Ulasan Anime: Violet Evergarden, Terlalu Cantik Sebagai Senjata

Violet Evergaden merupakan seri anime genre drama fantasy yang diproduksi oleh studio Kyoto Animation hasil adaptasi dari novel ringan yang ditulis oleh Kana Akatsuki dan diilustrasikan oleh Akiko Takase.

Informasi
  • Jumlah Episode: 13 Episode
  • Musim Rilis: Winter 2018
  • Periode Penayangan: 11 Januari 2018 - 5 April 2018
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Slice of Life, Drama, Fantasy
  • Durasi: 23 menit per episode
  • MAL Rating: 8.59

Sinopsis
Violet Evergaden adalah gadis cantik yang hanya dikenal sebagai senjata dan tidak memiliki perasaan.

Tapi meskipun dianggap tidak punya perasaan, Violet tetap saja manusia yang tidak bisa melupakan kata-kata terakhir dari orang yang dianggapnya penting dan kata tersebut adalah cinta.

Setelah perang usai, Violet bekerja disebuah perusahaan pelayanan pos dan ditempat kerjanya Violet melihat "Auto Memories Dolls", orang dengan pekerjaan menulis surat dan bertugas merubah perasaan seseorang menjadi rangkaian kata.

Karena penasaran dan demi mengetahui arti sebenarnya dari kata cinta yang diucapkan oleh orang yang dianggapnya penting, akhirnya Violet memutuskan untuk bekerja sebagai Dolls.

Review Violet Evergarden

Review Violet Evergarden

Story (8/10)

Dari segi cerita plotnya biasa saja bahkan bisa dibilang kurang mendetail karena ada bagian-bagian yang terkesan dipercepat tanpa adanya penjelasan yang jelas.

Contonya seperti ketika Violet baru saja selesai pelatihan, tanpa kejelasan tiba-tiba Violet bisa menjadi penulis surat untuk seorang putri.

Selain itu kurang dan minimnya elemen-elemen kejutan dalam anime Violet Evergarden membuatnya terasa sedikit hambar.

Tapi beruntung cerita anime Violet Evergarden tertolong karena adanya kombinasi yang sangat bagus dari drama yang berpadu dengan latar waktu pasca perang.

Kombinasi dari dua point penting tersebut menjadikan kisah drama dari anime Violet Evergarden terasa sangat mengena di hati dan terasa realistis sebab bukan hal aneh jika orang-orang yang terlibat perang memiliki trauma tersendiri akibat kenangan pahit dalam peperangan.

Grafis (10/10)

Grafis dan Art anime Violet Evergarden sangat luar biasa, tidak ada alasan untuk memberi nilai grafis anime ini kurang dari 10 point.

Jujur saja saya sebagai penggemar anime sangat suka dan sangat berterima kasih kepada orang-orang yang terlibat dalam pembuatan anime Violet Evergarden karena telah membuat wajah Violet terlihat sangat-sangat cantik meski dengan ekspresinya yang sedih dan datar.

Tidak ada yang perlu ditingkatkan lagi dari segi grafis anime Violet Evergarden karena sudah sangat sempurna.

Terlebih ketika ada potongan-potongan adegan action saat Violet bertarung melawan pasukan dari negara lain yang berniat mengancam keselamatan teman-temannya dibuat dengan bagus dan tidak kaku meskipun dalam genre anime Violet Evergarden tidak disebutkan adanya genre action.

Karakter (7.5/10)

Bagian ini yang agak sediktnya terasa mengganjal perasaan karena seperti yang sudah disebutkan diawal ada beberapa bagian yang terkesan dipercepat dan kurang detail.

Pengembangan karakter Violet dari seorang senjata tanpa perasaan yang hanya mengenal perintah dan pertempuran setelah selesai perang menjadi Dolls, penulis surat yang medeskripsikan perasaan menjadi kata-kata meski sudah melalui pelatihan dan kegagalan tiba-tiba saja bisa menjadi penulis handal yang dipercaya menulis surat milik seorang putri, hal tersebut tentunya terasa cukup aneh dan membingungkan.

Tapi untuk selebihnya pengembangan karakter Violet dalam perjalanan mengenal cinta tidak ada yang perlu dipermasalahkan karena dalam perjalanannya Violet telah menemui orang dengan permasalahan berbeda-beda sehingga tidak heran jika pada akhirnya Violet dapat menemukan arti cinta.

Sedangkan untuk karakter pendukungnya sendiri tidak ada masalah tapi juga tidak ada yang spesial, hanya ada beberapa katakter pendukung yang terlihat berperan serta dalam mengembangkan karakter Violet, misalnya seperti Gilbert, Hodgins dan Cattleya.

Soundtrack (9/10)

OP dan ED sangat bagus karena mudah untuk dinikmati, terlebih jika diamati lirik dari opening song anime Violet Evergarden berjudul Sincerely yang dinyanyikan dan dibawakan oleh TRUE (Miho Karasawa) sangat menggambarkan karakter seorang Violet.

Sedangkan untuk lagu ending anime Violet Evergarden berjudul Michishirube dibawakan dan dinyanyikan oleh Minori Chihara juga sangat nyaman untuk di dengar dan mudah dinikmati.

Keseluruhan (8/10)

Meskipun grafisnya luar biasa namun urusan cerita juga penting dan tidak boleh dilupakan sehingga untuk keselurun dari anime Violet Evergarden hanya bisa dibilang bagus akibat cerita terkesan dipercepat dan kurang detail.

Tapi jangan khawatir, untuk penggemar drama dipenuhi kisah sedih menyayat hati anime Violet Evergarden masih sangat direkomendasikan sebab keseluruhan dari anime ini masih tergolong memuaskan.
 

Start typing and press Enter to search