15 Anime Dengan Karakter Utama Cerdas Dan Jenius

Anime dengan tokoh utama cerdas dan jenius memang sangatlah menarik perhatian karena menyenangkan untuk ditonton akibat banyak kejutan terjadi di dalamnya.

Kejuatan-kejutan yang terjadi biasanya bersumber dari kecerdikan tokoh utama saat sedang mencoba menyelesaikan sebuah masalah dengan cara tidak terduga sehingga membuat kagum banyak orang.

Selain itu, masih ada daya tarik lain dari anime dengan pemeran utama cerdas dan jenius, yaitu kebanyakan tokoh anime cerdas dan jenius juga cenderung memiliki kepribadian unik yang bisa dibilang aneh namun tetap terlihat keren.

Maksud dari kepribadian unik disini adalah sifat yang nyentrik dan sama sekali tidak menunjukan bahwa karakter tersebut merupakan orang yang cerdas, seperti pemalas, pendiam dan penyendiri.

Untuk yang suka maupun yang penasaran seperti apa serunya anime dengan karakter utama cerdas dan jenius yang penuh dengan kejutan. Silahkan simak daftar rekomendasi animenya berikut ini.

Anime Dengan Tokoh Utama Cerdas dan Jenius

1. Death Note (Light Yagami)

Death Note
  • Rilis: Fall 2006
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen

Selain pemeran utamanya jenius, dalam anime Death Note musuh yang ada juga merupakan orang yang cerdas sehingga menambah keseruan cerita karena adanya konflik adu taktik dan strategi.

Light Yagami, seorang siswa jenius secara tidak sengaja menemukan Death Note, buku kematian yang bisa digunakan untuk membunuh seseorang hanya dengan menulis namanya milik shinigami bernama Ryuk .

Dengan menggunakan Death Note dan nama samaran sebagai "Kira", Light yang merasa dunia menjadi semakin busuk memutuskan membunuh semua penjahat untuk menciptakan dunia ideal tanpa kejahatan.

Namun, semakin lama aksi Light semakin tidak terkendali sehingga akhirnya membuat seorang detektif handal dengan code name "L" harus turun tangan menawarkan diri membantu polisi Jepang untuk menyelesaikan kasus Kira.

2. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (Ayanokouji)

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e
  • Rilis: Summer 2017
  • Studio: Lerche
  • Genre: Drama, Psychological, School, Slice of Life

Anime dengan karakter utama pendiam dan antisosial ini berlatar di Akademi Koudo Ikusei, sekolah elite dengan fasilitas super mewah yang didirikan oleh pemerintah Jepang untuk membina generasi muda calon penopang negara di masa depan.

Setiap lulusannya 100% akan diterima, entah itu untuk kuliah atau bekerja. Namun, mereka harus belajar dengan metode ajar dan kurikulum khusus sehingga hanya murid terbaik dan bisa bertahan yang akan diperlakukan dengan baik.

Kiyotaka Ayanokouji, baru masuk menjadi siswa Akademi Koudo Ikusei dan berada di kelas paling buruk yaitu kelas 1-D, di sana Ayanokouji bertemu dengan seorang gadis antisosial bernama Suzune Horikita yang berambisi mendaki sampai kelas A.

Awalnya Horikita tidak tertarik berteman dengan orang lain bahkan saat Ayanokouji mengajaknya bicara, Horikita membalasnya dengan dingin, tapi ketika kelas 1-D berada dalam masalah, akhirnya Horikita memutuskan untuk mengajak Ayanokouji bekerjasama agar bisa keluar dari masalah.

3. Mahouka Koukou no Rettousei (Shiba Tatsuya)

Mahouka Koukou no Rettousei
  • Rilis: Spring 2014
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Sci-Fi, Supernatural, Magic, Romance, School

Anime magic school terbaik dengan tokoh utama cerdas dan kuat tapi berpura-pura lemah dengan menyembunyikan kekuatan ini berlatar di masa depan ketika sihir yang dianggap mitos berhasil dikembangkan dengan bantuan teknologi.

Dua bersaudara, Shiba Tatsuya dan Miyuki Tatsuya baru masuk menjadi siswa tahun pertama di First High School, sebuah akademi sihir yang membagi siswa menjadi dua kelas berdasarkan kemampuan praktik sihir.
  • First Course atau Bloom merupakan siswa dengan nilai praktik tinggi
  • Second Course atau Weed merupakan siswa dengan nilai praktik rendah

Miyuki menjadi Bloom dengan nilai dengan nilai praktik sihir paling tinggi di sekolah sedangkan Tatsuya harus puas hanya menjadi Weed karena metode pengujian yang tidak bisa kemanpuan irregular miliknya.

Akhirnya Tatsuya sering diremehkan oleh siswa lain akibat hanya menjadi Weed, namun Miyuki selalu membela kakaknya karena hanya dirinya yang mengetahui kekuatan sesungguhnya milik Tatsuya yang disembunyikan.


4. Log Horizon (Shiroe)

Log Horizon
  • Rilis: Fall 2013
  • Studio: Satelight
  • Genre: Action, Game, Adventure, Magic, Fantasy

Soal kecerdasan misalnya menyusun rencana, kehebatan Shiroe tidak perlu dipertanyakan lagi, bukan hanya ahli dalam membuat strategi untuk bertempur tapi Shiroe juga ahli dalam membuat siasat politik.

Bahkan hanya dengan kecerdasannya, Shiro bisa membuat kehidupan dalam dunia game menjadi lebih baik dengan memaksa semua pemain yang terjebak dalam game untuk mengikuti peraturan baru yang ditetapkan.

Cerita dimulai ketika pemain dari game MMORPG populer bernama Elder Tale secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas sudah berada dalam game saat bermain bersamaan dengan waktu sistem sedang melakukan update ekspansi.

Akibatnya kekacauan pun tidak dapat dihindari karena banyak pemain dilanda kepanikan serta tidak sedikit juga pemain memanfaatkan situasi untuk berbuat semaunya dengan melakukan hal buruk kepada NPC maupun pemain lainnya.

Shiroe, seorang pemain veteran game Elder Tale memutuskan mengumpulkan seluruh temannya untuk mencari informasi dan bersama pemain lain dengan pengaruh besar, Shiroe mulai menyusun rencana supaya kehidupan dalam game menjadi lebih baik.

5. No Game No Life (Sora & Shiro)

No Game No Life
  • Rilis: Spring 2014
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy

Bukan hanya satu, tapi pada anime No Game No Life ada dua karakter luar biasa, yaitu Sora yang sangat fasih bicara dan cerdas dalam menyusun strategi serta adiknya Shiro merupakan seorang jenius dalam logika dan perhitungan.

Mereka berdua adalah hikikomori pemilik akun game dengan nickname "Kuuhaku" yang terkenal karena tidak pernah mengalami kekalahan dalam setiap game yang dimainkan hingga pemain lain mengiranya sebagai cheater.

Suatu hari, Kuuhaku mendapat sebuah pesan yang berisi tantangan untuk bertanding dalam bermain catur yang dikirim oleh orang misterius dan tentu saja dengan kerjasamsama, Sora dan Shiro tidak terkalahkan.

Ternyata orang misterius itu adalah Tet, seorang dewa dari Disboard, dunia di mana semua masalah ditentukan dengan game, baik menyangkut nyawa seseorang maupun perbatasan negara sehingga tidak ada peperangan.

Setelah berhasil membuktikan kehebatan dengan mengalahkan Tet, akhirnya Sora dan Shiro dibawa ke dunia Disboard dan mereka juga menjadi raja untuk ras manusia untuk kemudian menaklukan dan menyatukan semua ras yang ada di Disboard.

6. Code Geass (Lelouch Lamperouge)

Code Geass
  • Rilis: Fall 2006
  • Studio: Sunrise
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School

Lelouch Lamperouge, tokoh anime paling disukai dari anime sedih bisa bikin nyesek sampai nangis ini termasuk karakter cerdas yang ahli menyusun strategi perang, menurutnya mengatur jalannya pertempuran tidak lebih dari menggerakan bidak catur.

Mengisahakan tentang Lelouch Lamperouge yang dikenal juga sebagai Lelouch vi Britannia, seorang pangeran dari kerajaan Britannia yang dibuang ke Area 11, dulunya adalah Jepang sebelum akhirnya berubah nama setelah ditaklukan oleh kerajaan Britannia.

Suatu hari dalam perjalanan pulang dari bermain catur dengan bangsawan, Lelouch terlibat diantara pertempuran pasukan kerajaan Britannia melawan pemberontak dan dirinya hampir saja dibunuh oleh pasukan Britannia.

Namun Lelouch berhasil selamat karena mendapat kekuatan mata yang disebut Geass pemberian dari seorang penyihir immortal bernana C.C yang dapat digunakan untuk memerintah orang yang bertatap mata dengannya.

Bermodalkan kekuatan Geass dan keahlian dalam menyusun strategi, akhirnya Lelouch memutuskan bergabung dan membantu pasukan pemberontak dengan menggunakan nama samaran sebagai Zero saat beraksi untuk balas dendam kepada ayahnya.


7. Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records (Glenn Radars)

Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
  • Rilis: Spring 2017
  • Studio: LIDENFILM
  • Genre: Action, Magic, Fantasy, School

Glenn Radars adalah protagonis utama anime Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records yang sebenarnya cerdas dan kuat tapi karena sifat buruknya, Glenn terlihat sangat tidak berguna.

Cerita dari anime dengan tokoh utama pemalas ini berawal ketika Glenn dipaksa untuk menjadi guru pengganti di sebuah akademi sihir karena seorang guru menghilang secara tiba-tiba.

Di hari pertama mengajar, Glenn sudah terlambat masuk kelas dan menyuruh murid-muridnya untuk belajar sendiri sedangkan dirinya justru bersantai dan bermalas-malasan.

Kemalasan Glenn membuat Sistine, seorang putri bangsawan sekaligus murid di akademi tidak bisa menahan kemarahan hingga menantangnya untuk berduel dan tidak disangka Glenn bisa dikalahkan dengan mudah.

Sampai suatu hari ketika akademi sihir diserang oleh kelompok teroris, akhirnya Glenn mulai serius dengan menunjukan kemampuan sesungguhnya untuk melindungi semua murid-muridnya di akademi sihir.


8. Nejimaki Seirei Senki (Ikta Solork)

Nejimaki Seirei Senki
  • Rilis: Summer 2016
  • Studio: Madhouse
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Military

Ikta Solork adalah tokoh utama anime Nejimaki Seirei Senki yang sangat malas dan benci militer, tapi sangat ahli menyusun strategi militer bahkan bisa dengan mudah membalikan keadaan ketika sedang terdesak.

Cerita bermula ketika Ikta Solork, seorang pemuda malas yang menolak untuk mengikuti ujian militer dan lebih memilih menggoda wanita dipaksa pergi bersama gadis cantik bernama Yatorishino Igsem untuk mengikuti ujian militer.

Dengan terpaksa karena diancam akan dijadikan sebagai penjaga perpustakaan jika menolak pergi, akhirnya Ikta berangkat ke tempat ujian bersama Yatori menggunakan kapal, tapi dalam perjalanan kapal mereka tenggelam akibat badai.

Ikta bersama teman-temannya berhasil selamat tapi mereka terdampar di wilayah musuh sehingga nyawa mereka dalam bahaya dan ternyata di kapal juga ada seorang putri bernama Chamille Kitora Katjvanmaninik yang ikut terdampar.

Akhirnya dengan mengandalkan kecerdasannya, Ikta berusaha menyelamatkan teman-temannya dan sang putri dengan menyusun rencana untuk membawa mereka semua supaya bisa kembali ke wilayah kerajaan dengan selamat.

9. Aldnoah.Zero (Kaizuka Inaho)

Aldnoah.Zero
  • Rilis: Summer 2014
  • Studio: A-1 Pictures, TROYCA
  • Genre: Action, Military, Sci-Fi, Mecha

Kaizuka Inaho, protagonis utama dari anime Aldnoah.Zero ini jenius dan cerdasnya berlebihan, bayangkan saja hanya dengan menggunakan robot latihan dan strategi, Inaho mampu mengalahkan robot berteknologi tinggi milik musuhnya.

Menceritakan ketika di permukaan bulan muncul Hypergate, gerbang penghubung antara Bulan dan Mars sehingga manusia berbondong-bodong pergi ke planet Mars dan membentuk Kekaisaran Vers karena banyaknya manusia yang ada di Mars.

Namun tidak ada perdamaian diantara manusia yang tinggal di planet Mars dan penduduk bumi akibat Kekaisaran Vers yang mewarisi teknologi kuno Mars disebut Aldnoah mendeklarasikan perang melawan bumi.

Pertempuran sengit yang terjadi di permukaan bulan membuat Hypergate hilang kendali sehingga menghancurkan bulan dan beberapa tahun setelah tragedi, Putri Kekaisaran Vers bernama Asseylum Vers Allusia mengunjungi ke Bumi sebagai duta perdamaian.

Namun ketika berada di bumi, Asseylum diserang oleh pihak yang tidak menginginkan perdamaian antara Bumi dan Mars sehingga akhirnya membuat Kekaisaran Vers kembali melancarkan aksi untuk menginvasi Bumi karena mengira Asseylum tewas dalam penyerangan.


10. Senjou no Valkyria (Gunther Welkin)

Senjou no Valkyria
  • Rilis: Spring 2009
  • Studio: A-1 Pictures
  • Genre: Action, Military, Romance

Karakter utama cerdas dan jenius dalam anime Senjou no Valkyria bernama Gunther Welkin yang merupakan seorang komandan muda yang tidak pernah kalah dalam pertempuran sekaligus putra dari seorang pahlawan besar yang dihormati.

Berlatar di benua fiktif bernama Europa, anime Senjou no Valkyria menceritakan peperangan yang terjadi antara dua kekuatan besar, yaitu Imperial Empire melawan Aliansi Demokrasi.

Sebuah negara netral bernama Gallia sedang bersiap untuk berperang setelah Imperial Empire memutuskan menyerang negara mereka karena ingin menguasai semua sumber daya yang ada.

Alicia, anggota pasukan pengintai dari Gallia menagkap pemuda yang dicurigai sebagai mata-mata kerajaan, padahal sebenarnya pemuda itu adalah Gunther Welkin yang merupakan anak seorang pahlawan besar.

Tidak lama setelah Welkin ditangkap, pasukan kerajaan menyerang Gallia, beruntung Welkin berhasil kabur bersama Alicia. Namun, mereka serta adik Gunther, Isara justru terkepung oleh pasukan kerajaan saat mereka bersembunyi di rumah Gunther.

11. Kakegurui (Jabami Yumeko)

Kakegurui
  • Rilis: Summer 2017
  • Studio: MAPPA
  • Genre: Drama, Game, Mystery, Psychological, School, Shounen

Bukan cuma cerdas dan jenius, tapi heroine cantik dari anime Kakegurui juga merupakan orang yang gila terlebih saat sedang berjudi, Jabami Yumeko tidak segan-segan memasang taruhan yang sangat besar hanya untuk membongkar trick lawannya.

Berlatar di Hyakkaou Private Academy, sebuah sekolah elite dengan kurikulum yang tidak biasa karena di sana ada tradisi perjudian bahkan juga memiliki kasino sendiri yang akan dibuka setiap selesai jam pelajaran.

Selain itu, peringkat siswa ditentukan berdasarkan kemenangan, semakin banyak meraih kemenangan maka kasta di sekolah akan menjadi semakin tinggi sedangkan siswa yang sering kalah akan dijadikan sebagai anjing peliharaan.

Seorang murid pindahan bernama Jabami Yumeko terlihat tidak bisa bermain judi, namun sebenarnya Yumeko telah bersiap menghadapi kurikulum aneh dari Hyakkaou Private Academy untuk menikmati sensasi berjudi dengan cara bertaruhnya yang gila.

12. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo? (Izayoi Sakamaki)

Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?
  • Rilis: Winter 2013
  • Studio: Diomedea
  • Genre: Action, Comedy, Fantasy, Supernatural

Selain cerdas Izayoi Sakamaki, tokoh utama dari anime Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo? juga merupakan karakter overpower sehingga membuatnya sering terlihat bosan karena tidak bisa menemukan lawan seimbang.

Menceritakan tentang tiga orang pemuda dengan kemampuan spesial disebut "Gift".
  • Izayoi Sakamaki, mempunyai kecerdasan dan kekuatan fisik luar biasa yang jauh melebihi manusia normal
  • Kudou Asuka, memiliki kemanpuan untuk membuat semua mahluk hidup agar menuruti perintahnya
  • Kasukabe You, kekuatannya bisa digunakan untuk bicara dengan binatang dan kemudian mengambil kemampuannya

Suatu hari, secara bersamaan meski berasal dari masa yang berbeda, mereka semua mendapatkan surat aneh kemudian setelah membacanya dengan tiba-tiba mereka pindah ke dunia lain bernama Little Garden.

Di sana mereka disambut oleh seorang bunny girl bernama Kuro Usagi yang menjelaskan bahwa di Little Garden ada kelompok yang saling berseteru dalam sebuah kompetisi disebut Gift Game untuk memperebutkan kekuasaan.

Tujuan dari Kuro Usagi mengundang mereka yaitu untuk menawarkan kepada mereka bertiga supaya bersedia ikut bermain dalam Gift Game membantu satu komunitas yang telah kehilangan status sosial karena mengalami kekahan.


13. Gosick (Victorique)

Gosick
  • Rilis: Winter 2011
  • Studio: Bones
  • Genre: Mystery, Historical, Drama, Romance

Victorique merupakan gadis muda jenius dengan kemampuan pemahaman yang super cepat serta mampu melakukan observasi dengan luar biasa detail bahkan sampai yang terkecil ketika sedang berusaha untuk menyelesaikan sebuah misteri.

Cerita berlatar di daratan eropa, lebih tepatnya di sekolah bernama di St. Margueritta Academy yang khusus didirikan untuk pendidikan anak-anak bangsawan.

Kujou Kazuya, satu-satunya pemuda asia berasal Jepang yang sekolah di St. Margueritta Academy mendapat julukan "Kuroi Shinigami" karena mata dan rambut warna hitamnya hingga dijauhi dan ditakuti oleh siswa lain di sekolah.

Suati hari di lantai atas perpustakaan, secara tidak sengaja Kujou bertemu dengan seorang gadis kecil dan cantik bernama Victorique, kemudian mereka berteman dan bersama-sama sering terlibat dalam rentetan petualangan dipenuhi misteri berbahaya.

14. Hyouka (Oreki Houtarou)

Hyouka
  • Rilis: Spring 2012
  • Studio: Kyoto Animation
  • Genre: Mystery, School, Slice of Life

Oreki Houtarou adalah siswa yang pintar dalam menalar suatu rangkaian kejadian, tapi meskipun cerdas, Houtarou memiliki sifat buruk, yaitu malas melakukan kegiatan dengan alasan tidak ingin membuang-buang tenaga.

Ketika memasuki SMA, Houtarou dipaksa lewat surat oleh kakak perempuannya yang ada di luar negeri untuk bergabung menjadi anggota Klub Sasta Klasik yang terancam dibubarkan karena tidak memiliki anggota.

Akhirnya bersama teman baiknya yang bernama Fukube Satoshi, Houtarou bergabung dengan Klub Sastra Klasik dan di sana mereka bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Chitanda Eru yang juga berniat menjadi anggota karena ada alasan tersendiri.

Setelah kegiatan Klub Sastra Klasik mulai berjalan, mereka mendapat seorang anggota baru bernama Ibara Mayaka, kemudian bersama-sama mereka menjalani kegiatan dengan memecahkan misteri-misteri yang ada di sekolah.


15. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (Hachiman Hikigaya)

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru
  • Rilis: Spring 2013
  • Studio: Brain's Base
  • Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School

Hachiman Hikigaya adalah protagonis dari anime OreGairu yang ahli dalam membaca situasi serta suasana lingkungan di sekitarnya untuk mencari cara paling cepat mengatasi masalah yang terjadi.

Namun karena terlalu pandai membaca situasi, Hachiman menjadi karakter anti-sosial dengan pandangan aneh tentang pertemanan, baginya hubungan pertemanan tidak lebih dari sekedar hubungan antar orang munafik.

Suatu hari, Hachiman dipaksa gurunya bergabung menjadi anggota Service Club, sebuah klub sekolah dengan kegiatan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi siswa yang meminta bantuan.

Di sana Hachiman bertemu dengan Yukinoshita Yukino, seorang gadis cantik, pintar dan juga kaya yang tidak mempunyai teman akibat tersingkir dari pergaulan karena terlalu sempurna.

Awalnya Yukino dan Hachiman sama sekali tidak bisa sependapat sehingga sulit untuk bekerjasama dalam menyelesaukan masalah siswa, tapi seiring waktu berjalan mereka akhirnya bisa memahami satu sama lain.
 

Start typing and press Enter to search