30 Rekomendasi Anime Military Terbaik Yang Penuh Dengan Pertempuran

Banyak orang menyukai hal-lah yang berhubungan dengan militer seperti senjata, busana, kendaraan hingga hiburan contohnya film atau anime dengan genre military karena dianggap sangat keren.

Dalam film bertema militer terutama pada anime genre military ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan, bukan hanya perang, tetapi juga ada spionase, sabotase dan masih banyak lagi lainnya.

Biasanya anime military juga dipadukan dengan genre lainnya seperti school, action, magic hingga slice of life dengan cerita tentang kehidupan para prajurit, meskipun yang paling umum ditemukan adalah anime mecha military.

Untuk yang suka anime military dipenuhi dengan peperangan, baik perang senjata modern maupun pedang hingga tentang kehidupan prajurit dengan balutan comedy, silahkan simak 30 rekomendasi anime military terbaik berikut ini.

Anime Military Terbaik

1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood
  • Tahun: Spring 2009
  • Studio: Bones
  • Genre: Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen

Bercerita tentang Edward Elric, seorang alchemist berbakat yang menjadi alchemist negara termuda dengan julukan sebagai Hagane no Renkinjutsushi dan adik laki-lakinya, Alphonse Elric.

Saat masil kecil Elric bersaudara pernah mencoba melakukan suatu ritual yang dianggap tabu dalam alchemist, yaitu ritual transmutasi manusia untuk menghidupakan kembali ibu mereka yang telah meninggal dunia.

Akan tetapi, mereka mengalami kegagalan karena pertukaran yang diberikan tidak setara, sehingga Edward kehiangan tangannya sedangkan Alphonse kehilangan tubuhnya dan hanya menyisahkan jiwa yang terbungkus baju zirah.

Akhirnya dengan memanfaatkan keistimewaan dari negara, Edward dan Alphonse berpetualang bersama mencari batu philosopher's yang dapat menghilangkan hukum pertukaran setara untuk mendapatkan kembali tubuh mereka.


2. Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin
  • Tahun: Spring 2013
  • Studio: Wit Studio
  • Genre: Action, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen

Mengisahkan saat manusia hampir punah akibat serangan titan sehingga harus bertahan hidup di balik dinding pertahanan untuk berlinding agar tidak menjadi mangsa titan.

Suatu hari kedamaian di balik dinding menghilang setelah ada satu titan kolosal berhasil melubangi dinding sehingga membuat titan lainnya masuk ke wilayah pemukiman penduduk.

Seorang pemuda bernama Eren Jaeger bersama saudara angkatnya, Mikasa dan temannya, Armin selamat dari serangan tersebut, tetapi mereka harus kehilangan anggota keluarga.

Sejak saat itu, Eren bertekad membasmi seluruh titan sehingga mereka akhirnya bergabung dengan Survey Corps, pasukan elite militer yang bertugas memerangi titan di luar dinding pertahanan.


3. Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Code Geass: Hangyaku no Lelouch
  • Tahun: Fall 2006
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School

Bercerita tentang Lelouch Lamperouge, seorang pangeran kerajaan Britannia yang dibuang ke area 11, awalnya adalah Jepang namun berubah nama setelah ditaklukan kerajaan Britannia.

Suatu hari, ketika pulang dari membolos sekolah untuk bermain catur dengan bangsawan, Lelouch terjebak di tengah pertempuran antara pasukan kerajaan Britannia melawan pemberontak.

Lelouch hampir dibunuh oleh pasukan Britannia, namun dirinya selamat setelah mendapat Geass, kekuatan mata untuk memerintah semua orang pemberian dari penyihir immortal bernama C.C.

Akhirnya bermodalkan kekuatan mata Geass dan menggunakan nama samaran "Zero" saat beraksi, Lelouch bergabung dengan pasukan pemberontak untuk balas dendam kepada ayahnya.


4. Owari no Seraph

Owari no Seraph
  • Tahun: Spring 2015
  • Studio: Wit Studio
  • Genre: Action, Military, Supernatural, Drama, Vampire, Shounen

Anime dengan karakter utama punya kekuatan tersembunyi ini berawal saat wabah mematikan membunuh semua yang berusia diatas 13 tahun, lalu para vampire menyatakan akan melindungi anak-anak yang selamat.

Namun setelah empat tahun berlalu, anak-anak yang selamat diantaranya adalah Yuuichirou dan Mikaela Hyakuya bersama dengan keluarganya dari panti asuhan justru dijadikan ternak untuk diambil darahnya.

Suatu hari, Mikaela mengajak Yuuichirou serta keluarganya untuk pergi melarikan diri, tetapi rencana mereka mengalami kegagalan sehingga semua anak tewas dengan hanya menyisahkan Yuuichirou.

Setelah melarikan diri, Yuuichirou bertemu dengan Guren Ichinose, pemimpin unit pembasmi vampire bernama Pasukan Iblis Rembulan. Hingga akhirnya Yuuichirou bertekad untuk bergabung agar dapat ikut serta dalam membasmi vampire.

5. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Military, Adventure, Fantasy

Cerita bermula saat sebuah gerbang penghubung dengan dunia lain disebut "Gate" secara tiba-tiba muncul di tengah kota Tokyo sebelum dimulainya event pameran komik indie.

Lalu dari dalam gerbang keluar pasukan bergaya abad pertengahan serta mahluk mitologi seperti Goblin, Orc dan Wyvern menyerang penduduk yang berada di sekitar gerbang.

Youji Itami, seorang otaku sekaligus anggota JSDF (Japan Self-Defense Forces) memutuskan untuk membantu mengevakuasi penduduk sebab tidak ingin jika pameran komik sampai dibatalkan.

Berkat kebereniannya, Itami akhirnya dianugerahi penghargaan dan mendapatkan kenaikan pangkat. Namun, Itami yang pemalas juga mendapat tugas untuk menjelajahi dunia lain di balik gerbang.


6. Aldnoah .Zero

Aldnoah .Zero
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: A-1 Pictures, TROYCA
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Mecha

Anime dengan karakter utama cerdas dan jenius ini menceritakan setelah munculnya Hypergate, gerbang penguhung antara Bulan dengan planet Mars, lalu manusia bermigrasi ke Mars sehingga terbentuklah Kekaisaran Vers.

Akan tetapi, tidak ada perdamaian antara orang yang tinggal di Mars dan penduduk Bumi akibat Kekaisaran Vers yang mewarisi teknologi kuno planet Mars disebut Aldnoah mendeklarasikan perang melawan penduduk Bumi.

Pertempuran di bulan membuat Hypergate hilang kendali sehingga menghancurkan bulan. Akhirnya beberapa tahun setelah tragedi, Putri Kekaisaran Vers, Asseylum Vers Allusia datang mengunjungi Bumi sebagai duta perdamaian.

Namun ketika berada di bumi, Asseylum diserang oleh pihak yang tidak menginginkan perdamaian antara Bumi dan planet Mars sehingga Kekaisaran Vers kembali menginvasi Bumi sebab menyangka Asseylum tewas dalam penyerangan.

7. God Eater

God Eater
  • Tahun: Summer 2015
  • Studio: ufotable
  • Genre: Action, Fantasy, Military, Sci-Fi

Bersetting ketika manusia di ambang kepunahan akibat serangan makhluk bernama Aragami yang kehadirannya membawa kehancuran bagi semua organisme di bumi.

Aragami tidak dapat dikalahkan dengan senjata konvensional sehingga untuk melawan ancaman bahaya Aragami, manusia membentuk organisasi bernama Fenrir.

Selain itu, Fenhir juga memiliki sebuah pasukan khusus bernama God Eater yang beranggotakan pengguna God Arc, satu-satunya senjata yang mampu membunuh Aragami.

Seorang pemuda bernama Lenka Utsugi berambisi untuk membasmi semua Aragami sehingga dirinya harus segera menguasai God Arc New-Type yang merupakan senjata paling kuat.

8. Youjo Senki 

Youjo Senki
  • Tahun: Winter 2017
  • Studio: NUT
  • Genre: Magic, Military

Anime dengan karakrter utama overpowered ini bercerita mengenai Tanya Degurechaff, seorang gadis kecil yang bertugas memimpin pasukan di garis depan medan pertempuran.

Saat memimpin pasukannya, Tanya terkenal sangat kejam, baik itu pada musuh maupun anak buahnya sendiri, meskipun dengan nada bicara cadel seperti anak-anak.

Namun dulunya Tanya adalah pegawai kantoran yang terlahir kembali sebagai gadis kecil karena kemarahan dari mahluk misterius yang mengaku sebagai tuhan.

Tanya mengutamakan efisiensi dan menempatkan pekerjaan di atas segalanya dengan tujuan untuk mengejar karir di militer agar bisa segera menjauh dari medan pertempuran.


9. SAO Alternative: Gun Gale Online

Gun Gale Online
  • Tahun: Spring 2018
  • Studio: Studio 3Hz
  • Genre: Action, Fantasy, Game, Military, Sci-Fi

Anime bertema game dengan karakter masuk ke dunia game ini berpusat pada Kohiruimaki Karen, seorang mahasiswi yang mempunyai tinggi badan 183 cm.

Karen merasa sangat tidak percaya diri karena tinggi badannya yang terbilang tidak wajar untuk ukuran gadis seusianya sehingga membuatnya sulit untuk bergaul.

Suatu ketika, karena ingin menjadi imut dan kecil, Karen memutuskan untuk mencoba bermain game online dengan membeli perangkat AmuSphere dan game Alfheim online.

Setelah mencoba puluhan game dengan nickname "LLENN", Karen akhirnya mendapat avatar dengan tubuh kecil dan imut di dalam game survival battle royale bernama Gun Gale Online.

10. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin

Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin
  • Tahun: Summer 2016
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Military

Anime dengan tokoh utama pemalas ini bercerita mengenai Ikta Solork, seorang pemuda yang tidak ingin terlibat dengan urusan militer dan lebih suka mengagumi keindahan gadis-gadis.

Suatu hari, Ikta dipaksa pergi bersama seorang gadis cantik bernama Yatorishino "Yatori" Igsem untuk mengikuti ujian militer dengan berangkat menggunakan sebuah kapal.

Akan tetapi, kapal mereka tenggelam di perjalanan karena badai dan ternyata seorang putri kerajaan bernama Chamille Kitra Katjvanmaninik juga ikut menumpang di dalam kapal.

Ikta serta teman-temannya terdampar di wilayah musuh sehingga dengan kemanpuannya menyusun strategi, akhirnya Ikta berusaha membawa semua orang kembali ke wilayah kerajaan.

11. Girls und Panzer

Girls und Panzer
  • Tahun: Fall 2012
  • Studio: Actas
  • Genre: Action, Sports, School, Military

Senshadou adalah sebuah seni bela diri tradisional menggunakan panser dengan tujuan untuk melatih perempuan agar menjadi feminim dan terhormat di mata masyarakat.

Kisah berpusat pada Nisizumi Miho, seorang gadis yang berasal dari keluarga Nisizumi yang terkenal akan keahlian dan sejarahnya mengendarai panser dari genrasi ke generasi.

Namun, karena punya kenangan buruk mengenai panser, Miho memutuskan untuk masuk ke Ooarai Girls Academy yang telah menghapuskan program Senshadou untuk menghindar dari panser.

Ternyata sekolahnya berencana memulai kembali program Senshadou dan Miho diminta oleh ketua OSIS untuk berpartisipasi sehingga akhirnya Miho kembali berurusan dengan panser.

12. Kantai Collection

Kantai Collection
  • Tahun: Winter 2015
  • Studio: Diomedea
  • Genre: Action, School, Military, Sci-Fi, Slice of Life

Menceritakan tentang "Gadis Kapal" atau gadis-gadis yang mempunyai jiwa kapal perang zaman dahulu dengan senjata sebagai perlengkapan dan kemampuan untuk melawan "Kapal Laut Dalam".

Kapal Laut Dalam adalah kapal-kapal misterius dari dalam laut, mulai dari kelas kapal perusak sampai kelas tempur besar yang serangannya mengancam kelangsungan hidup umat manusia.

Fubuki, seorang gadis kapal kelas perusak khusus baru dipindahtugaskan ke Regu Torpego Tiga dan langsung mendapatkan tugas pertamanya untuk menyerang markas Kapal Laut Dalam.

Akan tetapi, Fubuki melakukan banyak kesalahan sebab dirinya belum pernah bertempur sekali pun sehingga Fubuki akhirnya harus berlatih terlebih dahulu agar bisa bertempur bersama gadis kapal lainnya.

13. Muv-Luv Alternative: Total Eclipse

Muv-Luv Alternative: Total Eclipse
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: Satelight, ixtl
  • Genre: Action, Mecha, Military, Sci-Fi

Mengisahkan ketika alien yang dikenal sebagai BETA menyerang bumi sehingga banyak negara berusaha mengembangkan perangkat perang humanoid disebut Tactical Surface Fighter (TSF).

Seorang pilot dari Kekaisaran Jepang bernama Yui Takamura yang punya banyak pengalaman tempur melawan BETA mendapat tanggung jawab untuk mengawasi proyek pengembangan TSF jenis baru.

Sedangkan Yuya Bridges, seorang pilot handal asal Amerika namun tidak punya pengalamam tempur mendapat tugas untuk menjadi pilot uji coba dalam pengembangan TSF di bawah tanggung jawab Yui.

Yuya menganggap remeh proyek tersebut dengan menyombongkan kemampuannya. Akan tetapi, Yui justru kecewa melihat kemampuannya yang tidak seberapa sehingga membuat Yuya merasa kesal.

14. 07-Ghost

07-Ghost
  • Tahun: Spring 2009
  • Studio: Studio Deen
  • Genre: Action, Demons, Fantasy, Josei, Magic, Military

Menceritakan tentang Teito Klein, seorang siswa yatim di Akademi Militer Kerajaan Barsburg yang dulunya adalah seorang budak yang digunakan untuk bertarung.

Akademi Militer Kerajaan Barsburg merupakan tempat orang-orang terpilih yang akan menjadi pasukan elite kerajaan untuk mempelajari seni magis disebut Zaiphon.

Ketika menjalani ujian kelulusan, Teito bertemu kepala petugas Ayanami yang ternyata adalah pembunuh ayahnya sehingga Teito menyerang Ayanami untuk balas demdam.

Karena telah menyerang Ayanami, Teito akhirnya menjadi boronon militer, lalu dalam pelariannya, Teito diselamatkan oleh 3 orang uskup misterius dari gereja Barsburg.

15. Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00
  • Tahun: Fall 2007
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Space, Drama, Mecha

Menceritakan tentang seorang mantan tentara anak bernama Setsuna F. Seiei yang kehilangan tempat tinggalnya karena peperangan antar ras yang terjadi di negerinya.

Saat masih kecil, Setsuna pernah dibuat kagum karena melihat Gundam yang muncul di tengah pertempuran sehingga sejak saat itu, Setsuna berkeinginan untuk menjadi Gundam Meister.

Setsuna akhirnya menjadi Gundam Meister dan bergabung dengan sebuah organisasi bernama Celestial Being yang bertujuan menghapuskan segala bentuk peperangan di dunia.

Bersama Gundam Meister dan anggota Celestial Being lainnya, Setsuna mulai melakukan intervensi dengan kekuatan bersenjata kepada semua pihak yang terang-terangan melakukan peperangan.


16. Kingdom

Kingdom
  • Tahun: Summer 2012
  • Studio: Studio Pierrot
  • Genre: Action, Historical, Military, Seinen

Berlatar pada peroide perang negeri China kuno yang terjadi selama 500 tahun hingga membuat lebih dari 100 kerajaan hancur dan hanya tinggal menyisahkan 7 kerajaan.

Xin dan Piao, dua anak yatim piatu yang menjadi budak setelah kehilangan orang tua karena perang bermimpi untuk membuktikan kehebatan mereka di medan perang.

Suatu hari, mereka bertemu dengan Changwenjun, seorang bangsawan paling berpengaruh di negeri Qin dan juga salah satu menteri yang melayani di istana kerajaan.

Changwenjun akhirnya membawa Piao ke istana untuk bekerja, namun terjadi pemberontakan di istana dan Piao menjadi korbannya sehingga Xin berambisi untuk membalaskan kematian Piao.

17. Kakumeiki Valvrave

Kakumeiki Valvrave
  • Tahun: Spring 2013
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Military, Space, Mecha

Berlatar di masa depan ketika hampir sekitar 70% dari populasi manusia hidup di luar angkasa berkat pengembangan "Dyson Sphere", sebuah kota yang berada di ruang angkasa.

Pada saat itu, ada dua kekuatan besar yang sangat berpengaruh, yaitu Dorssia dan ARUS. Sedangkan negara kecil bernama JIOR memilih untuk tetap mempertahankan netralitasnya.

Namun kedamaian di JIOR tidak berlangsung lama karena tentara Dorssia mulai menginvasi modul 77 untuk merebut senjata humanoid disebut Valvrave yang dikembangkan secara rahasia.

Melihat teman-temannya dalam bahaya, akhirnya seorang siswa dari modul 77 bernama Tokishima Haruto memutuskan mengendarai Valvrave untuk menyelamatkan teman-temannya.

18. Strike Witches

Strike Witches
  • Tahun: Summer 2008
  • Studio: Gonzo
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Magic, Ecchi

Mengambil setting pada tahun 1944 saat perang dunia ke 2, alien disebut Neuroi terus menyerang bumi sejak pertama kali muncul pada tahun 1939.

Untuk mengalahkan Neuroi, manusia membuat senjata Anti-Neuroi bernama Striker Unit yang digerakan dengan menggunakan kekuatan sihir.

Striker Unit adalah bentuk baru dari sapu terbang yang dapat membuat pemakainya terbang dengan kekuatan sihir dan penggunanya disebut Witch.

Cerita bepusat pada kesatuan elite Wing Fighter 501 atau dikenal juga sebagai Strike Witches yang bertarung melawan Neuroi di garis depan untuk melindungi bumi.

19. Macross Frontier

Macross F
  • Tahun: Spring 2008
  • Studio: Satelight
  • Genre: Action, Space, Mecha, Romance, Military, Music, Sci-Fi

Setelah hampir punah akibat bertempur melawan ras alien raksasa disebut Zentradi, manusia mulai menjelajah ke ruang angkasa menggunakan kapal koloni raksasa yang salah satunya dikenal dengan Macross Frontier.

Seorang siswa pelatihan pilot bernama Saotome Alto bersama teman-temannya mendapat tugas untuk mengisi acara seorang penyanyi terkenal bernama Sheryl Nome yang dijuluki "Peri Galaxy".

Namun di saat konser berlangsung, alien disebut Vajra menyerang sehingga konser dihentikan dan Alto berinisiatif mengambil alih peralatan tempur model baru untuk menyelamatkan orang-orang di sekitarnya.

Melihat keterampilannya menjadi pilot, akhirnya SMS Skull Squadron selaku organisasi pemegang yurisdiksi atas peralatan tempur model baru itu mengajak Alto untuk melindungi Macross Frontier bersama-sama.

20. So Ra No Wo To

So Ra No Wo To
  • Tahun: Winter 2010
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Military, Sci-Fi, Music, Slice of Life

Menceritakan mengenai seorang gadis bernama Kanata Sorami yang menjadi prajurit sukarelawan dengan bergabung menjadi anggota militer negara Helvetia karena ingin belajar bermain musik.

Saat masih kecil, Kanata merasa kagum setelah mendengar suara terompet yang dimainkan oleh seorang prajurit wanita sehingga sejak saat itu, Kanata tertarik untuk bermain terompet.

Suatu hari, setelah ada gencatan senjata antara negara Helvetia dan Kekaisaran Romawi, Kanata dipindahtugaskan ke Clocktower Fortress di kota Seize dengan menjadi anggota peleton 1121.

Di sana, Kanata bertemu dengan Kapten Felicia Heideman yang lemah lembut, Sersan Mayor Rio Kazumiya yang ahli bermain terompet, penembak, Kureha Suminoya dan mekanik penyendiri, Noël Kannagi.


21. Heavy Object

Heavy Object
  • Tahun: Fall 2015
  • Studio: J.C.Staff, SANZIGEN
  • Genre: Action, Mecha, Military, Sci-Fi

Jauh di masa depan, arus peperangan berubah, prajurit dan senjata seperti tank, kapal, pesawat bahkan nuklir tidak lagi digunakan dan digantikan dengan senjata berukuran besar disebut Object.

Object merupakan sebuah senjata raksasa dengan ketinggian mencapai 50 meter yang bahkan tidak hancur meski sudah diserang menggunakan nuklir dan juga merupakan simbol dalam peperangan.

Ceritanya berpusat pada Qwenthur Barbotage, seorang pelajar yang bergabung dengan militer untuk mempelajari Object dan Havia Winchell, seorang analis radar yang berasal dari keluarga bangsawan.

Suatu hari hidup Qwenthur dan Havia berubah setelah mereka berhasil mengalahkan Object dengan menggunakan perlengkapan sederhana untuk menyelamatkan seorang putri bernama Milinda Brantini.

22. Senjou no Valkyria

Senjou no Valkyria
  • Tahun: Spring 2009
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Military, Romance

Kisah berlatar di benua fiktif bernama Eropa, 2 kekuatan utama, yaitu The Imperial Empire di timur dan aliansi demokrasi disebut Federasi di barat saling berperang untuk memperebutkan sumber daya disebut ragnite.

Gallian, sebuah wilayah yang kaya akan ragnite bersiap untuk berperang dengan mengevakuasi penduduk karena The Imperial Empire berniat menyerang mereka untuk menguasai sumber dayanya yang berlimpah.

Saat bersiap, seorang anggota pasukan pengintai dari Gallian bernama Alicia menangkap pemuda bermama Gunther Welkin yang dicurigai sebagai mata-mata padahal sebenarnya adalah anak dari seorang pahlawan besar.

Tidak lama kemudian, tentara The Imperial Empire menyerang Gallian sehingga Welkin melarikan diri bersama Alicia, namun mereka justru terkepung di kediaman Gunther saat berusaha menjemput adik perempuan Welkin, Isara.

23. Otome Youkai Zakuro

Otome Youkai Zakuro
  • Tahun: Fall 2010
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Demons, Historical, Military, Romance, Seinen, Supernatural

Di tengan modernisasi Jepang, kejadian aneh yang melibatkan Youkai semakin sering terjadi sehingga untuk mengatasi hal itu pemerintah membentuk Departemen Urusan Roh.

Tiga orang prajurit dengan pangkat Letnan, yaitu Agemaki Kei, Riken Yoshinokazura dan Hanakiri Ganryu mendapat tugas untuk bergabung dengan Departemen Urusan Roh.

Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk membuat Zakuro, Susukihotaru, Bonbori dan Hozuki yang merupakan gadis-gadis perwakilan Youkai tetap berada di bawah kendali.

Akhirnya mereka semua harus saling membantu dan membuat perkembangan dalam menjalankan tugas untuk menyelesaikan insiden-insiden aneh melibatkan Youkai yang terjadi.

25. Angolmois: Genkou Kassenki

Angolmois: Genkou Kassenki
  • Tahun: Summer 2018
  • Studio: NAZ
  • Genre: Action, Drama, Historical, Military, Samurai

Mengambil setting pada tahun 1274 saat bangsa Mongol menjajah sebagian besar wilayah Eurasia termasuk Jepang sehingga para samurai dengan gagah berani harus bertempur untuk melindungi negerinya.

Cerita bermula ketika sekelompok orang buangan diantaranya yaitu mantan jendral dari keshogunan Kamakura, Kuchii Jinzaburou, bajak laut terhebat, Onitakemaru serta orang hebat lainnya diasingkan ke pulau Tsushima.

Sesampainya di pulau Tsushima, mereka disambut putri dari Sou Sukenoni yang merupakan penguasa lokal bernama Putri Teruhi, lalu diminta berjuang sekuat tenaga untuk melindungi pulau dari orang-orang Mongol.

Tetapi keesokan harinya, ternyata armada Mongol mulai bergerak dan akhirnya Jinzaburou bersama orang-orang di pulau harus bertahan selama 7 hari sampai pasukan bantuan dari jendral keshogunan, Shouni Kagesuke tiba.


25. Break Blade

Break Blade
  • Tahun: Sprimg 2014
  • Studio: Production I.G, Xebec
  • Genre: Action, Military, Fantasy, Mecha, Shounen

Berlatar di benua Crozon, sebuah tempat di mana tidak ada minyak bumi, tetapi penduduk di tempat tersebut sejak lahir dikarunia kekuatan sihir untuk menggunakan Batu Kuarsa sesuka hati sebagai sumber energi.

Cerita berpusat pada seorang pemuda desa tanpa kekuatan sihir bernama Rygart Arrow yang sejak masih belajar di Akademi Militer sudah berteman baik dengan Hodr, seorang raja dari Kerajaan Krisna.

Suatu hari, Hodr memanggil Rygart ke istana dan memberitahu bahwa kerajaan sedang berperang melawan bangsa Athena sehingga Rygart diminta untuk meneliti robot kuno yang bergerak bukan dengan Batu Kuarsa.

Namun di saat mereka sedang melihat robot kuno tersebut, bangsa Athena menyerang dan akhirnya Rygart secara tidak sengaja mengemudikan robot tersebut karena mencoba menyelamatkan nyawa Hodr dari bahaya.

26. High School Fleet

High School Fleet
  • Tahun: Spring 2016
  • Studio: Production IMS
  • Genre: Action, School, Military

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Misaki Akeno yang pada saat masih kecil pernah beranji kepada sahabatnya, Moeka China bahwa suatu hari, mereka akan menjadi Blue Mermaid bersama-sama.

Blue Mermaids adalah lembaga beranggotakan gadis-gadis terampil yang mengabdikan diri untuk melindungi laut setelah sebagian wilayah Jepang tenggelam karena bencana pergeseran lempeng tektonik.

9 tahun kemudian, Misaki dan Moeka bertemu kembali setelah mereka mendaftar ke Yokosuka Girls’ Marine High School dan kemudian, mereka langsung mulai pelatihan bahari untuk menjadi Blue Mermaid.

Moeka menjadi kapten kapal Musashi dan Misaki menjadi kapten kapal perusak, Harekaze. Namun, saat pelatihan berlangsung terjadi masalah yang menyebabkan nyawa kru kapal Harekaze berada dalam bahaya.

27. Toshokan Sensou

Toshokan Sensou
  • Tahun: Spring 2008
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Action, Military, Comedy, Romance

Bercerita mengenai Kasahara Iku, wanita pertama yang menjadi anggota pasukan elite pertahanan perpustakaan, Library Task Force setelah Undang-Undang Pembersihan Media disahkan pemerintah.

UU Pembersihan Media merupakan hukum yang mengatur pernerbitan dengan mengizikan Komite Pembersihan Media untuk melakukan razia buku yang dilarang menggunakan angkatan bersenjata.

Pada saat bersamaan, Undang-Undang Kebebasan Perpustakaan juga disahkan untuk melawan UU Pembersihan Media dengan membuntuk sebuah organisasi pertahanan untuk membela diri.

Sejak saat itu, konflik memuncak hingga akhirnya terjadi perang antara Komite Pembersihan Media yang merazia buku melawan Pasukan Pertahanan yang bertugas menjaga buku di perpustakaan.


28. Sabagebu!

Sabagebu
  • Tahun: Summer 2014
  • Studio: Pierrot Plus
  • Genre: Action, Military, Comedy, Shoujo

Bercerita mengenai Momoka Sonokawa, seorang siswa pindahan yang pada hari pertama sekolah sudah diganggu oleh orang mesum saat berada di kereta.

Beruntung Momoka diselamatkan oleh seorang gadis bernama Miou yang membawa dua pistol, namun Miou justru ditangkap oleh polisi karena memiliki senjata api.

Momoka kembali melihat Miou di sekolah dan kerena penasaran, Momoka memutuskan untuk mengikutinya sampai ke sebuah bangunan tua yang dijadikan ruang klub.

Ternyata Miou merupakan ketua dari Sabagebu (Survival Game Club), kemudian setelah Momoka tertangkap, akhirnya Miou memaksanya untuk bergabung dengan Sabagebu.

29. Taimadou Gakuen 35 Shiken Shoutai

Taimadou Gakuen 35 Shiken Shoutai
  • Tahun: Fall 2015
  • Studio: Silver Link.
  • Genre: Action, Ecchi, Fantasy, Harem, Military, Romance, Supernatural

Anime dengan karakter terlihat lemah tapi kuat ini menceritakan tentang Peleton Tes 35 yang dikenal sebagai peleton paling payah di Akademi Anti-Sihir karena tidak pernah menyelesaikan misi dengan sukses.

Peleton Tes 35 memiliki tiga anggota, yaitu Takeru Kusanagi yang merupakan kapten dengan keahlian kenjutsu, seorang penembak jitu bernama Kusagi Kiseki dan seorang jenius mesum bernama Ikaruga Suginami.

Suatu hari, kepala sekolah memberitahu bahwa Peleton 35 mendapat tambahan anggota bernama Ootori Ouka yang merupakan mantan pemburu penyihir dengan keahlian pertarungan jarak dekat menggunakan pistol.

Selain itu, Kusanagi juga mendapatkan Relic Eater bernama Lapis Lazuli dan anggota baru bernama Mari Nikaido yang merupakan penyihir sehingga akhirnya peleton 35 perlahan mulai menjadi lebih baik.

30. Joker Game

Joker Game
  • Tahun: Spring 2016
  • Studio: Production I.G
  • Genre: Military, Historical, Drama

Menceritakan tentang lembaga pelatihan mata-mata rahasia bernama D Agency yang dibentuk Tentara Kekaisatan Jepang pada masa perang dunia II atas usulan dari Letnan Kolonel Yuuki.

Sejarah, nama bahkan umur semua calon agen dianggap sebagai informasi yang sangat rahasia. Mereka juga diajarkan bergagai bahasa, fisika, komunikasi, farmasi, merayu, mencuri sampai merampok.

Namun, tidak ada calon agen yang merupakan lulusan dari akademi militer Kekaisaran Jepang, mereka semua adalah lulusan universitas yang didorong fisik dan mentalnya sampai mencapai batas.

Hingga pada akhirnya hanya delapan orang calon agen yang bisa bertahan dan mereka semua akan disebar ke seluruh dunia di bawah komando dari Letnan Kolonel Yuuki setelah keluar dari tempat pelatihan.
 

Start typing and press Enter to search