12 Anime Mirip Gakuen Babysitters Tentang Mengasuh Anak Kecil

Gakuen Babysitters adalah anime yang diproduksi oleh Brain's Base hasil adaptasi dari manga karya Hari Tokeino yang menceritakan tentang seorang pemuda yang menjadi Babysitter setelah diadopsi oleh seorang kepala sekolah.

Sayangnya anime dengan cerita tentang mengasuh anak tersebut hanya memiliki 12 episode, padahal ada banyak sekali penggemarnya yang masih ingin menyaksikan tingkah lucu anak-anak dalam anime Gakuen Babysitters.

Oleh karena itu, untuk penggemar anime Gakuen Babysitters yang masih ingin melihat tingkah lucu anak-anak, berikut ini telah dipilihkan anime mirip Gakuen Babysitters tentang mengasuh anak kecil yang bisa dijadikan alternatif.

Namum tidak semua yang ada dalam daftar anime mirip Gakuen Babysitters tentang mengasuh anak ini berisi keseharian orang tua, ada beberapa yang mengasuh anak karena pekerjaan bahkan ada juga yang terpaksa akibat terus diikuti anak-anak.

Anime Mirip Gakuen Babysitters

1. Hanamaru Youchien

Hanamaru Youchien
  • Episode: 12
  • Tahun: Winter 2010
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Seinen

Anime tentang mengasuh anak ini berpusat pada seorang pemuda bernama Naozumi Tsuchida yang baru saja mendapat pekerjaan menjadi guru di TK Hanamaru dan menyukai seorang guru baik hati bernama Yamamoto.

Di TK Hanamaru, Tsuchida bertemu dengan Anzu yang ternyata adalah anak seniornya saat di SMA. Selain itu, Tsuchida juga mengajar gadis eksentrik bernama Hiiragi, gadis pemalu bernama Koume dan murid-murud lainnya.

Akhirnya sambil mengajar murid-muridnya di TK, Tsuchida berusaha mendekati Yamamoto, namun Tsuchida terus diganggu Anzu yang mengajaknya untuk menikah karena terobsesi dengan ibunya yang menikahi gurunya sendiri.

2. Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Ookami Kodomo no Ame to Yuki
  • Episode: 1 (Movie)
  • Tahun: Summer 2012
  • Genre: Fantasy, Slice of Life

Anime movie terbaik mengenai single parent yang membesarkan anak seorang diri ini berpusat pada Hana, mahasiswi dari sebuah universitas di Tokyo yang jatuh cinta kepada seorang manusia serigala.

Dari hunbungan tersebut, Hana dikarunia 2 orang anak bernama Yuki yang lahir saat turun salju dan Ame yang lahir saat hujan. Selain itu, mereka bisa berubah wujud menjadi serigala seperti ayahnya.

Suatu hari, ayah Ame dan Yuki meninggal sehingga Hana harus berhenti kuliah dan keluar dari tempat kerjanya untuk merawat dan menjaga agar mereka tidak berubah menjadi serigala di tengah kota yang padat penduduk.

Akhirnya Hana memutuskan untuk mengajak Ame dan Yuki pindah ke daerah pedesaan dan tinggal di tempat yang tidak ada warga di sekitarnya dengan tujuan agar Ame dan Yuki bisa hidup bebas sebagai manusia serigala.

3. Papa no Iukoto wo Kikinasai

Papa no Iukoto wo Kikinasai
  • Episode: 12
  • Tahun: Winter 2012
  • Genre: Comedy, Romance, Slice of Life

Bercerita mengenai seorang mahasiswa bernama Segawa Yuuta yang sejak masih kecil dirawat oleh kakak perempuannya, Segawa Yuri setelah orang tua mereka meninggal dalam sebuah kecelakaan.

Ketika mulai kuliah, Yuuta berniat untuk bekerja paruh waktu supaya tidak merepotkan kakaknya yang sudah menikah dengan seorang duda 2 anak dan juga sudah mempunyai satu orang anak dari pernikahannya.

Suatu hari, Yuuta diminta oleh Yuri untuk menjaga ketiga anaknya karena Yuri akan pergi bulan madu bersama suaminya, namun saat dalam perjalanan pesawat yang ditumpangi Yuri bersama suaminya mengalami kecelakaan.

Karena pernah mengalami hal serupa ketika masih kecil, akhirnya Yuuta memutuskan untuk merawat ketiga anak kakaknya agar mereka tetap bersama sebagai sebuah keluarga meskipun hal itu tidaklah mudah untuk dilakukan.

4. Beelzebub

Beelzebub
  • Episode: 60
  • Tahun: Winter 2011
  • Genre: Action, Comedy, Demons, Supernatural, School, Shounen

Anime tentang berandalan sekolah ini fokus pada Oga Tatsumi, seorang berandalan yang mendapat julukan Iblis karena sangat kejam dan tidak peduli dengan orang lain.

Suatu hari ketika sedang menghajar siswa sekolah lain yang mencoba untuk mencelakainya di pinggir sungai, Oga melihat seorang pria berbadan besar mengambang di sungai.

Oga memutuskan untuk mengangkat pria tersebut dari sungai, tetapi tidak disangka dari dalam tubuh pria tersebut keluar bayi bernama Beelzebub yang merupakan calon raja iblis.

Ternyata Beelzebub dikirim oleh ayahnya ke dunia untuk menghancurkan manusia, tapi karena masih terlalu kecil, akhirnya Oga terpaksa mengasuhnya sampai Beelzebub siap menghancurkan manusia.

5. Usagi Drop

Usagi Drop
  • Episode: 11
  • Tahun: Summer 2011
  • Genre: Josei, Slice of Life

Anime tentang mengasuh anak ini menceritakan Kawachi Daikichi, seorang pria berusia 30 tahun yang hidup sendiri jauh dari keluarga dan jarang pulang ke rumah karena tuntutan pekerjaan.

Suatu hari saat pulang ke rumah keluarga besarnya untuk menghadiri upacara pemakaman kakeknya, Daikichi melihat seorang gadis kecil bernama Kaga Rin yang ternyata adalah anak haram kakeknya.

Tetapi karena dianggap memalukan keluarga dan tidak diketahui orang tua aslinya, akibatnya tidak ada satu orang pun dari keluarga besar Daikichi yang bersedia mengasuh dan membesarkan Rin.

Akhirnya setelah mendengar Rin akan dikirim ke panti asuhan, Daikichi memutuskan merawat dan membesarkan Rin sendirian dengan mengajaknya untuk tinggal bersama karena merasa kasihan.

6. Kure-nai

Kure-nai
  • Episode: 12
  • Tahun: Spring 2008
  • Genre: Comedy, Drama, Martial Arts

Mengisahkan tentang seorang siswa SMA dengan masa lalu kelam bernama Shinkurou Kurenai yang ahli dalam seni bela diri setelah berlatih keras dan mempunyai kekuatan aneh di tangan kanannya.

Dengan kekuatannya, Shinkurou bekerja kepada seorang wanita bernama Benika Juuzawa sebagai mediator perkara di dunia malam yang bertugas membereskan masalah orang yang menyewanya.

Suatu hari ketika sedang butuh uang, Shinkurou minta pekerjaan besar kepada Benika sehingga mendapat tugas untuk merawat dan melindungi seorang gadis kaya bernama Murasaki Kuhouin.

Akhinya Murasaki diminta Benika untuk tinggal bersama Shinkurou di apartemen kumuhnya dan meskipun tidak diberitahu rincian pekerjaannya, Shinkurou tetap berusaha melindungi Murasaki.

7. Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma
  • Episode: 12
  • Tahun: Summer 2016
  • Genre: Comedy, Slice of Life, Seinen

Anime tentang mengasuh anak kecil ini berpusat pada seorang guru bermama Kouhei Inuzuka yang merawat putrinya, Tsumugi sendirian semenjak istrinya meninggal dunia.

Namun karena tidak bisa masak dan tidak punya pengetahuan tentang kuliner, setiap hari Inuzuka hanya bisa mengandalkan makanan kemasan dari supermarket untuk memberi makan Tsumugi.

Suatu hari, Tsumugi ingin makan makanan enak sehingga Inuzuka memutuskan untuk membawa Tsumugi pergi ke sebuah restoran yang dikelola oleh ibu salah satu muridnya, Kotori Iida.

Namun tenyata ibu Kotori sedang keluar sehingga Kotori akhirnya yang membuatkan makanan enak dan sejak saat itu, mereka menjadi sering bertemu untuk memasak makanan enak bersama-sama

8. Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Udon no Kuni no Kiniro Kemari
  • Episode: 12
  • Tahun: Fall 2016
  • Genre: Slice of Life, Fantasy, Seinen

Bercerita tentang Tawara Souta, seorang desainer Web di kota Tokyo yang dulunya adalah anak dari seorang pemilik restoran udon di provinsi Kagawa yang juga dikenal sebagai "Provinsi Udon".

Suatu hari ketika pulang ke rumahnya yang berada di provinsi Kagawa untuk berlibur, Souta bertemu dengan seorang anak aneh yang tidur di bangunan kumuh bekas restoran udon milik keluarganya.

Sadar anak aneh itu kelaparan, Souta memberinya makan dengan membuatkan udon kemudian Souta berniat membawanya ke kantor polisi karena tidak mengetahui siapa orang tua dari anak tersebut.

Tetapi setelah memikirkan berbagai hal, akhirnya Souta memutuskan untuk merawat anak aneh itu dengan memberinya nama Poco dan mengatakan bahwa anak itu adalah anak temannya dari Tokyo.

9. Mitsudomoe

Mitsudomoe
  • Episode: 13 (S1) + 8 (S2)
  • Tahun: Summer 2010
  • Genre: Comedy, School, Slice of Life

Bercerita mengenai seorang pria bernama Satohsi Yabe yang berhasil memenuhi mimpinya menjadi seorang guru SD dengan ditempatkan mengajar di kelas 6-3.

Namun kelas tempatnya mengajar memiliki tiga saudara kembar disebut Marui Bersaudara yang merupakan murid paling bermasalah di seluruh Jepang.

  • Mitsuba Marui (tertua) adalah gadis sadis namun paling dewasa diantara ketiganya.
  • Futaba Marui (tengah) adalah gadis nakal yang punya kekuatan fisik setara dengan orang dewasa.
  • Hitoha Marui (termuda) adalah gadis tenang dan pendiam tapi akan sangat menyeramkan ketika marah dengan aura misteriusnya.

Awalnya Satoshi tidak yakin dirinya bisa bertahan, tetapi Satohi tetap berusaha dengan memaksakan dirinya meskipun harus menghadapi siksaan dari Marui Bersaudara setiap hari.

10. Gugure! Kokkuri-san

Gugure! Kokkuri-san
  • Episode: 12
  • Tahun: Fall 2014
  • Genre: Comedy, Shounen, Supernatural

Kisah berawal saat seorang gadis bernama Kohina Ichimatsu yang kesepian karena tidak mempunyai teman dan keluarga bermain Permainan Ramalan "Kokkuri-san" sendirian di rumahnya.

Permainan Ramalan "Kokkuri-san" adalah sebuah permainan anak-anak di mana pemain memanggil siluman rubah yang menjawab pertanyaan dengan menggerakan koin lewat setuhan jari telunjuk.

Namun permainan tersebut tidak boleh dilakukan seorang diri karena jika dimainkan sendirian maka siluman rubah bernama Kokkuri-san akan datang untuk menghantui orang yang memanggilnya.

Tidak lama setelah bermain, ternyata Kokkuri-san benar-benar mendatanginya, namun Kohina justru mengusir Kokkuri-san, akhirnya Kokkuri-san mulai menghantui Kohina agar mendapat perhatiannya.

11. Barakamon

Barakamon
  • Episode: 12
  • Tahun: Summer 2014
  • Genre: Comedy, Slice of Life

Menceritakan tentang Seishuu Handa, seorang kaligrafer muda berusia 23 tahun yang memiliki masalah kepribadian yaitu mudah depresi, sulit bersosialisasi dan pemarah.

Suatu hari di sebuah pameran, Handa memukul wajah seorang direktur pemeran yang memberi kritik pedas pada karya yang dibuatnya dengan susah payah.

Setelah melakukan perbuatannya, Handa merasa depresi sehingga ayahnya menyuruh Handa pergi ke pulau terpencil untuk memperbaiki sikap dan mendinginkan pikiran.

Tetapi di sana, Handa justru diganggu oleh seorang gadis kecil bernama Naru Kotoishi sehingga Handa akhirnya terpaksa melewati hari-harinya bersama Naru sambil berusaha memperbaiki sikapnya.


12. Aishiteruze baby

Aishiteruze baby
  • Episode: 26
  • Tahun: Spring 2004
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Shoujo

Bercerita tentang Katakura Kippei, seorang siswa SMA yang terkenal sebagai playboy karena sering menggoda setiap gadis cantik yang ditemuinya.

Suatu hari, Kippei mendapatkan tugas dari kakak perempuannya untuk merawat seorang gadis kecil bernama Yuzuru yang merupakan anak bibinya, Miyako.

Ibu Yuzuru, Miyako tiba-tiba menghilang karena tidak punya kepercayaan diri untuk membesarkan Yuzuru sendiri setelah suaminya meninggal dunia.

Akhirnya dengan terpaksa Kippei harus mengasuh Yuzuru sampai ibunya ditemukan meskipun Kippei tidak mempunyai pengetahuan tentang mengasuh anak kecil.
 

Start typing and press Enter to search