15 Rekomendasi Anime School Romance Comedy Terbaik

Anime dengan genre school romance comedy memang sangat menghibur dan menarik untuk disimak maka tidak heran kalau anime genre ini dicari dan diminati oleh banyak orang.

Selain menawarkan kisah cinta romantis, anime school romance comedy juga berisikan banyak adegan-adegan konyol mengocok perut.

Kebanyakan dari anime dengan latar sekolah ini menceritakan sepesang pelajar dengan sifat saling bertolak belakang dan tidak mengakui satu sama lain sehingga menyebabkan sering terjadi pertengkaran dan perselisihan.

Namun, uniknya perselisihan dan pertengkaran yang terjadi justru menjadi awal dua orang dengan sifat bertolak belakang bisa saling jatuh cinta serta menambah kesan lucu dari anime school romance comedy, contohnya seperti anime pada rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi Anime School Romance Comedy

1. Toradora!

Toradora!
Toradora! menceritakan pasangan unik yang sama-sama ditakuti siswa lain di sekolah, tapi memiliki kepribadian saling berlawanan bagaikan air dan minyak yang tidak akan pernah bisa bersatu.

Ryuuji Takasu, pria yang sangat memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan juga baik hati tapi akibat memiliki sorot mata tajam membuatnya ditakuti oleh siswa lain.

Sedangkan Aisaka Taiga, gadis bertubuh kecil, ceroboh dan pemalas namun ditakuti di sekolah karena mempunyai sifat kasar.

Sebenarnya Ryuuji menyukai sahabat Aisaka bernama Kushieda Minori sebaliknya Aisaka juga menyukai sahabat Ryuuji bernama Kitamura Yuusaku dan karena sebuah insiden mereka berdua akhirnya mengetahui rahasia satu sama lain.

Meskipun mempunyai sifat sangat berlawanan, namun dalam urusan cinta Ryuuji dan Aisaka setuju untuk saling membantu untuk melakukan pendekatan akibat rahasianya sudah terbongkar.

2. Ouran Koukou Host Club

Ouran Koukou Host Club
Memiliki latar disebuah sekolah elit khusus untuk anak-anak orang kaya, Ouran Koukou Host Club menceritakan klub sekolah beranggotakan siswa tampan dan populer.

Cerita dimulai ketika seorang rakyat jelata bernama Fujioka Haruhi yang mendapat beasiswa untuk bersekolah di Ouran High School sedang mencari tempat tenang untuk belajar. Namum justru tersesat dan berakhir diruangan Host Club.

Di tempat tersebut Fujioka tidak sengaja memecahkan vas bunga seharga 8 juta yen sehingga dipaksa bergabung menjadi anggota Host Club dan melayani pelanggan untuk membayar ganti rugi.

Tapi masalahnya, Fujioka sebenarnya adalah seorang gadis yang sangat manis jika sudah berpakaian dengan rapi hingga bisa membuat salah satu anggota Host Club jatuh cinta.

3. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo
Bergenre slice of life comedy dengan bumbu drama persahabatan dan kisah romantis, anime Sakurasou no Pet na Kanojo mencertakan kehidupan siswa bermasalah di asrama Sakurasou.

Berfokus pada siswa bernama Kanda Sorata yang baru dipindahkan ke asrama Sakurasou karena ketahuan memungut dan memelihara seekor kucing di asrama.

Suatu hari, Sorata diperintah oleh penanggung jawab asrama untuk menjemput dan menjaga siswa baru bernama Shiina Mashiro.

Shiina Mashiro merupakan siswa pindahan dari luar negri sekaligus seorang seniman jenius yang lukisannya sudah diakui dunia dan tujuan Shiina pindah ke Jepang tidak lain hanya untuk belajar menjadi seorang pelukis manga.

Meski ahli dalam Melukis, tapi Shiina sama sekali tidak bisa melakukan apapun sendirian sehingga dengan terpaksa Sorata harus mengurus segala keperluan Shiina setiap hari, mulai dari hal terkecil seperti memakai baju.

4. Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama!
Kaichou wa Maid-sama! menceritakan kehidupan Ayuzawa Misaki, ketua OSIS wanita pertama di SMA Seika, sekolah yang dipenuhi berandalan.

Misaki terkenal sangat kejam terhadap siswa laki-laki demi melindungi siswa perempuan karena memiliki trauma terhadap laki-laki.

Misaki dan keluarganya hidup dalam kesulitan akibat ayahnya pergi dengan meninggalkan setumpuk hutang sehingga Misaki harus bekerja sebagai maid disebuah cafe untuk membantu keluarga.

Pekerjaan tersebut dirahasiakan Misaki dari siswa lain agar tidak merusak nama baik OSIS. Namun suatu hari siswa populer bernama Usui Takumi tidak sengaja melihat Misaki ketika bekerja sebagai maid.

Bukan hanya Usui saja, tapi tiga siswa berandalan yang sering berurusan dengan Misaki bernama Shirokawa Naoya, Sarashina Ikuto dan Kurosaki Ryuunosuke juga mengetahui rahasia tersebut.

5. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun
Kisah romance dalam anime tentang mangaka ini sama sekali tidak ada sedikitpun kesan romantis karena setiap scene yang seharusnya romantis justru berubah menjadi scene lucu tak terduga akibat tingkah konyol dari karakter utamanya.

Menceritakan Nozaki, seorang siswa sekolah menengah yang bekerja paruh waktu sebagai mangaka shoujo dan dikalangan pelajar manga buatannya cukup digemari.

Suatu hari seorang gadis bernama Sakura Chiyo menyatakan perasaan suka kepada Nozaki. Namun Nozaki justru memberikan tanda tangan kepada Sakura sebagai balasannya.

Kemudian, Sakura mengatakan bahwa dia ingin selalu bersama Nozaki tetapi yang dilakukan Nozaki justru mengajak Sakura ke apartemen dan menjadikannya sebagai asisten.

Semakin lama mereka bersama-sama maka akan semakin banyak kelucuan terjadi akibat ketidakmampuan Nozaki dalam membaca situasi, terlebih Nozaki juga dikelilingi teman-teman yang tergolong aneh.

6. Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru

Oregairu
Oregairu mempunyai cerita cukup unik karena berisikan sepasang siswa antisosial dan penyendiri.

Hachiman Hikigaya, siswa dengan pandangan aneh tentang pertemanan, baginya pertemanan hanya sekedar hubungan antara sekelompok pendusta.

Karena hal tersebut, Hachiman dipaksa bergabung ke Service Club oleh gurunya, Service Club adalab klub sekolah yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah setiap siswa meminta bantuan.

Service Club mempunyai satu anggota bernama Yukinoshita Yukino, murid cerdas dan tercantik di sekolah yang berasal dari keluarga kaya sehingga karena terlalu sempurna Yukino tersingkir dari pergaulan.

Hachiman dan Yukino harus bekerja sama dalam melakukan kegiatan klub untuk menyelesaikan masalah dari siswa yang meminta bantuan.

Namun ketika menyelesaikan masalah, Hachiman lebih suka menggunakan jalan pintas dengan mengorbankan diri meskipun membuatnya dibenci orang lain.

7. Nisekoi

Nisekoi
Anime Nisekoi sangat direkomendasikan bagi penggemar anime genre harem school dan bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan anime terbaik yang harus ada dalam whitelist.

Menceritakan Raku Ichijou, seorang siswa SMA pewaris keluarga Yakuza. Ketika masih kecil, Raku pernah membuat janji kepada seorang gadis untuk menikah jika meraka bertemu kembali.

Sebagai bukti janji tersebut, Raku memiliki liontin berbentuk gembok yang selalu dibawa setiap hari dan hanya gadis yang membuat janji dengannya yang memiliki kunci untuk membuka liontin tersebut.

Suatu hari murid pindahan bernama Kirisaki Chitoge, cantik putri seorang bos mafia dijodohkan dengan Raku untuk menhindari peperangan antara Yakuza dan mafia.

Raku diharuskan pura-pura berpacaran dengan Chitoge meski sebenarnya sudah menyukai gadis lain bernama Onodera Kosaki.

Namun seiring berjalannya waktu, gadis yang mengaku membuat janji dan memiliki kunci liontin gembok milik Raku satu per satu mulai bermunculan.

8. Special A

Cinta dan persaingan, sepertinya menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan anime Special A karena selain menjadi kekasih ternyata orang tercinta juga bisa dijadikan sebagai saingan.

Menceritakan gadis bernama Hanazono Hikari yang sejak kecil telah dilatih gulat oleh ayahnya sehingga bisa dengan mudah mengalahkan semua lawannya dan merasa tidak memiliki saingan.

Suatu hari, Hikari bertemu Takishima Kei, orang pertama yang bisa mengalahkannya dengan mudah dan sejak saat itu, Hikari terus menantang Takishima untuk bersaing dalam segala bidang meskipun selalu mengalami kekalahan.

Bahkan persaingan antara keduanya berlangsung sampai SMA, mereka belajar di sekolah yang sama dan berada di kelas yang sama namun Hikari selalu kalah dan menjadi nomor dua.

Karena terlalu fokus untuk mengalahkan Takishima, sampai-sampai Hikari tidak menyadari bahwa sesungguhnya Takishima mempunyai perasaan suka kepada dirinya.

9. Tonari no Kaibutsu-kun

Anime school romance comedy berjudul Tonari no Kaibutsu-kun ini menceritakan kisah cinta unik antara kutu buka dan berandalan sekolah.

Mizutani Shizuku, gadis kutu buku yang hanya peduli pada belajar demi menggapai masa depan gemilang sehingga tidak mempedulikan orang lain dan lingkungan sekitar.

Suatu hari, Shizuku diberi tugas oleh gurunya untuk memberikan lembaran tes kepada teman sekelasnya yang bernama Yoshida Haru.

Sejak hari pertama sekolah, Haru sama sekali tidak pernah masuk kelas karena terlibat insiden berdarah dengan memukul seniornya hingga masuk rumah sakit.

Haru cukup ditakuti disekolah padahal sebenarnya Haru adalah anak baik yang hanya ingin punya banyak teman untuk diajak bermain bersama.

Setelah pertemuan pertama, Haru langsung menganggap Shizuku sebagai teman dan tidak selang berapa lama, Haru menyatakan perasaan sukanya kepada Shizuku.

10. Boku wa Tomodachi ga Sukunai

Boku wa Tomodachi ga Sukunai
Anime genre school harem dengan latar cerita di sebuah klub sekolah ini berpusat pada seorang siswa pindahan bernama Hasegawa Kodaka.

Di sekolahnya, Hasegawa mengalami kesulitan dalam mencari teman karena memiliki sorot mata yang tajam dan warna rambut pirang sehingga membuatnya terlihat seperti berandalan.

Suatu hari, Hasegawa melihat teman sekalasnya yang penyendiri bernama Yozora ketika sedang berbicara dengan teman imajinasi.

Sadar bahwa mereka berdua sama-sama tidak mempunyai teman, Yozora mengajak Hasegawa membuat klub sekolah Neighbours Club dengan tujuan untuk menjalin hubunga pertemanan.

Tidak butuh waktu lama sampai anggota klub mulai bertambah, seorang gadis cantik bernama Sena yang sangat menyukai eroge dan beberapa siswa lain bergabung.

11. Ookami Shoujo to Kuro Ouji

Ookami Shoujo to Kuro Ouji
Sudah menjadi hal wajar kalau seorang gadis SMA menyimpan foto laki-laki yang diakuinya sebagai pacar dalam handphone untuk dipamerkan kepada teman-temannya.

Tapi yang jadi masalah yaitu kalau laki-laki yang diakui sebagai pacar bukanlah orang yang dikenal karena tentu akan sangat memalukan jika sampai ketahuan oleh orang lain.

Seperti yang ada dalam cerita anime Ookami Shoujo to Kuro Ouji yang menceritakan gadis SMA bernama Erika Shinohara.

Demi mendapatkan teman, Erika sengaja berbohong dengan mengakui foto laki-laki yang ada di dalam handphone-nya sebagai pacar padahal Erika sama sekali tidak kenal dengan laki-laki tersebut.

Tidak disangka ternyata foto laki-laki di handphone Erika ternyata adalah foto siswa terpopuler di sekolah Sata Kyouya yang dijuluki sebagai pangeran karena kelembutan sifat dan ketampanannya.

Demi menutupi kebohongan agar tidak diketahui teman-temanya, Erika meminta Sata untuk berpura-pura menjadi pacarnya dan Sata menerima permintaan tersebut, tapi dengan syarat, Erika harus menjadi "anjing peliharaan" dan harus menuruti semua perintah Sata.

12. Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru

Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru
Hampir mirip dengan anime Ookami Shoujo to Kuro Ouji, pada anime OreShura semua juga berawal dari kebohongan dan pura-pura.

Cerita fokus kepada Kidou Eita, siswa dengan mimpi mendapat beasiswa kuliah di universitas kedokteran supaya bisa balas budi kepada bibi yang telah merawatnya sejak orang tuanya berpisah.

Demi mengapai mimpinya, Eita membuang semua hal yang menurutnya tidak penting dan menjadi laki-laki anti-cinta, bahkan membuat peraturan sendiri, seperti utamakan belajar dan hindari cinta karena berbahaya.

Suatu hari Masuzu Natsukawa, gadis cantik populer murid pindahan dari luar negri meminta Eita untuk berpura-pura menjadi pacarnya karena terlalu sering diajak berpacaran dan merasa lelah harus menolak setiap ajakan tersebut.

Eita terpaksa harus menerima permintaan tersebut karena Nasuzu memiliki buka catatan rahasia milik Eita berisi khayalan memalukan dan mengancam akan menyebarkan isi dari buku catatan tersebut.

13. Gamers!

Gamers
Anime berjudul Gamers! ini sama sekali tidak ada hubungan dengan bermain game melainkan justru menceritakan kisah percintaan, kegiatan sekolah dan kehidupan sehari-hari seorang penghobi game

Dalam anime Gamers! banyak terjadi kekonyolan disebabkan oleh salahpaham akibat komunikasi yang tidak bejalan dengan semestinya dan juga karena kurangnya pengalaman cinta dari tokoh yang ada di dalamnya.

Menceritakan maniac game penyendiri bernama Amano Keita. Ketika sedang berada ditoko game Amano bertemu Tendou Karen, gadis tercantik dan terpopuler di sekolahnya yang ternyata juga seorang maniac game.

Karen mengajak Amano bergabung ke Club Game sekolah tapi Amano menolaknya. Tidak disangka ternyata tujuan Karen mengajak Amano bergabung ke Club Game yaitu karena Karen suka dengan Amano sehingga ingin selalu terus bersama-sama.

14. Masamune-kun no Revenge

Masamune-kun no Revenge
Anime Masamune-kun no Revenge mungkin dapat membangkitkan semangat bagi orang yang pernah mendapat penolakan dan memberikan motivasi untuk menaklukan orang yang disuka.

Mengisahkan perjalanan balas dendam Masamune Makabe, seorang siswa pindahan yang tampan dan bertubuh atletis. Sewaktu masih kecil, Masamune pernah menyatakan cinta kepada Aki Adagaki.

Namun Masamune ditolak mentah-mentah karena memiliki tubuh gemuk seperti babi sehingga akibat penolakan tersebut, Masamune berlatih keras agar memiliki tubuh atletis untuk balas dendam kepada Aki dengan cara membuatnya jatuh cinta.

Ketika SMA, Masamune dan Aki belajar di sekolah yang sama. Aki sama sekali tidak berubah tetap kejam saat menolak laki-laki yang mengajaknya berpacaran, setelah mengetahui hal tersebut akhirnya Masamune mulai bergerak mendekati Aki.

15. Boku no Kanojo ga Majimesugiru Sho-bitch na Ken

Boku no Kanojo ga Majimesugiru Sho-bitch na Ken
Jangan kaget kalau menemukan banyak komedi dengan kata-kata kotor saat menonton anime Boku no Kanojo ga Majimesugiru Sho-bitch na Ken akibat banyaknya heroine mesum dalam anime ini.

Menceritakan tentang seorang siswa bernama Haruka Shinozaki yang suka kepada ketua kelasnya bernama Akiho Kousaka yang hebat dalam segala bidang, baik akademis maupun non-akademis.

Suatu hari Shinozaki memberanikan diri untuk menyatakan perasaan kepada Kousaka dan dengan mudahnya, Kousaka menerima Shinozaki menjadi pacarnya. Namun, ketika mereka berpacaran hal-hal aneh dan lucu mulai terjadi.

Kousaka bertekad untuk menjadi pacar yang baik bagi Shinozaki dengan mempelajarinya dari buku, tapi Kousaka justru terlihat mesum karena buku yang dipelajarinya adalah cara memuaskan pasangan secara seksual.

 

Start typing and press Enter to search