Cara Mengetahui Judul Anime Dari Gambar Screenshot

Salah satu hal paling menyebalkan dan sangat dibenci pencinta anime saat berada di sosial media seperti facebook, khususnya di grup tentang anime adalah ketika ada orang memposting gambar hasil screenshot anime tetapi tidak menyertakan judul pada caption post yang dibuatnya.

Apalagi jika thread starter langsung menghilang begitu saja setelah mengirim post gambar anime dan tidak merespon saat ditanya "what anime?" atau judul anime dari gambar yang dipostingnya.

Bagi yang sering mengalami hal seperti itu, tidak perlu khawatir sebab selain bertanya, masih ada cara lain untuk mengetahui judul anime dari gambar screenshot, yaitu dengan menggunakan anime search engine seperti whatanime.

Trace.moe merupakan purwarupa mesin pencari yang dapat mengetahui judul anime lewat gambar screenshot dengan cara mencocokan dari episode mana adegan itu berasal bahkan sampai dimenit keberapa gambar screenshot itu berada.

Untuk keakuratannya tidak perlu diragukan, sebab whatanime juga menyediakan fitur pratinjau yang bisa digunakan untuk memverifikasi kecocokan antara gambar anime source dengan adegan pada hasil pencarian.

Selain itu, tidak terbatas anime series, whatanime juga bisa mengidentifikasi film anime dan dapat digunakan diberagam perangkat mulai dari PC, smartphone android dan lain-lain dengan browser yang mendukung seperti Chrome, Firefox dan Opera.

Cara Mengetahui Judul Anime

Cara Mengetahui Judul Anime Dari Gambar Screenshot
1. Pastikan ada PC maupun smartphone dengan koneksi internet dan jangan lupa juga gambar screenshot anime yang ingin diketahui judulnya.

2. Buka browser, kemuadian cari trace.moe dalam kolom pencarian.

3. Di halaman trace.moe, upload gambar screenshot anime yang ingin diketahui judulnya dengan menggunakan "browse a file" untuk menggunggah dari penyimpanan lokal, atau "drag & drop" jika menggunakan PC dan bisa juga melalui URL.
Upload gambar whatanime untuk mencari judul anime
4. Jika gambar sudah muncul, selanjutnya klik tombol "search" untuk mulai mencari dan tunggu beberapa detik sampai keluar hasilnya.
Cari judul anime menggunakan situs whatanime
5. Setelah menunggu beberapa saat maka dikolom sebelah kanan halaman trace.moe akan keluar hasil pencarian berupa cuplikan episode lengkap dengan informasi waktu, seperti menit dan detik berapa adegan tersebut berada.

Segangkan dikolom bagian bawah akan tampil informasi lengkap tentang anime yang sesuai dengan gambar, mulai dari jumlah episode, genre, sinopsis sampai pengisi suara dan masih banyak lagi lainnya.
Hasil setelah judul anime diketahui dengan whatanime

Tapi harus diperhatikan, trace.moe hanya bisa digunakan untuk mencari dengan gambar source anime, bukan termasuk fanart, animasi barat dan karya original yang bukan bagian dari anime.

Selain itu, hasil dari cara mengetahui judul anime dari gambar screenshot menggunakan mesin pencari trace.moe ini hanya bisa menampilkan pratinjau singkat dan tidak diperuntukan untuk streaming anime dengan alasan menghargai karya dan hak cipta dari pembuat anime.

Bagaimana, sangat mudah bukan caranya? Dengan cara ini penggemar anime tidak perlu menunggu lama hanya untuk mendapat jawaban dari thread starter serta dibuat sibuk bertanya sana-sini tanpa mendapat hasil yang jelas.
 

Start typing and press Enter to search