Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Indosat dengan Mudah

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Indosat dengan Mudah

Masalah saat browsing yang disebabkan gangguan sambungan internet tentu saja membuat kesal. Jangan khawatir, cobalah mencari solusi dengan cara mengatasi data seluler tidak muncul indosat yang akan dijelaskan berikut. Bacalah dengan seksama dan segera praktekkan agar aktivitas berselancar tidak terganggu.

Meskipun Indosat Ooredoo menjadi provider yang cukup banyak digemari, tidak menutup kemungkinan ada beberapa masalah yang timbul. Data seluler tidak muncul bisa disebabkan oleh faktor internal pada perangkat keras ponsel. Atau karena pengaruh luar seperti gangguan cuaca, lokasi, serta terputusnya aliran listrik PLN. Berikut ini cara mengatasinya:

1. Lakukan Restart pada Ponsel

Menyalakan kembali pada ponsel dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah yang ada, termasuk soal sambungan internet. Apabila data seluler terganggu atau bahkan tidak muncul sama sekali sangat perlu untuk mencoba langkah ini. Sebagian besar smartphone mempunyai cara yang tidak jauh berbeda.

Cukup dengan menekan lama pada tombol power lalu memilih menu restart atau mulai ulang. Secara otomatis ponsel akan mati dan menyala sendiri. Setelah itu, error yang membuat data seluler tidak mau menyala akan teratasi. Baik itu masalah dari perangkat keras maupun lunak.

2. Mengaktifkan Airplane Mode

Cara kedua yang dipercaya membantu permasalahan data seluler tidak muncul yaitu mengaktifkan airplane mode. Langkah ini sering kali digunakan banyak orang jika ada gangguan sinyal dari provider yang dipakai, termasuk Indosat Ooredoo. Cukup dengan menekan simbol pesawat pada pintasan yang sudah dibuat, lalu menonaktifkannya kembali.

Fitur ini mempunyai cara kerja tersendiri ketika diaktivasi, yaitu nantinya perangkat akan melakukan restart jaringan. Secara otomatis sinyal dideteksi ulang sehingga terkoneksi dengan jaringan baru yang lebih kuat. Sehingga sambungan internet akan lancar kembali.

3. Menghubungi Customer Service

Cara mengatasi data seluler tidak muncul indosat selanjutnya yaitu melakukan pengaduan pada customer service yang sudah ditentukan. Untuk provider ini bisa dilakukan dengan mendial nomor (021)30003000 pada ponsel. Atau dapat juga dengan mengadukan permasalahan melalui akun sosial media resminya. Salah satunya yaitu akun Twitter yang bernama @IndosatCare.

4. Mengubah APN di Pengaturan Ponsel

Sebagian orang kerap mengotak-atik ponselnya yang mengakibatkan beberapa fitur tidak berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan jaringan kuat, terkadang mengubah alamat APN pada ponsel. Padahal langkah ini bisa saja membuat sinyal tidak stabil sehingga data seluler tidak muncul.

Access Point Name merupakan penghubung antara jaringan internet dengan perangkat ponsel. Hal ini sangat penting dalam proses berselancar karena menentukan kekuatan sinyal. Untuk membuatnya bisa menuju ke pengaturan dan memilih menu lainnya. Setelah itu pilih jaringan seluler.

Langkah berikutnya adalah mencari fitur Access Point Name (Nama Titik Akses). Jika belum ada, tekan simbol tambah (+) pada pojok kanan dan isilah sesuai petunjuk. Pada penjelasan ini akan diberikan dua APN Indosat yang biasa dipakai:

Cara mengubah INDOSAT 4G sebagai berikut :

  • Name : INDOSAT
  • APN Akses : internet
  • Proxy : kosongkan
  • Port : kosongkan
  • Username : kosongkan
  • Password : kosongkan

Cara mengubah INDOSAT DEFAULT sebagai berikut :

  • Name : ISAT WAP
  • APN Akses : indosatgprs
  • Proxy : kosongkan
  • Port : kosongkan
  • Username : indosat
  • Password : indosat

5. Mendial Kode Khusus

Cara terakhir ini sangat mudah dilakukan. Terlebih dahulu mendial kode *#*#4636#*#* pada papan telepon. Setelah itu pilih dimanakah slot kartu Indosat diletakkan, apakah SIM 1 atau 2. Jika sudah memastikannya, tinggal mengaktifkan LTE Only. Hal inilah yang membuat ponsel hanya menerima jaringan paling tinggi berupa 4G. Dipastikan sinyal lebih kuat dan internet menjadi lancar.

Itulah 5 cara mengatasi data seluler tidak muncul indosat yang bisa dicoba saat mengalami gangguan. Pastikan setiap langkah dilakukan secara bertahap agar jaringan kembali normal. Periksa juga faktor apa yang mengakibatkan masalah tersebut.

Pencarian Popular

https://otoresing com/2438/cara-mengatasi-data-seluler-tidak-muncul-indosat-dengan-mudah html,https://loganime com/2438/cara-mengatasi-data-seluler-tidak-muncul-indosat-dengan-mudah html,data tidak mau muncul indosat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *