Daftar Perlengkapan Kemah Berdasarkan Anime Yuru Camp

Yuru Camp△ atau Laid-Back Camp merupakan anime hasil adaptasi dari serial manga karya Afro dan diproduksi oleh C-Station.

Informasi
  • Judul Alternatif: Laid-Back Camp
  • Total Episode: 12 Episode
  • Status: Tamat
  • Musim: Winter 2018
  • Periode Tayang: 4 Januari - 22 Maret 2018
  • Studio: C-Station
  • Genre: Comedy, Slice of Life
  • Durasi: 23 menit per episode
  • MAL Rating: 8,37 (32,058 users)
Yuru camp
Sinopsis
Memceritakan seorang gadis penghobi kegiatan solo camping bernama Shima Rin. Ketika hendak berkemah di gunung Fuji, Rin melihat seorang gadis bernama Kagamihara Nadeshiko sedang terlelap di pinggir jalan.

Menjelang malam setelah mendirikan tenda, Rin pergi ke toilet kemudian dikagetkan oleh kehadiran Nadeshiko yang ternyata baru saja terbangun dari tidurnya.

Rin mengajak Nadeshiko ke tenda dan dari tenda Nadeshiko dibuat kagum melihat pemandangan gunung Fuji di malam hari sehingga tertarik dengan kegiatan kemah serta berkeinginan mengajak Rin untuk pergi kemah bersama suatu hari nanti.

Dalam anime berisi gadis-gadis cantik penyuka kegiatan outdour khususnya berkemah ini banyak sekali penjalasan tentang dasar-dasar camping yang sangat bermanfaat untuk pemula.

Meskipun tempat kemah pada anime Yuru Camp△ kebanyakan berada di daerah dingin. Namun, pelajaran dalam anime ini tetap bisa diterapkan di bermacam-macam kondisi lokasi perkemahan sehingga sangat direkomendasikan bagi penghobi kegiatan outdoor khususnya berkemah.

Pelajaran bermanfaat yang dapat diambil dari anime Yuru Camp△ yaitu salah satunya tentang perlengkapan kemah apa saja yang harus dibawa ketika pergi berkemah yang dijelaskan secara rinci pada Episode 3.
Perlengkapan kemah

Perlengkapan Kemah

1. Tenda

Tenda merupakan perlengkapan kemah paling dasar yang harus dimiliki oleh pecinta kegiatan outdoor untuk berlindung dari panas dan hujan.

Tenda dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan cara berdirinya yaitu tenda free standing dan tenda non-free standing.

Dari dua jenis itu tenda masih bagi berdasarkan bentuknya seperti tenda dome, pop-up, tunnel dan lain-lain.

Selain itu, tenda juga memiliki lapisan berbeda-beda dan merek bermacam-macam sehingga ada banyak sekali opsi yang bisa digunakan ketika sedang memilih tenda.

Tips:
  • Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan
  • Menggunakan tenda compact dan ringan tapi kuat adalah pilihan terbaik
  • Sesuaikan lapisan tenda dengan kondisi cuaca di tempat kemah
  • Pilih tenda yang mudah didirikan 
  • Pilih tenda dengan warna cerah, dan
  • Pastikan interior memiliki fasilitas memadahi

2. Matras dan Sleeping Bag

Bukan hanya tenda, matras dan sleeping bag juga sangat dibutuhkan keberadaannya saat berkemah untuk melepas lelah dan melawan dinginnya udara di malam hari.

Matras berfungsi untuk menambah kenyamanan dengan melindungi tubuh saat bermalam di atas tanah dengan permukaan keras dan tidak rata.

Sedangkan kantong tidur lebih difungsikan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat ketika sedang menghadapi dinginnya udara malam di tempat kemah.

Tips:
  • Semakin tebal matras akan semakin nyaman
  • Biasanya sleeping bag dengan harga lebih mahal terasa lebih hangat karena perbedaan bahan baku
  • Ukuran jangan sampai terlalu kecil maupun terlalu besar
  • Pilih sleeping bag dengan penutup kepala

3. Baju Ganti

Sebaiknya bawa baju ganti sesuai kebutuhan yang disesuaikan dengan lama waktu berkemah serta cuaca di tempat kemah untuk berjaga-jaga kalau sampai baju yang digunakan tiba-tiba basah dan suhu udara berubah menjadi dingin.

Jangan pernah membawa baju ganti berlebihan karena hanya akan mempersulit ketika packing dan memperberat barang bawaan serta jangan sampai lupa juga membawa baju untuk ibadah.

4. Peralatan Mandi

Sangat tidak lucu jika sampai kegiatan outdoor yang menyenangkan justru menjadi bencana karena kesehatan terganggu akibat tidak menjaga kebersihan tubuh.

Peralatan mandi yang perlu dibawa cukup perlengkapan sederhana yang biasa digunakan sehari-hari seperti handuk, sabun, pasta gigi dan shampo.

5. Peralatan Masak dan Logistic

Bawa logostik atau bahan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengisi kembali stamina setelah seharian beraktifitas.

Sedangkan untuk peralatan masak cukup bawa peralatan masak khusus camping yang praktis, ringan dan tidak memakan terlalu banyak tempat dalam carrier seperti yang banyak beredar di toko perlengkapan outdoor.

Untuk kompor bisa membawa kompor mini portable dan gas khusus sebagai bahan bakar supaya lebih ringkas.

6. Peralatan Api Unggun

Peralatan api unggun seperti korek api dan kayu bakar juga harus disiapkan terlebih dahulu jika berkemah di tempat yang sulit untuk mencari kayu bakar.

Jangan lupa menggunakan alas ketika membuat api unggun di tempat kemah yang banyak daun dan rumput kering dengan kemungkinan besar tersambar api untuk menghindari kemunginan terjadinya kebakaran.

Untuk membuat api unggun ada beberapa cara yang dapat dugunakan supaya tetap aman seperti dengan fire ring, mound fire dan fire pan.

Tips:
  • Patuhi peraturan di lokasi kemah
  • Pilih tempat aman yang tidak banyak benda mudah terbakar disekitarnya
  • Jaga api jangan sampai terlalu besar
  • Jangan menyalakan api dengan bahan bakar cair
  • Pastikan api benar-benar padam ketika ditinggalkan.

7. Plastic Sampah

Pastik sampah merupakan perlengkapan kemah paling sederhana tapi juga paling sering dilupakan orang-orang.

Jangan sampai niat bersenang-senang dengan menikmati keindahan alam justru menimbulkan masalah karena membuang sampah sembarangan sehingga mengotori lingkungan dan merusak alam.

Plastik sampah harus disediakan sejak tenda berdiri dan jangan lupa dibawa lagi untuk dibuang pada tempatnya setelah pulang dari tempat camping.

Selain sebagai tempat sampah, palstik juga bisa digunakan untuk packing supaya barang-barang bawaan tidak basah saat terkena hujan.

8. Tisu

Tmpat berkemah biasanya jauh dari fasilitas umum seperti toilet sehingga keberadaan tisu sangat diperlukan untuk membersihkan kotoran setelah buang air dan menjaga kebersihan badan.

9. P3K

Perlengkapan kemah ini sangat penting untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan karena tidak selamanya kegiatan berkemah akan berjalan sesuai rencana.

Meskipun tempat kemah terbilang sangat aman dan dekat dengan peradaban tapi perlengkapan ini tidak boleh sampai ditinggalkan.

Untuk menyiapkan P3K tidak terlalu sulit karna sudah ada paket P3K dengan isiterbilang lengkap seperti perban, alkohol, antiseptik dan lain-lain tersedia dipasaran.

Selain itu, untuk orang dengan riwayat penyakit tertentu jangan sampai lupa membawa obat-obatan pribadi.

10. Lampu dan Senter

Tidak mungkin bisa melewati malam di tempat kemah tanpa ada sumber cahaya, maka dari itu keberadaan lampu dan senter sangatlah penting.

Supaya lebih praktis bisa menggunakan senter multifungsi yang bisa dijadikan sebagai lentera sekaligus digunakan sebagai senter biasa, lebih baik lagi kalau memiliki fitur lebih seperti anti air dan tahan guncangan serta jangan lupa membawa batrai cadangan.

11. Selimut dan Sandal

Akan sangat merepotkan kalau berada di tempat camping dengan terus-menerus memakai sepatu sehingga menjadikan sandal akan terasa sangat bermanfaat untuk berjalan jarak dekat disekitar tempat perkemahan.

Sedangkan untuk selimut bisa digunakan ketika malam hari saat memandangi langit sambil duduk di sebelah api unggun atau sebagai penganti selimut bisa juga menggunakan sarung supaya lebih mudah.

Itulah daftar perlengakapan kemah yang harus dibawa saat pergi berkemah berdasarkan anime Yuru Camp△, sebenarnya masih ada satu lagi perlengkapan kemah yang sangat penting yaitu alat hiburan seperti gitar, novel dan lain-lain.

Tapi karena setiap orang memiliki selera masing-masing maka hal tersebut termasuk perlengkapan kemah optional. Sedangkan kalau saya sendiri lebih suka menjadikan anime sebagai hiburan saat berkemah.
 

Start typing and press Enter to search