Cara Menghemat Kuota Internet Di Smartphone Android

Meskipun sedang memiliki banyak kuota internet, kamu tetap harus mengingat bahwa kuota adalah persediaan data internet yang sebaiknya dihemat untuk keperluan paling penting dalam berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, sangat disarankan supaya tidak terlalu asyik saat internetan, apalagi sampai lupa dengan kuota yang dimiliki.

Selain alasan tersebut, untuk membeli kuota juga dibutuhkan sejumlah uang sehingga ketika kamu tidak berusaha untuk menghemat kuota internet, maka secara tidak langsung artinya kamu sudah membuang uang yang digunakan untuk membeli paket internet. Lalu bagaimana cara menghemat kuota internet? Berikut ini tips dan triknya.

Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

Cara Menghemat Kuota Internet Di Android

1. Gunakan Browser Yang Efisien

Cara pertama untuk menghemat kuota internet ialah dengan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini atau Google Chrome. Hal ini karena browser yang kamu gunakan juga berpotensi untuk menjadikan kuota lebih cepat habis, terutama apabila menggunakan browser bawaan smartphone.

2. Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Cara lain untuk membuat kuota internet menjadi lebih hemat adalah dengan menggunakan aplikasi pengkompresi data. Cukup banyak aplikasi seperti ini, kamu hanya perlu memilih aplikasi mana yang ingin digunakan.

3. Batasi Update Aplikasi Saat Tidak Terhubung dengan Wifi

Terkadang, tanpa disadari ada beberapa aplikasi di smartphone yang melakukan update otomatis saat terhubung ke internet. Jika hanya ada satu aplikasi mungkin tidak masalah, tetapi saat banyak aplikasi melakukan update secara otomatis, pastinya akan membuat kuota lebih cepat habis.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera ubah pengaturan update aplikasi smartphone menjadi hanya update saat terhubung dengan Wifi, sehingga dengan cara ini, aplikasi pada smartphone tidak akan diupdate secara otomatis ketika terhubung dengan internet dan kuota juga akan menjadi lebih hemat.

4. Batasi Penggunaan Data

Cara menghemat kuota di android yang lain ialah dengan menetapkan batas penggunaan data. Saat menggunakan fitur ini, setiap kali pemakaian data melebihi batas yang telah ditentukan maka kamu akan mendapat peringatan atau data seluler akan dinonaktifkan secara otomatis.

Selain itu, jangan lupa pastikan bahwa penggunaan data seluler di latar belakang juga dibatasi karena hal ini bisa membuat kuota internet menjadi lebih hemat, meskipun notifikasi akan sedikit terlambat. Selanjutnya, batasi juga penggunaan data di setiap aplikasi karena beberapa aplikasi mempunyai opsi atau pengaturan datanya sendiri.

5. Matikan Opsi Sinkronisasi Saat Tidak Diperlukan

Umumnya beberapa akun di smartphone android akan melakukan sinkronisasi secara otomatis saat opsi sinkronisasi diaktifkan dan terhubung dengan internet. Proses ini akan membuat kuota internet banyak terpakai dan sering terjadi tanpa disadari. Oleh sebab itu, untuk menghemat kuota internet, sebaiknya matikan opsi sinronisasi otomatis saat tidak dibutuhkan.

6. Ganti Maps Menjadi Mode Offline

Bagi sebagian orang, maps di smartphone android akan sangat membantu untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, ketika fitur ini dibiarkan terus menerus dalam mode online, maka kuota internet akan terkuras dalam waktu yang singkat. Terlebih saat menggunakan layanan tambahan seperti turn-by-turn directions, maps mode satelit dan melihat real-time traffic, jangan heran apabila kuota akan cepat habis. Oleh sebab itu, sebaiknya pakai maps saat benar-benar membutuhkan atau ganti dengan maps mode offline.

Demikian tips dan trik menghemat kuota internet di smartphone android, cara di atas bisa digunakan pada semua tipe dan merek smartphone serta bisa juga digunakan untuk berbagai macam sim card.

 

Start typing and press Enter to search