[Rangkuman] Daftar 20 Anime Terbaik Sepanjang Tahun 2018

Puluhan bahkan ratusan anime terbaru dirilis di tahun 2018, namun tidak semua anime seru dan menghibur sebab ada beberapa anime terkesan dibuat dengan seadanya, baik itu dari segi visual maupun cerita.

Oleh sebab itu, berikut ini ada rangkuman anime terbaik 2018 dari 4 season berbeda, yang masing-masing telah dipilihkan 5 anime terbaik dari setiap musimnya agar lebih mudah dalam memilih anime untuk yang tidak sempat mengikuti semua anime tahun 2018.

Dalam rangkuman anime terbaik 2018 ini terdiri dari beragam genre, mulai dari fantasy, romance, hingga genre action, sehingga diharapkan untuk memilih berdasarkan genre yang disukai supaya tidak merasa kecewa setelah menonton.

Selain itu, di dalam rangkuman 20 anime terbaik tahun 2018 ini juga hanya berisikan serial anime terbaru yang untuk pertama kalinya diluncurkan, sehingga tidak ada sekuel anime-anime populer maupun anime movie.

Anime Winter 2018

1. Sora yori mo Tooi Basho

Sora yori mo Tooi Basho
  • Episode: 13
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Adventure, Seinen

Mengisahkan tentang Mari Tamaki, seorang gadis kelas 2 SMA yang ingin menikmati masa mudanya dengan melakukan perjalanan tanpa rencana ke tempat yang belum pernah dikunjunginya.

Akan tetapi, saat akan mencoba untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, Mari selalu merasa takut karena tidak ingin gagal dan menyesal di kemudian hari.

Suatu hari, Mari bertemu dengan seorang gadis bernama Shirase Kobuchizawa yang ingin pergi ke Antartika karena terdorong oleh ibunya yang meninggal saat melakukan ekspedisi di Antartika.

Akhirnya Shirase mengajak Mari untuk ikut pergi bersamanya ke Antartika dan Mari menyetujuinya, lalu dua gadis bernama Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi juga ikut pergi bersama ke Antartika.

2. Violet Evergarden

Violet Evergarden
  • Episode: 13
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Fantasy, Drama, Slice of Life

Anime sedih yang bikin nyesek sampai nangis ini menceritakan mengenai seorang gadis bernama Violet Evergarden yang dianggap hanya sebagai senjata untuk berperang.

Namun Violet hanyalah manusia biasa yang tidak dapat melupakan kata-kata dari orang yang paling penting baginya, meski tidak mengerti artinya dan kata tersebut adalah cinta.

Setelah perang selesai, Violet memulai kehidupan barunya di CH Postal Services dan tertarik dengan "Auto Memory Doll", penulis surat yang bertugas mengubah perasaan menjadi kata-kata.

Akhirnya Violet memutuskan untuk menjadi Auto Memory Doll agar bisa menemukan arti kata cinta yang sebenarnya dan bertemu banyak orang yang memiliki kepribadian berbeda-beda.

3. Yuru Camp△

Yuru Camp△
  • Episode: 12
  • Studio: C-Station
  • Genre: Slice of Life, Comedy

Anime mirip K-On! ini berawal ketika Shima Rin, seorang gadis yang sangat menyukai kegiatan solo camping berniat untuk pergi berkemah ke gunung Fuji.

Dalam perjalanan, Rin melihat seorang gadis yang baru saja pindah bernama Nadeshiko Kagamihara sedang tertidur pulas di sebuah bangku di pinggir jalan.

Menjelang malam setelah mendirikan tenda dan menyiapkan perlengkapan, Rin melihat Nadeshiko masih tertidur, kemudian Rin mengajaknya untuk pergi ke tenda.

Sejak saat itu, akhirnya Nadeshiko mulai tertarik dengan kegiatan camping dan berkeinginan untuk mengajak Rin pergi berkemah bersama suatu hari nanti.

4. IDOLiSH7

IDOLiSH7
  • Episode: 17
  • Studio: TROYCA
  • Genre: Music

Bercerita mengenai Takanashi Tsumugi, seorang pegawai baru di perusahaan ayahnya, Takanashi Production yang akan langsung menjadi manajer untuk idol group bernama IDOLiSH7.

IDOLiSH7 merupakan idol group beranggotakan tujuh orang pria yang baru pertama kali dibentuk oleh Takanashi Production dan akan menentukan nasib perusahaan di masa depan.

Kemudian, Tsumugi mendapat tugas dari ayahnya untuk melakukan audisi dan mengeluarkan empat orang dari mereka karena tujuh anggota dianggap terlalu banyak dan sulit diingat.

Akan tetapi, Tsumugi akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan mereka bertujuh karena menurutnya mereka punya daya tarik dan masing-masing punya pesona berbeda dari lainnya.

5. Gakuen Babysitters

Gakuen Babysitters
  • Episode: 12
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Comedy, School, Shoujo, Slice of Life

Setelah orang tuanya meninggal dalam kecelakaan pesawat, Ryuuichi Kashima dan adiknya, Kotarou dirawat oleh kepala sekolah yang juga kehilangan anak dan suaminya.

Namun sebagai ganti dari kebutuhannya, Ryuuichi diminta bekerja dengan menjadi babysitter untuk mengasuh anak-anak yang ada di tempat penitipan anak di akademi.

Selengkapnya: Daftar 20 Anime Winter 2018 Terbaik Yang Penuh Cerita Menenangkan

Anime Spring 2018

1. Hinamatsuri

Hinamatsuri
  • Episode: 12
  • Studio: feel.
  • Genre: Comedy, Supernatural, Sci-Fi, Slice of Life, Seinen

Anime dengan tokoh utama pemalas ini berawal saat seorang anggota yakuza bernama Nitta yang hobi mengoleksi guci tiba-tiba tertimpa bola besi raksasa di apartemennya.

Kemudian Nitta memutuskan untuk membukanya dan dari dalamnya muncul seorang gadis bernama Hina yang memiliki kekuatan supernatural sangat luar biasa.

Hina memaksa untuk tinggal di apartemen dengan mengancam akan memecahkan semua koleksi guci miliknya, sehingga akhirnya Nitta dengan terpaksa mengizinkannya tinggal dan harus merawatnya.

2. Megalo Box

Megalo Box
  • Episode: 13
  • Studio: TMS Entertainment
  • Genre: Action, Sci-Fi, Slice of Life, Sports, Drama

Menceritakan mengenai Junk Dog (JD), seorang petarung ilegal Megalo Box, olahraga pertarungan kombinasi antara tinju dan perlengkapan mekanik disebut Gear untuk meningkatkan kemampuan.

Suatu hari, JD ditantang oleh juara Megalo Box bernama Yuri untuk bertarung dengannya di atas ring karena suatu insiden lalu dalam pertarungan, JD dikalahkan dengan K.O pada ronde pertama.

Setelah kalah, JD bersikeras untuk melanjutkan pertarungan, namun Yuri menolaknya dan justru menyuruh JD untuk mengikuti turnamen Megalo Box, Megalonia kalau serius ingin melawannya.

Dengan menggunakan nama "Joe" dan dukungan dari organisasi kriminal yang bertanggung jawab atas pertarungan ilegalnya selama ini, akhirnya JD memutuskan untuk memasuki turnament Megalo Box, Megalonia.

3. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii
  • Episode: 11
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Romance

Cerita bermula ketika seorang pekerja kantoran bernama Narumi Momose yang menyembunyikan fakta bahwa dirinya adalah seorang fujoshi mulai hari pertamanya bekerja di perusahaan baru.

Namun di tempat kerja barunya, Narumi bertemu kembali dengan teman masa sekolahnya bernama Hirotaka Nifuji yang merupakan otaku game dan mengetahui rahasianya sebagai seorang fujoshi.

Awalnya Narumi berencana untuk membungkam Hirotaka dengan cara mengajaknya makan malam bersama supaya Hirotaka tidak memberitahukan rahasinya sebagai seorang fujoshi kepada orang lain.

Ternyata rekan kerjanya, Koyanagi Hanako adalah cosplayer, dan seniornya, Kabakura Tarou adalah otaku anime, lalu Hirotaka juga mengajak Narumi berpacaran sehingga tidak perlu lagi merahasikan hobinya.

4. Golden Kamuy

Golden Kamuy
  • Episode: 12
  • Studio: Geno Studio
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Seinen

Mengisahkan tentang seorang prajurit bernama Sugimoto Saichi yang dijuluki sebagai "Sugimoto Sang Abadi" selama perang Russo-Jepang di era Meiji.

Saat ini di Hokkaido, setelah kembali dari perang, Sugimoto berusaha menghimpun kekayaan untuk menyelamatkan istri rekannya yang gugur dalam perang.

Sugimoto berburu emas yang disembunyikan di suatu tempat di Hokkaido dengan cara mencari kode berupa tatto yang akan menunjukan lokasi emas tersebut.

Dengan bantuan Asirpa, seorang gadis suku Ainu yang telah menyelamatkannya dari iklim ekstrim di utara, Sugimoto berpetuang untuk mencari harta karun tersembunyi.

5. Rokuhoudou Yotsuiro Biyori

Rokuhoudou Yotsuiro Biyori
  • Episode: 12
  • Studio: Zexcs
  • Genre: Seinen, Slice of Life

Anime spring 2018 terbaik ini berkisah mengenai kehidupan sehari-hari 4 orang pria bernama Gure, Sui, Tokitaka, dan Tsubaki yang bekerja di sebuah kedai teh ala Jepang bernama Rokuhoudou.

Setiap hari mereka semua saling membantu untuk melayani pengunjung yang datang ke kedai dengan hangat, dan juga terkadang membantu pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan yang mungkin sedang dihadapi.

Selengkapnya: List 20 Anime Spring 2018 Terbaik, Banyak Anime Seru Tapi Tidak Popeler

Anime Summer 2018

1. Grand Blue

Grand Blue
  • Episode: 12
  • Studio: Zero-G
  • Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life

Menceritakan tentang seorang pemuda berusia 20 tahun bernama Iori Kitahara yang baru pindah ke kota pinggir pantai dan tinggal bersama pamannya di toko scuba diving Grand Blue karena akan mulai kuliah.

Di hari pertamanya setelah pindah, Iori bertemu dengan sekelompok orang aneh yang merupakan seniornya di universitas dan memaksanya untuk bergabung menjadi anggota klub diving.

Awalnya Iori menolak karena tidak bisa berenang, namun setelah mengetahui sepupunya yang cantik bernama Kotegawa Chisa dan Nanaka merupakan anggota klub, akhirnya Iori bergabung dengan klub diving.

Selain itu, Iori juga menyeret seorang mahasiswa baru bernama Imamura Kohei yang merupakan otaku menjadi anggota klub dan hari-hari mereka yang penuh dengan kesenangan dan kekonyolan pun dimulai.

2. Asobi Asobase

Asobi Asobase
  • Episode: 12
  • Studio: Lerche
  • Genre: Comedy, School

Cerita dimulai saat Kasumi, seorang siswa payah dalam bahasa Inggris melihat teman sekelasnya, Hanako yang merupakan seorang gadis ceria dan Olivia yang merupakan seorang murid pindahan dari Amerika bermain permainan tradisional.

Akhirnya karena nilai pelajaran bahasa Inggrisnya jelek, Kasumi meminta Olivia untuk mengajarinya akan tetapi Olivia menolak dengan alasan sedang tertarik dengan permainan tradisional negara lain sehingga tidak ada waktu untuk mengajari Kasumi.

Namun sebenarnya meski orang tuanya dari luar negeri, Olivia dilahirkan dan dibesarkan di Jepang sehingga tidak bisa berbahasa Inggris dan hanya berpura-pura jadi orang Amerika untuk menjahili Hanako karena terlihat bodoh.

Kasumi tidak menyerah dan terus meminta Olivia mengajarinya bahasa Inggris dengan menawarkan mengajari Olivia permainan tradisional, akhirnya Kasumi bersama Olivia dan Hanako membuat Klub Bermain untuk belajar permaianan tradisional.

3. High Score Girl

High Score Girl
  • Episode: 12
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Romance, School, Seinen

Menceritakan tentang Haruo Yagachi yang pada tahun 1991 masih merupakan seorang siswa kelas 6 SD yang payah dalam semua pelajaran dan satu-satunya kemampuan miliknya hanyalah bermain dingdong.

Suatu hari ketika sedang asik bermain dingdong, Haruo dikalahkan dengan telak dalam permainan Street Fighter II oleh seorang gadis cantik, pintar, kaya dan pupuler bernama Akira Oono yang juga merupakan teman sekelasnya.

Tetapi pada akhirnya Haruo berhasil mengalahlan Oono meskipun dengan menggunakan taktik kotor dan cara bermain buruk sehingga membuat Oono merasa kesal kepada Haruo dan melampiaskannya dengan cara memukul Haruo.

Sejak saat itu Haruo dan Oono sering bertemu dan bermain dingdong bersama di game center, namun Haruo menganggap Oono sebagai rivalnya karena tidak ingin dikalahkan demi menjaga satu-satunya kemanpuan yang bisa dibanggakannya.

4. Hataraku Saibou

Hataraku Saibou
  • Episode: 13
  • Studio: David Production
  • Genre: Comedy, Shounen

Menceritakan tentang 37.2 triliun sel yang setiap hari bekerja dengan sangat keras di dalam tubuh manusia, antara lain:

  • Sel Darah Merah yang membawa nutrisi, oksigen dan karbon dioksida keseluruh tubuh  menggunakan sirkulasi darah
  • Sel Darah Putih yang bertugas melenyapkan segala subtansi asing yang berasal dari luar seperti bakteri dan virus
  • Dan lain-lain.

Hataraku Saibou merupakan kisah menarik yang mungkin terasa agak sedikit aneh dan unik tentang pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu sel dalam tubuh manusia yang bekerja keras setiap saat.

5. Shoujo☆Kageki Revue Starlight

Shoujo☆Kageki Revue Starlight
  • Episode: 12
  • Studio: Kinema Citrus
  • Genre: Music, School

Berlatar di Akademi Musik Seisho, sebuah sekolah perempuan yang terkenal karena sejarahnya yang didirikan untuk mengasah bakat teater siswa dan memiliki 2 kelas yaitu kelas A Pelatihan Aktris dan kelas B Tata Panggung.

Ceritanya berpusat pada seorang siswa kelas 2-A anggkatan ke-99 Akademi Musik Seisho bernama Aijo Karen yang tidak bisa bangun pagi jika tidak dibangunkan orang lain dan tidak pernah berfikir untuk menjadi pemeran utama.

Namun saat diadakan audisi untuk pementasan Starligh yang akan ditampilkan di Festival Seisho, ada seorang murid pindahan dari akademi drama Kerajaan Inggris bernama Hikari yang tidak lain adalah teman masa kecil Karen.

Saat masih kecil, Karen dan Hikari berjanji bahwa suatu hari mereka akan berdiri di panggung yang sama dan setelah bertemu Hikari, akhirnya Karen berubah sehingga bisa mengikuti Revue, sebuah audisi misterius untuk gadis terpilih.

Selengkapnya: 20 Anime Summer 2018 Terbaik Yang Didominasi Genre Comedy Kocak!

Anime Fall 2018

1. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai
  • Episode: 13
  • Studio: CloverWorks
  • Genre: Comedy, Romance, School, Supernatural

Menceritakan tentang seorang siswa kelas 2 SMA bernama Azusagawa Sakuta yang dikucilkan oleh semua siswa karena rumor buruk tentang dirinya tersebar luar di sekolah.

Suatu hari, Sakuta bertemu dengan seorang gadis kelinci bernama Sakurajima Mai yang merupakan seniornya di sekolah dan juga artis terkenal yang telah hiatus dari dunia hiburan.

Namun, Mai ternyata tidak bisa dilihat oleh orang lain akibat mengalami Sindrom pubertas, sebuah kejadian abnormal yang disebabkan kepekaan dan ketidakstabilan selama masa remaja.

Sejak saat itu, Sakuta sering menghabiskan waktu bersama Mei untuk membantunya agar terbebas dari Sindrom pubertas karena Sakuta juga pernah mengalami kejadian serupa.

2. Tensei shitara Slime Datta Ken

Tensei shitara Slime Datta Ken
  • Episode: 24
  • Studio: 8bit
  • Genre: Fantasy, Shounen

Mengisahkan mengenai Mikami Satoru, seorang pegawai kantoran berusia tiga puluh tujuh tahun yang merasa bosan dengan kehidupannya yang sangat biasa.

Suatu hari, Satoru tewas setelah ditusuk seorang perampok, kemudian bereinkarnasi sebagai Slime di dunia fantasi dengan mendapat beragam skill unik seperti Skill Predator.

Dengan Skill Predator, pengguna bisa memangsa, lalu menganalisa sesuatu untuk mendapatkan skill dan meniru wujud dari object yang dimangsa atau untuk disimpan dalam perut.

Di sana, Satoru juga bertemu dengan Naga Badai, Veldora yang memberinya nama Rimuru Tempest setelah mereka berteman, dan akhirnya Rimuru mulai berpetualang di dunia barunya.

3. Yagate Kimi ni Naru

Yagate Kimi ni Naru
  • Episode: 13
  • Studio: TROYCA
  • Genre: School, Shoujo Ai

Menceritakan mengenai Yuu Koito, seorang gadis yang sangat menyukai shoujo manga dan berharap seseorang menyatakan cinta kepadanya agar bisa merasakan cinta yang berkilauan.

Namun saat seorang teman kelasnya menyatakan cinta kepadanya di hari kelulusan SMP, Yuu tidak merasakan apapun sehingga akhirnya ia meminta waktu untuk memberikan jawaban.

Setelah memasuki SMA, dalam kekecewaan dan kebingungan, Yuu tidak sengaja melihat seorang anggota OSIS bernama Nanami Touko menolak seorang siswa yang menyatakan cinta kepadanya.

Yuu merasa kagum melihat Nanami dan berniat untuk meminta bantuannya, namun setelah Yuu menolak temannya, tidak diduga Nanami justru mengatakan dirinya jatuh cinta kepada Yuu.

4. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru
  • Episode: 23
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Comedy, Sports, Drama

Cerita berawal saat Kurahara Kakeru, mahasiswa semester pertama jurusan sosiologi di Universitas Kansei dan merupakan seorang mantan pelari elit SMA dikejar-kejar karena mencuri.

Lalu, Kakeru bertemu dengan seorang mahasiswa tahun keempat jurusan sastra Universitas Kansei bernama Kiyose Haiji yang juga merupakan pelari sama seperti dirinya.

Akhirnya Haiji mengajak Kakeru tinggal di asrama Chikuseisou yang sebenarnya merupakan tempat untuk anggota Klub Lari Universitas Kansei sebab Haiji sedang mencari orang kesepuluh.

Tujuan Haiji mencari anggota kesepuluh yaitu agar bisa ikut Hakone Ekiden Marathon bersama semua orang di asrama, namun masalahnya selain Kakeru dan Haiji, semua penghuni adalah pemula.

5. Zombieland Saga

Zombieland Saga
  • Episode: 12
  • Studio: MAPPA
  • Genre: Music, Comedy, Supernatural

Bercerita tentang seorang gadis bernama Sakura Minamoto yang meninggal dunia karena tiba-tiba tertabrak mobil setelah keluar dari rumah ketika akan pergi ke sekolah.

Lalu Sakura tersadar tanpa mengingat apupun di sebuah bangunan mengerikan di kota Saga yang dipenuhi zombi, dan ternyata dirinya juga sudah menjadi sesosok zombi.

Di sana, Sakura bertemu dengan seorang laki-laki bernama Tatsumi Koutarou yang memintanya agar bekerjasama dengan zombi lainnya untuk menjadi idol dan menyelamatkan Saga.

Bersama zombi yang lain dan dengan arahan dari Tatsumi sebagai menager, akhirnya Sakura harus menyelamatkan Saga dengan menjadi idol dalam proyek Zombieland Saga.

Selengkapnya: Inilah 15 Anime Fall 2018 Terbaik Untuk Menemani Akhir Tahun

 

Start typing and press Enter to search