Apa Itu Otaku? Berikut Ini Pengertian Dan Jenis-Jenis Otaku

Kata otaku cukup sering terdengar, entah di dunia nyata maupun maya, biasanya istilah ini ditujukan kepada penikmat anime, meskipun mereka hanya sekedar menonton untuk mengisi waktu senggang tanpa menjadikannya sebagai hobi.

Banyaknya jumlah penggemar anime di Indonesia juga merupakan salah satu faktor pendorong yang membuat istilah otaku semakin sering terdengar, dan umumnya otaku digunakan untuk menyebut orang-orang yang sangat gemar menonton anime.

Namun, benarkan demikian? Setelah pada artikel sebelumnya membahas mengenai "Apa itu wibu?" dan arti wibu, pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah  "Apa itu otaku?" serta jenis-jenis otaku untuk memahami lebih jauh mengenai arti dan pengertian otaku.

Apa Itu Otaku?

Secara singkat, Otaku adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Jepang untuk menyebut orang yang benar-benar menekuni suatu hobi.

Pada awalnya, istilah otaku hanya dipakai sebagai sebutan untuk penggemar berat subkultur seperti anime atau manga.

Namun, seiring perkembangannya, istilah otaku berubah menjadi kata dengan arti yang lebih luas dan mulai digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki hobi anime, manga, idol, game, dan komputer.

Selain itu, otaku juga mempunyai arti secara positif dan negatif.

  • Arti Otaku Secara Positif
Otaku dalam arti positif dipakai untuk menyebut seseorang yang sangat mendalami sebuah bidang hingga memiliki pengetahuan yang sangat tinggi, atau menjadi pakar pada bidang yang digelutinya.

  • Arti Otaku Secara Negatif
Sedangkan, otaku dalam artian negatif digunakan sebagai sebutan untuk penggemar fanatik sebuah subkultur yang tidak dimengerti oleh masayarakat pada umumnya, atau untuk menyebut orang yang tidak mampu berkomunikasi dan bergaul dengan orang lain, sehingga otaku dengan ciri-ciri seperti ini biasanya dianggap sampah oleh masyarakat.


Jenis-Jenis Otaku

Dengan sejarah yang panjang, tidak heran apabila muncul bermacam-macam tipe otaku yang terdiri dari hobi berbeda-beda. Adapun jenis-jenis otaku adalah sebagai berikut.

1. Anime / Manga Otaku
Jenis otaku yang pertama ini pastinya sudah tidak asing lagi, anime atau manga otaku merujuk pada mereka yang hobi menonton anime dan membaca manga. Sudah sejak dahulu masyarakat di Jepang menonton anime atau membaca manga, sehingga tidak mengherankan jika kemudian muncul orang-orang yang terobsesi pada anime atau manga.

2. Coslpay Otaku
Cosplay Otaku merupakan sebutan untuk orang yang menyukai kostum dan permainan peran, baik itu sebagai tokoh anime atau game. Dalam banyak kasus, mereka sering mendapatkan teman melaui event cosplay, namun dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menghadiri event dan juga membeli kostum, sehingga ada beberapa cosplayer memilih membuat kostum sendiri untuk menghemat biaya.

3. Game Otaku
Seperti namanya, Game Otaku merupakan orang-orang yang sangat menyukai game dan lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain game. Selain itu, mereka umumnya menjalin hubungan sosial di dunia virtual dengan orang-orang yang mungkin belum pernah ditemui secara langsung.

4. Wota
Wota dikenal juga sebagai Idol & JPop Otaku yang merujuk pada orang-orang yang sangat menyukai Idol dan JPop. Otaku jenis ini biasanya sangat suka mengumpulkan atau mengoleksi poster, majalah, menghadiri acara jumpa fans dan konser idolnya.


5. Figure Otaku
Figure Otaku adalah sebutan untuk orang-orang yang hobi mengoleksi figure anime. Mereka juga cocok apabila disebut sebagai kolektor figure dan tidak tanggung-tanggung, otaku jenis ini memiliki banyak koleksi figure hingga menghabiskan biaya yang besar untuk nengumpulkannya.

6. Tetsudou Otaku
Tetsudou Otaku atau Train Otaku adalah istilah untuk menyebut mereka yang sangat terobsesi memotret serta menaiki kereta. Selain itu, otaku jenis ini umumnya juga tertarik dengan seragam dan model ketera.

7. Robot Otaku
Sudah bukan rahasia bahwa Jepang mempunyai banyak anime dengan genre mecha yang sangat populer dan telah memproduksi beragam robot, sehingga tidak mengherankan banyak penduduk Jepang yang menyukai robot dan menjadi otaku robot.

8. Pasocon Otaku
Pasocon Otaku merujuk pada orang-orang yang terobsesi dengan teknologi komputer dan sering mempelajari hardware maupun software secara terperinci. Otaku tipe ini sangat suka berdiskusi mengenai perangkat terbaru dan menghabiskan waktu untuk menyesuaikan software, sehingga mereka sangat ahli dalam pemrograman.

9. Wapanese
Wapanese adalah singkatan kata bahasa Inggris Want to be Japanese untuk menyebut orang-orang non-Jepang yang memiliki minat obsesif terhadap berbagai aspek budaya Jepang. Selain itu, mereka juga punya pandangan yang terlalu positif tentang Jepang, bahkan terkesan berlebihan.

10. Female History Otaku (Reki-jo)
Female History Otaku atau dikenal juga sebagai Reki-jo merujuk kepada mereka yang mempunyai ketertarikan dengan sejarah Jepang pada peroide pra-industri. Reki-jo sering membuat kelomopok sosial dan berkumpul untuk memakai kostum pra-industri, lalu meniru tingkah laku hingga ucapan sesuai dengan periode pra-industri.

11. Seiyuu Otaku
Selain story, grafis, dan musik, seiyuu atau pengisi suara juga mempunyai daya tarik tersendiri dalam produksi anime, sehingga inilah yang menjadi awal kehadiran Seiyuu Otaku. Mereka justru terobsesi pada pengisi suara dalam anime karena suaranya yang lucu dan memiliki ciri khas tersendiri.

12. Gunji Ota
Gunji Ota adalah sebutan untuk orang-orang yang sangat terobsesi dengan seragam militer, senjata, dan cerita-cerita perang yang berasal dari manga.

 

Start typing and press Enter to search