game yang bisa membuat pemain lebih cepat dalam mengambil keputusan ialah game bergenre strategi, sebab game jenis ini menuntut pemainnya agar dapat berpikir dengan cepat untuk membuat keputusan dalam menentukan langkah yang akan diambil berikutnya.

Dampak Negatif Bermain Game

1. Menjadi tidak Konsentrasi

Salah satu dampak negatif bermain game adalah bisa membuat pemain tidak konsentrasi dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Dampak buruk ini akan terjadi apabila pemain sangat menyukai game yang dimainkan, sehingga menjadikannya tidak peduli terhadap hal-hal di sekitarnya.

2. Menjadi Malas

Selain menjadi tidak berkonsentrasi terhadap hal yang dilakukan, bermain game juga bisa membuat pemain lupa waktu, sehingga akan menjadi malas. Apalagi jika game yang dimainkan mengharuskan pemain untuk meningkatkan level.

Kebanyakan pemain menentukan terlebih dahulu level yang ingin dicapai. Namun, jika gagal, pemain akan terus berupaya untuk menggapai target yang telah ditentukan. Sedangkan, jika berhasil, pemain biasanya akan lebih terpacu untuk meningkatkan levelnya sehingga merasa malas untuk melakukan kegiatan yang lain.

3. Merusak Mata

Sudah sejak lama, bermain game diketahui dapat menyebabkan penglihatan menjadi rusak. Apalagi saat bermain dengan waktu berjam-jam lamanya hingga mata terasa perih dan berair.

Jika hanya terjadi satu kali mungkin tidak masalah, tetapi apabila terlalu sering dan dilakukan dengan posisi yang salah, misalnya sambil berbaring, maka bersiaplah untuk mulai menggunakan kacamata.

4. Terkena Gangguan Mental

Sekitar awal 2018 lalu, WHO secara resmi telah menetapkan kecanduan bermain game sebagai penyakit gangguan mental yang disebut dengan gaming disorder. Meskipun pada awalnya game diciptakan untuk hiburan, tetapi apabila pemain sudah kecanduan bermain game, maka banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan, entah itu secara sosial maupun bagi kesehatan tubuh.



 

Start typing and press Enter to search