Apa Itu Wibu? Yuk, Pahami Arti Wibu Yang Sebenarnya

Pernahkah kamu membuka Facebook atau media sosial lainnya dan menemukan adanya akun yang serba Jepang, mulai dari foto profil hingga nama? Jika iya, maka besar kemungkinan bahwa pemilik akun tersebut adalah seorang yang suka dengan Jepang.

Saat menemukan akun atau bahkan orang seperti ini, maka jangan heran jika kamu mendapati orang tersebut mempunyai gaya bicara yang khas, yaitu suka mencampur bahasanya sendiri dengan kosa kata yang diserap dari Bahasa Jepang. Orang yang mempunyai tanda-tanda seperti ini biasa disebut sebagai Wibu.

Apa Itu Wibu?

Secara singkat, Wibu adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menggambarkan orang yang sangat cinta dengan Jepang, bahkan menganggap bahwa budaya Jepang itu lebih baik apabila dibandingkan dengan budayanya sendiri. Dengan kata lain, wibu digunakan untuk menyebut orang yang terobsesi dengan budaya Jepang.

Apabila diartikan lebih dalam, sebenarnya istilah Wibu tidak hanya tentang budaya Jepang semata, tetapi berbagai hal yang berkaitan dengan Jepang, bahkan terkadang Wibu juga melakukan aktifitas yang biasanya hanya dilakukan oleh orang Jepang, sehingga membuat mereka seolah-olah tinggal di Jepang. Dalam istilah lain, kata Wibu juga disebut dengan Japanofilia.

Selain itu, Wibu juga sering dipandang dengan cara negatif atau bahkan dianggap menyimpang karena orang-orang yang berstatus sebagai wibu dianggap tidak menghargai budaya bangsanya sendiri.


Staz Charlie Blood vampire wibu bau bawang
Staz Charlie Blood, contoh vampir Wibu dari anime Blood Lad yang sangat terobsesi dengan kebudayaan Jepang.

Orang-Orang yang Bisa Disebut Wibu

Ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang sebagai Wibu, sehingga faktor tersebut juga bisa dikatakan sebagai ciri-ciri Wibu. Adapun ciri-ciri Wibu, antara lain:
  1. Orang yang mengidolakan karakter anime, dan menyebutnya dengan husbando atau waifu
  2. Lebih suka mempelajari budaya Jepang dibanding budaya sendiri
  3. Lebih suka menghadiri event yang berbau Jepang
  4. Hobi mengoleksi berbagai merchandise anime
  5. Sering menonton anime sampai lupa waktu

Golongan Wibu

Selain itu, Wibu juga memiliki beberapa golongan, contohnya:

  • Wibu Chuunibyou
Wibu chuunibyou (sindrom kelas delapan) adalah golongan wibu yang paling parah. Umumnya wibu jenis ini sering meniru tingkah laku karakter anime yang disukai, dan suka menghayal tentang hal apa saja yang bisa mereka lakukan di dalam anime.

  • Wibu Sosial Media
Wibu sosial media adalah wibu yang hanya akan menampakan dirinya di sosial media dan biasanya mereka tampil dengan memakai foto profil anime, meski tidak semua yang menggunakan foto anime bisa disebut sebagai Wibu. Selain itu, mereka juga sering bergabung dalam grup-grup sosial media tentang anime.

  • Wibu Akut
Wibu akut merupakan wibu yang beranggapan bahwa Jepang adalah segalanya. Bahkan mereka sampai menganggap bahwa Jepang lebih penting dibanding negaranya sendiri. Selain itu, golongan ini juga punya kecenderungan untuk menambah pengetahuan dan aksesoris berbau Jepang.

 

Start typing and press Enter to search