12 Anime Dengan Karakter Utama Pendiam Dan Antisosial

Ada beragam karakter dalam anime, mulai dari yang paling banyak dijumpai yaitu tokoh penuh semangat dan mementingkan teman-temannya hingga karakter yang justru menghindar dari hubungan pertemanan atau disebut antisosial.

Oleh karena itu, rekomendasi anime kali ini akan fokus berdasarkan pada karakter utamanya yang memiliki sifat pendiam, antisosial dan penyendiri yang juga termasuk orang cuek dan dingin yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Tentunya bukan tanpa alasan karakter utama dalam sebuah anime menjadi seorang introvert yang menutup diri, alasannya bermacam-macam bisa akibat punya pengalaman buruk atau bahkan karena karakter itu adalah seorang pemalas yang tidak ingin terlibat dengan kegiatan merepotkan.

Meski mempunyai sifat pendiam tapi pemeran utama dalam anime justru menjadi terlihat lebih cool karena misterius terlebih dengan kelebihan semisal kejeniusan yang disembunyikan seperti pada rekomendasi anime dengan tokoh utama pendiam dan antisosial berikut ini.

Anime Dengan Tokoh Utama Pendiam dan Penyendiri

1. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

Oregairu
  • Musim: Spring 2013
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School

Bukan hanya satu, tapi dalam anime Oregairu ada sepasang tokoh pendiam, pertama adalah seorang siswa antisosial dan yang kedua yaitu perempuan pendiam yang tersingkir dari pergaulan.

Menceritakan seorang siswa antisosial bernama Hachiman Hikigaya yang mempunyai pandangan aneh tentang hubungan pertemanan, menurutnya pertemanan tidak lebih dari sekedar hubungan antar pendusta.

Suatu hari, sebagai hukuman atas essay yang telah dibuatnya, Hachiman dipaksa oleh gurunya untuk menjadi anggota Service Club, sebuah klub sekolah dengan kegiatan menyelesaikan masalah siswa yang butuh bantuan.

Di sana Hachiman bertemu dengan seorang gadis cantik, pintar dan sekaligus berasal dari keluarga kaya bernama Yukino Yukinoshita yang tersingkir dari pergaulan karena terlalu sempurna.

Pada awalnya Yukino dan Hachiman tidak pernah bisa sependapat sehingga sulit bekerjasama untuk menyelesaikan masalah siswa, tapi seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Yukino dan Hachiman mulai saling memahami.


2. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e

  • Musim: Summer 2017
  • Studio: Lerche
  • Genre: Drama, Psychological, School, Slice of Life

Anime dengan karakter utama cerdas dan jenius ini hampir mirip anime Oregairu dengan adanya sepasang tokoh pendiam yang sangat cuek akan tetapi tetap terlihat keren karena kejeniusannya.

Berlatar di Akademi Koudo Ikusei, sebuah sekolah elite yang didirikan oleh pemerintah Jepang untuk membina generasi masa depan yang akan menjadi penopang negara di mana lulusannya 100% akan diterima baik bekerja maupun kuliah.

Akademi Koudo Ikusei menggunakan metode dan kurikulum khusus yang ditetapkan langsung oleh negara untuk mendidik siswanya, sehingga hanya siswa terbaik serta dianggap pantaslah yang akan diperlakukan dengan baik.

Kiyotaka Ayanokouji baru saja masuk ke Akademi Koudo Ikusei dan ditempatkan di kelas 1-D yang merupakan kelas paling buruk, di sana Ayanokouji bertemu dengan seorang gadis bernama Suzune Horikita yang berambisi mendaki sampai kelas A.

Namun Horikita sama sekali tidak tertarik untuk berteman dengan siapapun, sampai suatu ketika kelas 1-D dalam kondisi terpuruk hingga akhirnya Horikita meminta Ayanokouji bekerjasama untuk mencapai tinggat lebih tinggi.

3. Hyouka

Hyouka
  • Musim: Spring 2012
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Mystery, School, Slice of Life

Karakter anime paling kalem dari anime dengan grafis terbaik ini bernama Oreki Houtarou, siswa pemalas yang menolak untuk mengikuti kegiatan sekolah hingga bersosialisasi dengan alasan tidak ingin membuang-buang tenaga.

Sewaktu masuk SMA, Houtarou dipaksa melalui surat oleh kakak perempuannya yang berada di luar negeri untuk bergabung dengan Klub Sastra Klasik yang terancam akan dibubarkan karena kekurangan anggota.

Bersama teman baiknya Fukube Satoshi, akhirnya Houtarou bergabung menjadi anggota Klub Sasta Klasik dan bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Chitanda Eru yang juga berniat menjadi anggota karena ada alasan tersendiri.

Setelah beberapa saat ketika kegiatan klub sudah mulai berjalan, mereka mendapat seorang anggota baru bernama Ibara Mayaka, kemudian bersama-sama mereka memecahkan misteri-misteri yang ada di sekolah.

4. Handa-kun

Handa-kun
  • Musim: Summer 2016
  • Studio: Diomedea
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Shounen

Anime dengan katakter utama seorang introvert dan sangat tertutup hingga seolah punya dinding penghalang dengan lingkungan di sekitarnya ini menceritakan kaligrafer muda berbakat bernama Handa Sei.

Handa selalu salah mengartikan bahwa perhatian dari orang di sekitarnya adalah bullying sehingga akhirnya tidak memiliki teman satu pun padahal sebenarnya Handa sangat populer dan dikagumi oleh siswa lain di sekolah.

Sebagai siswa paling populer di sekolah, Handa yang hanya menginginkan hidup dengan tenang dan damai, setiap hari mendapat gangguan dari siswa lain baik itu yang datang sebagai saingan maupun penggemar.

Namun karena menganggap bahwa semua orang yang mendekatinya bertujuan untuk melakukan bullying, akhirnya Handa lebih memilih untuk menghindar dan menanggapinya dengan dingin yang justru membuatnya terlihat lebih keren.


5. NHK ni Youkoso! (Welcome to the N.H.K.)

NHK ni Youkoso! (Welcome to the N.H.K.)
  • Musim: Summer 2006
  • Studio: Gonzo
  • Genre: Comedy, Psychological, Drama, Romance

Menceritakan pemuda berusia 22 tahun bernama Sato Tatsuhiro yang merupakan hikikomori yang sudah hampir 4 tahun lamanya menarik diri dari masyarakat dan menganggap semua yang terjadi adalah konspirasi organisasi rahasia NHK.

Suatu hari karena takut statusnya sebagai seorang NEET (Not in Employment, Education or Training) tersebar, akhirnya Sato memutuskan pergi keluar rumah untuk mencari sebuah pekerjaan part-time.

Setelah mencari kerja namun tidak berhasil, Sato mendapat surat dari seorang gadis cantik bernama Nakahara Misaki yang berisi bahwa dirinya terpilih dalam sebuah proyek dan diminta untuk pergi ke taman tepat jam 09.00 malam.

Misaki mengatakan bahwa akan menyelamatkan Sato dengan langsung memperkerjakannya karena kekurang staff kemudian Sato juga diminta untuk menandatangani kontrak berisi cara melepaskan diri dari hikikomori jika ingin disembuhkan.

6. Another

Another
  • Musim: Winter 2012
  • Studio: P.A. Works
  • Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School

Tokoh utama dalam anime ini menjadi seorang pendiam dan penyendiri bukan karena kemauan sendiri melainkan karena terpaksa akibat keadaan yang membahayakan orang-orang di sekitarnya.

Di SMP Yomikita ada cerita yang terjadi 26 tahun silam berisikan tentang siswa kelas 3-3 bernama Misaki yang terkenal sejak masih kelas 1 karena cantik, pintar dan berkepribadian baik sehingga dikagumi oleh guru dan siswa.

Tapi tidak lama setelah dimulainya tahun ketiga, Misaki meninggal dunia akibat kecakalan sehingga membuat semua orang terkejut sampai ada yang berkata bahwa Misaki masih hidup dan masih berada di kelas.

Sejak saat itu, semua anak kelas 3 bersikap seolah-olah Misaki masih hidup hingga waktu kelulusan bahkan kepala sekolah sampai setuju jika tempat duduk Misaki dikutkan dalam upacara kelulusan.

Setelah 26 tahun berlalu, kelas 3-3 menjadi kelas terkutuk dan sering memakan korban, ceritanya sendiri fokus kepada murid pindahan bernama Sakakibara Kouichi dan gadis misterius bernana Misaki Mei yang berusaha agar bisa selamat dari kutukan.

7. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
  • Musim: Spring 2016
  • Studio: Silver Link.
  • Genre: Slice of Life, Comedy, School

Protagonis dari anime Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge terlihat seperti seorang pendiam karena sangat malas bergerak ataupun berbicara dan suka menghabisakan waktu dengan menyendiri untuk bermalas-malasan.

Anime dengan tokoh utama pemalas ini berpusat pada seorang siswa bernama Tanaka yang selalu terlihat lesu dan kegiatannya di kelas, setiap hari hanya tidur di atas meja atau melamun sambil menopang dagu.

Selain itu pada jam istirahat, Tanaka juga selalu pergi menyendiri ke tempat tenang dan jauh dari keramaian untuk bersantai dengan tidur maupun bermalas-malasan sampai akhirnya lupa waktu dan terlambat masuk kelas.

Beruntung Tanak mempunyai teman perhatian bernama Ohta yang siap mendukungnya dengan mengantikan Tanaka jika ada tugas berat hingga mengangkatnya ketika sedang malas untuk berjalan.

8. Saiki Kusuo no Ψ-nan

Saiki Kusuo
  • Musim: Summer 2016
  • Studio: J.C.Staff, Egg Firm
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, School, Shounen

Anime dengan karakter utama introvert bahkan sampai tidak pernah berbicara dan menolak untuk berhubungan dengan orang lain ini menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Saiki Kusuo yang sekaligus merupakan seorang cenayang.

Sejak lahir Saiki mempunyai kemampuan psikis seperti telekinesis, terleportasi, telepati dan lain sebagainya yang membuat hidupannya terlihat sangat mudah dan memungkinkan dirinya untuk mendapat semua yang diinginkan

Namun sewaktu masih berada di taman kanak-kanak, Saiki pernah menjadi sorotan media akibat tidak pernah kalah dalam bermain janken dengan menggunakan kemampuannya sehigga akhirnya Saiki menolak untuk menunjukan kekuatannya dimuka umum.

Saiki berusaha keras supaya tidak menjadi pusat perhatian dengan tidak menggunakan kekuatan di depan orang lain, akan tetapi semua tidak mudah seperti yang dibayangkan karena di sekolah, Saiki dikelilingi oleh orang-orang aneh yang sulit untuk diatasi.

9. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Boku wa Tomodachi ga Sukunai
  • Musim: Fall 2011
  • Studio: AIC Build
  • Genre: Ecchi, Slice of Life, Comedy, Harem, Romance, School

Menceritakan tentang murid pindahan bernama Kodaka Hasegawa yang sulit untuk mendapatkan teman karena penampilannya yang menyeramkan seperti berandalan dengan sorot mata tajam dan rambut pirangnya.

Suatu hari, Kodaka melihat teman sekelasnya bernama Yozora Mikazuki, seorang gadis aneh, soliter, pemarah dan sama-sama tidak memiliki teman ketika sedang berbicara dengan teman imajinasinya di kelas setelah jam pelajaran.

Menyadari mempunyai masalah yang sama yaitu sama-sama sulit mendapat teman, akhirnya Yozora menjajak Kodaka membuat Neighbours Club yang dirancang khusus untuk orang yang tidak punya teman dengan tujuan belajar cara menjalin pertemanan.

Selain itu, mereka juga meminta biarawati muda bernama Maria untuk menjadi guru pembimbing, tidak lama kemudian seorang murid populer yang sempurna sekaligus putri pemilik sekolah bernama Sena Kashiwazaki dan siswa penyendiri lain ikut bergabung dalam klub.


10. No Game No Life

No Game No Life
  • Musim: Spring 2014
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy

Salah satu rekomendasi anime isekai terbaik ini menceritakan tentang hikikomori bersaudara, Sora dan Shiro pemilik akun game yang sangat terkenal karena tidak terkalahkan dengan nickname "Kuuhaku/Blank".

Suatu hari, Kuuhaku mendapat sebuah pesan yang berisi tantangan untuk bermain dalam game catur dari orang misterius dan tentu dengan kerjasama dari kakak bertadik itu akhirnya Kuuhaku berhasil meraih kemengan.

Ternyata pengirim pesan tantangan itu adalah Tet, dewa dari dunia diatas papan bernama Disboard, dunia di mana semua masalah diselesaikan dengan game baik menyangkut nyawa seseorang maupun perbatasan negara sehingga tidak ada peperangan.

Setelah berhasil mengalahkan Tet, Sora dan Shiro diundang ke dunia Disboard dan di sana mereka juga berhasil menjadi raja bagi ras manusia untuk kemudian menaklukan dan menyatukan seluruh ras yang ada di Disboard.


11. Isshuukan Friends

Isshuukan Friends
  • Musim: Spring 2014
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen

Anime sedih bisa bikin nyesek sampai nangis ini mengisahkan tentang seorang gadis pendiam dan penyendiri bernama Fujimiya Kaori yang tidak bisa berteman dengan orang lain karena ingatan indah miliknya akan hilang setiap hari senin.

Cerita berawal ketika Yuuki Hase, teman sekelas Fujimiya mengajaknya untuk berteman karena sering melihatnya menyendiri, namun Fujimiya menolak ajakan dari Hase meski mengatakan bahwa dirinya merasa sangat senang.

Mendapat penolakan dari Fujimiya tidak membuat Hase menyerah dengan tetap terus berusaha untuk menjadi temannya hingga pada akhirnya Fujimiya memberitahukan rahasianya kepada Hase bahwa tidak bisa berteman dengan siapapun.

Setelah mendengar pernyataan Fujimiya, Hase bukan membeci atau menganggap perkataannya mengada-ngada melainkan justru menjadi lebih bertekad untuk berteman dengan Fujimiya meski harus membuat kenangan baru atau memulai lagi dari awal setiap minggunya.

12. Gamers!

Gamers
  • Musim: Summer 2017
  • Studio: Pine Jam
  • Genre: Comedy, Romance, School

Amano Keita, seorang maniak game penyendiri yang sama sekali tidak mempunyai teman karena terlalu sibuk dengan dunianya sendiri dan hanya berteman dengan game.

Suatu hari ketika sedang berbelanja di toko game, Amano bertemu Tendou Karen, gadis paling cantik dan populer di sekolah yang ternyata merupakan seorang maniak game.

Setelah membicarakan tentang game, Tendou mengundang Amano untuk bergabung dengan Klub Game sekolah dan ternyata Amano sangat payah dalam bermain game karena alasannya bermain hanya untuk dinikmati.

Akhirnya Amano menolak undangan dari Tendou untuk menjadi anggota Klub Game, namun Tendou bersikeras untuk mengajaknya bergabung karena sebenarnya diam-diam Tendou menyukai Amano dan ingin selalu bersamanya.
 

Start typing and press Enter to search