Arti Sequel, Prequel, Spin-Off, Reboot Dan Remake Dalam Film Atau Anime

Ketika membicarakan mengenai film atau anime pasti akan sering terdengar istilah-istilah, seperti sekuel, prekuel, spin-off, dan lain-lain yang biasa digunakan dalam dunia perfilman.

Meskipun sudah sering terdengar dan digunakan, beberapa orang masih keliru dalam mengartikan bahkan tidak memahami arti dan pengertian dari istilah-istilah tersebut.

Tidak heran apabila ada banyak yang keliru dalam menggunakannya ketika berbicara mengenai film atau anime, misalnya mengatakan setiap film atau anime yang dirilis sebagai sequel.

Oleh sebab itu, ada baiknya memahami pengertian sequel, prequel, spin-off, reboot, dan remake yang sering dipakai dalam dunia perfilman supaya tidak salah saat menggunakannya.

Arti Sequel, Prequel, Spinoff, Reboot, Dan Remake

Pengertian Sequel

Sequel merupakan cerita lanjutan dari film yang pernah dikeluarkan sebelumnya. Biasanya sequel ditandai dengan angka 1, 2, dan seterusnya untuk menunjukan film terbaru dan karakter utamanya harus tidak berubah, contohnya Toy Story 2 yang menjadi sequel dari animasi Toy Story.
Anime Sequel
Contoh lain dalam anime, yaitu anime Shingeki no Kyojin Season 2 yang menjadi sequel dari Shingeki no Kyojin, dan ada juga sequel yang tidak ditandai menggunakan angka, misalnya anime Nanatsu no Taizai: Imashime no Fukkatsu yang menjadi sequel dari Nanatsu no Taizai.

Pengertian Prequel

Prequel adalah film yang dibuat setelah film yang pertama, namun dengan cerita serta latar waktu yang terjadi sebelum film pertama, misalnya film Monster University yang merupakan prequel dari Monster Inc. Meskipun Monster University lebih baru jika dibandingkan dengan Monster Inc yang dirilis lebih dahulu, kisah dari Monster University justru mengenai kehidupan para karakter dalam film Monster Inc saat masih belajar di universitas.
Anime Prequel
Contoh lainnya dari anime, yaitu Fate/Zero yang menjadi prequel dari anime Fate/stay night sebab bercerita tentang holy grail war ke-4 yang terjadi 10 tahun sebelum Fate/stay night, namun dirilis setelah Fate/stay night dan Kizumonogatari yang merupakan prequel dari anime Bakemonogatari sebab bercerita tentang pertemuan Shinobu dan Araragi sebelum berubah menjadi vampir, tetapi baru diluncurkan beberapa tahun setelah anime Bakemonogatari dirilis.

Pengertian Spin-Off

Spinoff adalah film baru yang dibuat secara khusus untuk menceritakan tentang karakter pendukung dari sebuah film. Umumnya karakter pendukung akan dibuatkan film dan menjadi karakter utama dalam filmnya sendiri sebab tidak sengaja menarik perhatian penonton. Selain itu, spinoff juga sering menggunakan latar atau dunia yang sama dengan film asli-nya, namun dengan cerita yang berbeda. Contohnya spinoff dari Despicable Me, yaitu film Minions yang dibuat untuk menceritakan tentang Minions.
Anime Spinoff
Contoh lainnya dari anime, yaitu Fate/kaleid liner Prisma Illya yang menjadi spinoff anime Fate/stay night untuk menceritakan mengenai Illyasviel von Einzbern dan anime Toaru Kagaku no Railgun yang merupakan spin-off dari anime Toaru Majutsu no Index dengan cerita fokus kepada Mikoto Misaka.

Pengertian Reboot

Reboot adalah versi baru sebuah film yang dibuat kembali dengan mengubah sebagian atau bahkan keseluruhan cerita aslinya, tetapi karakter utama tetap dipertahankan, misalnya Spider-Man yang pada tahun 2012 lalu direboot menjadi Amazing Spider-Man sehingga mempunyai cerita berbeda dan tidak berhubungan dengan film Spider-Man terdahulu, entah itu Spider-Man 1, 2, maupun 3.

Pengertian Remake

Remake adalah membuat ulang film lama menjadi film baru dengan cerita yang hampir mirip dengan aslinya tanpa ada banyak perubahan. Biasanya film yang diremake ialah film lama yang pernah meraih kesuksesan di zamannya untuk mengulang kembali masa-masa kejayaannya, contohnya film Kingkong 2005 yang merupakan remake dari film KingKong tahun 1933.

Karena perbedaan reboot dan remake sangat tipis sehingga ada beberapa orang berpendapat bahwa anime remake adalah reboot dan sebaliknya. Maka contoh dari reboot dan remake dalam anime akan digabung untuk menghindari perdebatan.
Anime Remake
Misalnya anime Fullmetal Alchemist tahun 2003 yang dibuat kembali menjadi Fullmetal Alchemist: Brotherhood pada 2009, anime Hunter x Hunter 1999 yang dibuat ulang pada tahun 2011 dengan judul yang sama dan Fate/Stay Night tahun 2006 yang dibuat ulang pada 2014 menjadi Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works.

 

Start typing and press Enter to search