20 Anime Summer 2018 Terbaik Yang Didominasi Genre Comedy Kocak!

Pada summer 2018 kali ini ada banyak anime seru yang bermunculan. Selain anime spring 2018 yang masih ongoing seperti Boku no Hero Academia 3rd Season dan Steins;gate 0, ada anime lanjutan yang juga diluncurkan.

Anime season lanjutan yang dirilis pada summer 2018 antara lain yaitu Shingeki no Kyojin Season 3, Yama no Susume: Third Season, Overlord III serta Gintama: Shirogane no Tamashii-hen - Kouhan-sen yang merupakan bagian kedua final arc Gintama.

Karena sudah banyak anime ongoing dan anime season lanjutan summer 2018 ini yang disebutkan maka dalam rekomendasi anime terbaik summer 2018 ini akan lebih fokus pada daftar anime yang baru pertama kali diluncurkan.

Daftar anime summer 2018 ini didominasi anime genre comedy dan beberapa anime sport, namun ada juga anime isekai yang identik dengan genre fantasy, magic, harem dan ecchi serta anime genre action yang dibalut genre vampire, supernatural dan psychological.

Anime Terbaik Summer 2018

1. Grand Blue

Grand Blue
  • Episode: 12
  • Studio: Zero-G
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Seinen

Menceritakan tentang seorang pemuda berusia 20 tahun bernama Iori Kitahara yang baru pindah ke kota pinggir pantai dan tinggal bersama pamannya di toko scuba diving Grand Blue karena akan mulai kuliah.

Di hari pertamanya setelah pindah, Iori bertemu dengan sekelompok orang aneh yang merupakan seniornya di universitas dan memaksanya untuk bergabung menjadi anggota klub diving.

Awalnya Iori menolak karena tidak bisa berenang, namun setelah mengetahui sepupunya yang cantik bernama Kotegawa Chisa dan Nanaka merupakan anggota klub, akhirnya Iori bergabung dengan klub diving.

Selain itu, Iori juga menyeret seorang mahasiswa baru bernama Imamura Kohei yang merupakan otaku menjadi anggota klub dan hari-hari mereka yang penuh dengan kesenangan dan kekonyolan pun dimulai.

2. Asobi Asobase

Asobi Asobase
  • Episode: 12
  • Studio: Lerche
  • Genre: Comedy, Drama, School

Cerita dimulai saat Kasumi, seorang siswa payah dalam bahasa Inggris melihat teman sekelasnya, Hanako yang merupakan seorang gadis ceria dan Olivia yang merupakan seorang murid pindahan dari Amerika bermain permainan tradisional.

Akhirnya karena nilai pelajaran bahasa Inggrisnya jelek, Kasumi meminta Olivia untuk mengajarinya akan tetapi Olivia menolak dengan alasan sedang tertarik dengan permainan tradisional negara lain sehingga tidak ada waktu untuk mengajari Kasumi.

Namun sebenarnya meski orang tuanya dari luar negeri, Olivia dilahirkan dan dibesarkan di Jepang sehingga tidak bisa berbahasa Inggris dan hanya berpura-pura jadi orang Amerika untuk menjahili Hanako karena terlihat bodoh.

Kasumi tidak menyerah dan terus meminta Olivia mengajarinya bahasa Inggris dengan menawarkan mengajari Olivia permainan tradisional, akhirnya Kasumi bersama Olivia dan Hanako membuat Klub Bermain untuk belajar permaianan tradisional.

3. Hataraku Saibou

Hataraku Saibou
  • Episode: 13
  • Studio: David Production
  • Genre: Comedy, Shounen

Menceritakan tentang 37.2 triliun sel yang setiap hari bekerja dengan sangat keras di dalam tubuh manusia, antara lain:
  • Sel Darah Merah yang membawa nutrisi, oksigen dan karbon dioksida keseluruh tubuh  menggunakan sirkulasi darah
  • Sel Darah Putih yang bertugas melenyapkan segala subtansi asing yang berasal dari luar seperti bakteri dan virus
  • Dan lain sebagainya.

Hataraku Saibou merupakan kisah menarik yang mungkin terasa agak sedikit aneh dan unik tentang pahlawan tanpa tanda jasa yaitu para sel di dalam tubuh manusia yang bekerja dengan sangat keras setiap saat.

4. Tenrou: Sirius the Jaeger

Tenrou: Sirius the Jaeger
  • Episode: 12
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Action, Historical, Horror, Supernatural, Vampire

Menceritakan tentang kelompok pemburu vampir yang dikenal sebagai "Jeager" dan diantara mereka ada seorang manusia serigala bernama Yuliy yang tempat asalnya dihancurkan oleh vampir.

Suatu hari Jeager pergi ke Jepang untuk memburu vampire yang melarikan diri dan secara kebetulan di Jepang terjadi sebuah kasus pembunuhan yang diduga pelakunya adalah narapidana yang kabur.

Akibatnya semua orang ketatukan di malam hari dan tidak bisa beristirahat dengan tenang sehingga kementrian dalam negeri akhirnya meminta Jeager untuk membantu kepolisian menangkap pelaku.

Namun pelaku kasus pembunuhan yang terjadi di Jepang tenyata adalah para vampir yang melarikan diri sehingga Yuliy dan teman-temannya kembali menghadapi pertarungan untuk memburu vampir.

5. Shoujo Kageki Revue Starlight

Shoujo Kageki Revue Starlight
  • Episode: 12
  • Studio: Kinema Citrus
  • Genre: Music, School

Berlatar di Akademi Musik Seisho, sebuah sekolah perempuan yang terkenal karena sejarahnya yang didirikan untuk mengasah bakat teater siswa dan memiliki 2 kelas yaitu kelas A Pelatihan Aktris dan kelas B Tata Panggung.

Ceritanya berpusat pada seorang siswa kelas 2-A anggkatan ke-99 Akademi Musik Seisho bernama Aijo Karen yang tidak bisa bangun pagi jika tidak dibangunkan orang lain dan tidak pernah berfikir untuk menjadi pemeran utama.

Namun saat diadakan audisi untuk pementasan Starligh yang akan ditampilkan di Festival Seisho, ada seorang murid pindahan dari akademi drama Kerajaan Inggris bernama Hikari yang tidak lain adalah teman masa kecil Karen.

Saat masih kecil, Karen dan Hikari berjanji bahwa suatu hari mereka akan berdiri di panggung yang sama dan setelah bertemu Hikari, akhirnya Karen berubah sehingga bisa mengikuti Revue, sebuah audisi misterius untuk gadis terpilih.


6. Hanebado!

Hanebado
  • Episode: 13
  • Studio: LIDENFILMS
  • Genre: Sports, Seinen

Menceritakan tentang seorang siswa kelas 1 SMA bernama Ayano Hanesaki yang merupakan pemain bulutangkis berbakat namun karena suatu alasan Ayano justru menghindari badminton.

Suatu hari Ayano bertemu pelatih klub badminton bernama Tacibana Kentarou yang menyadari bakat Ayano dalam bermain badminton dan memintanya bergabung menjadi anggota klub badminton.

Awalnya Ayano menolaknya akan tetapi Tachibana bersikeras untuk mengajaknya bergabung menjadi anggota klub karena Tachibana merasa bahwa klub akan menjadi lebih baik dengan kehadiran Ayano.

Akhirnya Ayano menjadi anggota klub badminton dan bertemu dengan Nagisa Aragaki, siswa kelas 3 yang berlatih dengan keras siang dan malam agar bisa menjadi pemain badminton terbaik di Jepang.

7. Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu
  • Episode: 12
  • Studio: Ajia-Do
  • Genre: Comedy, Ecchi, Fantasy, Magic

Mengisahkan tentang seorang pemain legendaris game fantasy MMORPG, Cross Revirie bernama Takuma Sakamoto yang mendapat julukan sebagai "Raja Iblis" dari pemain lain karena kekuatannya yang sangat luar biasa.

Suatu hari, Takuma dipanggil ke dunia lain yang mirip dengan game Cross Revirie oleh dua orang gadis bernama Sheera L Geenwood yang berasal dari bangsa Elf dan Galleu Rem yang merupakan manusia setengah binatang.

Shera dan Rem memanggil Takuma ke dunia lain dengan tujuan untuk dijadikan budak, akan tetapi setelah menjalankan ritual perbudakan, mereka justru menjadi budak Takuma karena item magic reflection yang digunakannya.

Akhirnya karena tidak pernah berbicara dengan orang lain, Takuma memilih untuk menggunakan logatnya dalam game saat bicara dengan bersikap layaknya raja iblis dan mengenalkan diri sebagai Diablo, Raja Iblis dari dunia lain.

8. High Score Girl

High Score Girl
  • Episode: 
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Romance, School, Seinen

Menceritakan tentang Haruo Yagachi yang pada tahun 1991 masih merupakan seorang siswa kelas 6 SD yang payah dalam semua pelajaran dan satu-satunya kemampuan miliknya hanyalah bermain dingdong.

Suatu hari ketika sedang asik bermain dingdong, Haruo dikalahkan dengan telak dalam permainan Street Fighter II oleh seorang gadis cantik, pintar, kaya dan pupuler bernama Akira Oono yang juga merupakan teman sekelasnya.

Tetapi pada akhirnya Haruo berhasil mengalahlan Oono meskipun dengan menggunakan taktik kotor dan cara bermain buruk sehingga membuat Oono merasa kesal kepada Haruo dan melampiaskannya dengan cara memukul Haruo.

Sejak saat itu Haruo dan Oono sering bertemu dan bermain dingdong bersama di game center, namun Haruo menganggap Oono sebagai rivalnya karena tidak ingin dikalahkan demi menjaga satu-satunya kemanpuan yang bisa dibanggakannya.

9. Chio-chan no Tsuugakuro

Chio-chan no Tsuugakuro
  • Episode: 12
  • Studio: Diomedea
  • Genre: Comedy, Seinen

Menceritakan tentang rute sekolah Miyamo Chio, seorang gadis kelas 1 SMA yang sangat menyukai game dan sering menerapkan pengalaman dalam bermain game di kehidupan sehati-hari.

Setiap hari dalam perjalanannya entah berangkat maupun pulang sekolah, Chio selalu menggunakan pengalamannya dari bermain game untuk mencari jalan pintas saat mendapat masalah di perjalanan.

Misalnya berangkat ke sekolah lewat atas gedung seperti seorang assassin supaya bisa sampai lebih cepat karena terlambat akibat bangun kesiangan setelah bermain game dan ada penutupan jalan.

Chio juga mempunyai seorang sahabat bernama Manana yang sering membantunya serta teman-teman sekolah yang unik sehingga perjalan yang seharusnya biasa saja menjadi petualangan seru penuh rintangan.

10. Angolmois: Genkou Kassenki 

Angolmois: Genkou Kassenki
  • Episode: 12
  • Studio: NAZ
  • Genre: Action, Military, Historical, Drama, Samurai

Mengambil setting pada tahun 1274 saat bangsa Mongol menjajah sebagian besar wilayah Eurasia termasuk Jepang sehingga para samurai dengan gagah berani harus bertempur untuk melindungi negerinya.

Cerita bermula ketika sekelompok orang buangan diantaranya yaitu mantan jendral dari keshogunan Kamakura, Kuchii Jinzaburou, bajak laut terhebat, Onitakemaru serta orang hebat lainnya diasingkan ke pulau Tsushima.

Sesampainya di pulau Tsushima, mereka disambut putri dari Sou Sukenoni yang merupakan penguasa lokal bernama Putri Teruhi untuk diminta berjuang sekuat tenaga demi melindungi pulau dari orang-orang Mongol.

Tetapi keesokan harinya, ternyata armada Mongol mulai bergerak dan akhirnya Jinzaburou bersama dengan orang-orang di pulau harus bertahan 7 hari sampai pasukan bantuan dari jendral keshogunan, Shouni Kagesuke datang.


11. Satsuriku no Tenshi

Satsuriku no Tenshi
  • Episode: 16
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Adventure, Horror, Psychological, Thriller

Kisah bermula saat seorang gadis berusia 13 tahun bernama Rachel secara tiba-tiba berada di tempat yang asing dan dipenuhi dengan kamera pengawas setelah dibawa ke rumah sakit.

Alasan Rachel dibawa ke rumah sakit yaitu untuk bertemu dengan dokter psikiater bernama Danny setelah mengalami sesuatu yang mengerikan dan melihat orang-orang mati karena dibunuh.

Di tempat asing tersebut, Rachel bertemu dengan Zack, seorang pria dengan perban untuk menutup seluruh tubuhnya dan membawa sabit berukuran besar layaknya malaikat maut.

Awalnya Zack berniat membunuh Rachel namun setelah Rachel momohan agar dibunuh, akhirnya Zack berubah pikiran dan meminta Rachel untuk membantunya mecnari jalan keluar.

12. Happy Sugar Life

Happy Sugar Life
  • Episode: 12
  • Studio: Ezo'la
  • Genre: Drama, Horror, Psychological, Shounen

Mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Satou Matsuzaka yang tidak mengerti kehangatan, kebaikan, kasih sayang dan juga tidak mengerti arti cinta.

Namun sejak tinggal bersama dengan Shio Kobe, seorang gadis yang usianya lebih muda, akhirnya Satou bisa mengerti arti sebenarnya dari sebuah cinta.

Satou sangat mencintai Shio dengan menganggap semua perasaan manis yang dirasakannya ketika melakukan sesuatu bersama Shio pasti itu adalah cinta.

Untuk menjaga perasaan cintanya, Satou bersedia melakukan apapun misalnya bekerja keras bahkan melakukan kejahatan seperti mencuri dan menjadi seorang pembunuh.

13. Yuragi-sou no Yuuna-san

Yuragi-sou no Yuuna-san
  • Episode: 12
  • Studio: Xebec
  • Genre: Harem, Comedy, Supernatural, Romance, Ecchi, Shounen

Berkisah mengenai seorang siswa SMA bernama Fuyuzora Kogarashi yang sejak kecil mempunyai kemampuan supernatural untuk melihat mahluk halus dan mengusir roh jahat yang mengganggu.

Suatu hari, Kogarashi pindah ke Yuragi-sou yang dulunya adalah penginapan pemandian air panas tapi berubah menjadi asrama dengan biaya sewa dan biaya makan perbulan sangat murah.

Meski harganya murah akan tetapi tidak ada yang mau tinggal di Yuragi-sou karena takut akibat ada arwah seorang gadis yang meninggal di pemandian air panas terbuka gentayangan di tempat tersebut.

Karena sudah terbiasa melihat hantu, Kogarashi tidak merasa takut, akhirnya Kogarashi memulai hidup barunya di Yuragi-sou dan tinggal sekamar dengan arwah seorang gadis bernama Yunohana Yuuna.

14. Harukana Receive

Harukana Receive
  • Episode: 12
  • Studio: C2C
  • Genre: Slice of Life, Sports, Ecchi

Kisah berawal saat seorang gadis bernama Oozora Haruka yang memiliki tubuh tinggi baru pindah ke Okinawa untuk tinggal bersama dengan nenek dan sepupunya, Higa Kanata.

Di Okinawa, Haruka terpesona dengan keindahan pantai dan juga mulai tertarik mencoba olahraga voli pantai sehingga meminta Kanata berpasangan dengannya untuk mentuk tim.

Meskipun Kanata pernah bermain voli pantai, akan tetapi Kanata menolak permintaan Haruka kerena sudah menyerah pada voli pantai akibat tubuhnya yang pendek.

Haruka tidak menyerah dengan terus meyakinkan Kanata agar mau kembali bermain voli pantai dan membuat tim bersamanya hingga akhirnya Kanata merima permintaan Haruka.


15. Jashin-chan Dropkick

Jashin-chan Dropkick
  • Episode: 12
  • Studio: Nomad
  • Genre: Comedy, Supernatural

Anime summer 2018 ini bercerita mengenai iblis berekor ular bernama Jashin-chan yang dipanggil ke dunia oleh seorang gadis sadis bernama Yurine Hanazono.

Saat berada di dunia, Jashin-chan tinggal bersama dengan Yurine setidaknya sampai Yurine berhasil menemukan cara untuk mengirim kembali Jashin-chan ke neraka.

Jashin-chan berniat untuk membunuh Yurine akan tetapi selalu mengalami kegagalan sehingga setiap kali Jashin-chan melakukan kesalahan, Yurine akan menyiksanya dengan kejam.

Namun, Jashin-chan tidak sendiri karena memiliki teman iblis bernama Minos dan Medusa. Selain itu di dunia, Jashin-chan juga menjadi teman malaikat bernama Pekola.

16. Back Street Girls: Gokudolls

Back Street Girls: Gokudolls
  • Episode: 10
  • Studio: J.C.Staff
  • Genre: Comedy, Ecchi, Seinen

Menceritakan tentang tiga orang anggota Yakuza yang mendapat perintah dari bos mereka pergi ke Thailand untuk menjalani operasi ganti kelamin dan menjadi idol jika ingin dimaafkan.

Setelah menjalani operasi ganti kelamin, mereka menjalani pelatihan keras dan otak mereka dicuci dengan dikurung dalam sebuah kamar selama 30 jam sambil dipaksa menonton video idol.

Setelah pencucian otak selesai, mereka dikirim ke pegunungan untuk latihan pelatihan vokal dengan disuruh bernyanyi di bawah air terjun setiap hari dan harus latihan menari saat waktu tidur.

Akhirnya setelah melewati semua latihan tersebut selama satu tahun, mereka menjadi idol sempurna dan sangat pupuler, namun di belakang panggung jiwa mereka masih tetap seperti yakuza.

17. Shichisei no Subaru

Shichisei no Subaru
  • Episode: 12
  • Studio: Lerche
  • Genre: Action, Fantasy, Game, Sci-Fi

Bercerita mengenai party bernama Subaru yang merupakan party terkuat dalam game MMORPG bernama Union yang terkenal karena kehebatan anggotanya tapi di dunia nyata mereka hanyalah anak SD.

Suatu hari, setelah terjadi sebuah insiden yang mengakibatkan satu orang anggota party Subaru bernama Asahi meninggal dunia, akhirnya game Union menutup layanannya dan anggota party berpisah.

6 tahun kemudian muncul sebuah game bernama Reunion yang bisa dimainkan menggunakan akun yang sama dengan game Union dan mantan leader party Subaru yang bernama Haroto juga bermain Reunion.

Akan tetapi ketika bermain game Reunion untuk membantu temannya menyelesaikan quest, tidak disangka Haruto kembali bertemu dengan Asahi yang seharusnya sudah meninggal dunia 6 tahun yang lalu.

18. Phantom in the Twilight

Phantom in the Twilight
  • Episode: 12
  • Studio: LIDENFILMS
  • Genre: Action, Supernatural, Vampire

Kisah berawal ketika seorang gadis bernama Ton Baileu yang sejak kecil bermimpi untuk belajar di luar negeri pergi ke London bersama sahabatnya, Shinyao dengan tujuan melanjutkan studi.

Setelah berada di London, dalam perjalanannya ke apartemen, barang bawaan Ton dicuri oleh mahluk supernatural tak kasat mata, namum karena suatu alasan Ton bisa melihat mahluk tersebut.

Ton mengejar mahluk itu hingga akhirnya tersesat dan ternyata takdir membawanya untuk sampai di Cafe Forbidden yang dahulu didirikan oleh nenek buyutnya, Sha Rijan.

Di sana Ton bertemu dengan tiga pelayan bernama Luke, Vlad dan Toryu yang bersedia membantunya untuk mencari mahluk pencuri barang-barangnya dan ternyata mereka adalah mahluk supurnatural.

19. Island

Island
  • Episode: 12
  • Studio: feel.
  • Genre: Drama, Sci-Fi

Berlatar di pulau Urashima, sebuah pulau dengan kehidupan damai yang terpisah jauh dari daratan utama dan dikuasai oleh tiga keluarga besar yang punya tradisi mengusir orang asing dari luar pulau.

Suatu hari, ada seorang laki-laki bernama Setsuna terdampar di pantai dengan tidak mengingat apa pun dan mengaku sebagai penjelajah waktu yang datang dari masa depan untuk bertemu seseorang.

Karena merupakan orang asing, Setsuna diusir dari pulau Urashima, namun Setsuna bertemu seorang gadis kaya bernama Ohara Rinne yang menjadikan Setsuna sebagai pelayan agar bisa tinggal di pulau.

Rinne mengatakan bahwa dirinya juga berasal dari masa depan yang terdampar di pantai 5 tahun lalu tanpa mengingat apapun sehingga Rinne mengajak Setsuna untuk mencari sesuatu yang telah mereka lupakan.

20. Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria

Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria
  • Episode: 12
  • Studio: EMT²
  • Genre: Fantasy, Harem

Menceritakan tentang seorang pemuda bermama Yuuto Suou yang sudah 2 tahun lamanya pindah ke dunia lain yang penuh dengan peperangan untuk memperebutkan kekuasaan dan yang lemah akan ditindas.

Karena suatu alasan, Yuuto yang tidak mengerti bahasa di dunia tersebut diangkat menjadi kepala keluarga klan serigala sehingga perintah darinya bisa menentukan hidup atau masa depan orang lain.

Sejak menjadi kepala keluarga klan serigala, Yuuto tidak pernah mengalami kekalahan dalam perang karena berbuat curang dengan mencontek strategi perang menggunakan smartphone miliknya yang dibawa ke dunia lain.

Setelah berhasil menang dalam peperangan, Yuuto akan selalu menjadikan perempuan dari klan yang dikalahkannya sebagai adik dan anak angkat untuk menciptakan perdamaian dengan menggabungkan semua klan yang ada.
 

Start typing and press Enter to search