20 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik, Serunya Pindah Ke Dunia Lain!

Isekai tidak termasuk kedalam kategori genre anime melainkan lebih mengarah ke tema cerita dari sebuah anime.

Dalam bahasa Jepang isekai artinya dunia parallel atau dunia lain, maka anime isekai bisa dikatakan sebagai anime bertema dunia parallel dan biasanya plot cerita dimulai ketika tokoh utama pindah ke dunia lain.

Sedangkan untuk genre kebanyakan anime isekai termasuk dalam genre fantasy karena hal tersebut tidak akan pernah ada di dunia nyata dan hanya sebatas imajinasi.

Selain itu, anime isekai biasanya juga berlatar abad pertengahan saat pemerintahan masih berbentuk kerajaan dengan adanya mahluk mitologi seperti naga, elf, griffon dan lain sebagainya, misalnya seperti pada rekomendasi anime isekai berikut ini.

Rekomendasi Anime Isekai Terbaik

1. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu
Anime genre thriller psychological Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu menceritakan pemuda bernama Natsuki Subaru yang secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas berpindah ke dunia fantasi setelah berbelanja di minimarket.

Dunia fantasi tempat Subaru dipindahkan memiliki kebudayaan abad pertengahan dengan beragam mahluk yang hidup berdampingan di dalamnya.

Belum lama berada di dunia lain, Subaru terlibat masalah dan dipukuli oleh sekelompok preman, beruntung masih diselamatkan oleh Half-Elf cantik yang mengenalkan diri sebagai Satella.

Dengan tujuan balas budi dan berterima kasih, Subaru memutuskan untuk membantu Satella. Namun, baru sebentar bersama-sama, mereka berdua terbunuh.

Subaru terbangun kembali di tempat awal memulai perjalanan sehingga akhirnya sadar bahwa telah mempunyai kekuatan baru untuk mengulang kembali semuanya dari awal setelah mengalami kematian.

2. No Game No Life

No Game No Life
Anime isekai terbaik ini mengisahkan hikikomori bersaudara, Sora dan Shiro. Ketika bermaim game menggunakan akun Kuuhaku mereka berdua tidak terkalahkan, sampai-sampai pemain lain mengira mereka adalah cheater.

Suatu hari, Kuuhaku mendapat tantangan untuk bermain catur dari orang misterius yang dikirim melalui pesan singkat dan tentu saja dengan kerjasama Sora dan Shiro, Kuuhaku tidak terkalahkan.

Tenyata penantang misterius tersebut bernama Tet, seorang dewa dari Disboard, sebuah dunia diatas papan dimana pembunuhan dan perampasan merupakan hal terlarang.

Semua masalah di dunia Disboard diselesaikan dengan permainan baik itu menyangkut nyawa maupun perbatasan negara sehingga tidak ada perang di dunia tersebut.

Tet mengundang Sora dan Shiro ke dunia Disboard untuk menaklukan dan menyatukan seluruh ras, kemudian jika semuanya telah bersatu mereka dapat menantang Tet untuk bertanding dalam sebuah game.

3. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!
KonoSuba merupakan anime genre magic, fantasy dan comedy paling konyol sehingga tidak perlu diragukan lagi kelucuan cerita komedi di dalamnya.

Cerita dimulai ketika hikikomiri bernama Satou Kazuma pergi keluar rumah demi mendapatkan game populer edisi terbatas.

Dalam perjalanan pulang setelah membeli game, Kazuma melihat seorang gadis hampir tertabrak dan berusaha menyelamatkannya karena mengira bahwa kendaraan yang hampir menabrak gadis tersebut adalah sebuah truck padahal sebenarnya hanyalah sebuah traktor.

Akibat kejadian tersebut Kazuma meninggal dikarenakan syok dan di alam baka bertemu dengan dewi menyebalkan bernama Aqua.

Aqua menawarkan pilihan kepada Kazuma untuk hidup di surga atau terlahir kembali di dunia lain untuk berpetualang mengalahkan raja iblis dan diperbolehkan membawa satu barang legendaris. Namun, karena kesal akhirnya Kazuma memilih membawa Aqua ke dunia lain.

4. Log Horizon

Log Horizon
Anime dengan karakter utama cerdas dan ahli strategi ini menceritakan tentang sekelompok orang yang terjebak dalam game MMORPG populer bernama Elder Tales.

Pemain game Elder Tales mulai terjebak dalam game saat sedang bermain ketika sistem sedang melakukan update ekspansi dan akibat insiden tersebut banyak pemain menjadi panik.

Namun tidak dengan Shiroe, pemain veteran game Elder Tales yang dalam ahli menyusun strategi itu justru menghubungi semua teman-temannya untuk mencari informasi tentang apa sebenarnya yang terjadi.

Bersama teman-temannya serta pemain lain dengan pengaruh besar dalam game, Shiroe mulai memikirkan cara supaya kehidupan dalam game menjadi lebih baik.

Selain itu, Shiroe yang terkenal sulit bersosialisasi dan tidak pernah bergabung dalam guild juga mulai membuat guildnya sendiri yang diberi nama Log Horizon.

5. Sword Art Online

Sword Art Online
Salah satu rekomendasi anime action terbaik ini menceritakan tentang sekumpulan orang yang terjebak di dalam game dan harus bertaruh nyawa untuk keluar dari game sehingga jika dibandingkan dengan anime bertema game lainnya, Sword Art Online akan terasa lebih menantang.

Berlatar dimasa depan pada tahun 2022, ada sebuah Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing Online Game (VRMMORPG) bernama Sword Art Online.

Untuk memainkan SAO pemain membutuhkan Narve Gear, perangkat keras seperti helm untuk merangsang sistem saraf sehingga membuat pemain seolah-olah sedang berada dalam game.

Kirigaya Kazuto (Kirito) dan pemain lain merasa ada keanehan ketika sedang bermain karena tidak bisa menemukan tombol logout.

Tidak lama kemudian mucul pemberitahuan dari Game Master bahwa jika mereka ingin keluar dari dalam game, mereka harus menaklukan boss lantai seratus menara dungeon dan apabila Hit Point pemain sampai habis maka tubuh asli mereka di dunia nyata juga akan mati.

6. Overlord

Overlord
Biasanya protagonis anime dalam cerita terdampar dunia lain selalu berusaha dengan keras supaya bisa kembali ke dunia asalnya, tapi hal tersebut tidak berlaku pada anime isekai, Overlord.

Momonga sangat menyukai Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Game (DMMORPG) populer bernama Yggdrasil yang merupakan game populer karena menawarkan map luas serta memberikan kebebasan bertindak untuk pemainnya.

Suatu hari, popularitas game Yggdrasil menurun sehingga akan dilakukan penutupan server dan Momonga memutuskan menghabiskan waktu terakhirnya bermain game Yggdrasil di bangunan guild.

Namun ketika medekati waktu penutupan server, Momonga tertidur dan baru terbangun sesudah server telah ditutup.

Momonga mendapati dirinya masih berada dalam game dan karakrer NPC seolah hidup dan memiliki perasaaan seperti manusia, terlebih semua sistem game juga menghilang dan semuanya menjadi terasa begitu nyata.

7. Drifters

Drifters
Adegan aksi dengan pertarungan seru dan cenderung sadis sudah menjadi ciri khas dari anime genre Historical, contohnya seperti pada anime Drifters.

Dalam anime Drifters orang-orang yang pindah ke dunia lain merupakan tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah jepang seperti Nasu Yoichi dan Oda Nobunaga.

Berawal ketika seorang samurai penggila perang dan tidak segan untuk memenggal kepala lawan berernama Toyohisa Shimazu terluka sangat parah dan hampir gugur dalan pertempuran

Namun ketika sadar, Toyohisa sudah berada di ruangan misterius dengan banyak pintu dan digaja oleh pria berkacamata hingga akhirnya terhisap ke dalam salah satu pintu yang terhubung dengan dunia lain.

Sesampainya di dunia lain, Toyohisa diselamatkan oleh penduduk lokal dari bangsa elf dan penduduk lokal menyebut pendatang dari dunia lain sebagai Drifters.

Karena terluka parah dan kembali tidak sadarkan diri, Toyohisa dibawa ketempat Nasu Yoichi dan Oda Nobunaga, Drifters yang terlebih dulu sampai di dunia tersebut.

8. Hataraku Maou-sama!

bernama Toyohisa Shimazu
Hataraku Maou-sama! merupakan anime dengan genre romance comedy yang menceritakan raja iblis bernama Maou Sadao dan pengawal setianya bernama Ashiya Shirou.

Ditempat asalnya mereka sedang berperang melawan umat manusia dan karena terdesak oleh pahlawan Emilia dan pasukannya, mereka akhirnya harus mundur dan lari ke dimensi lain.

Sayangnya mereka justru sampai ke Bumi, dunia tanpa sumber kekuatan sihir akibatnya mereka harus berhati-hati dalam menggunakan sihir agar tidak kehabisan mana.

Untuk bertahan hidup di Bumi, Maou bekerja di sebuah restoran cepat saji sedangkan Ashiya justru menjadi pengangguran tapi bukan hanya mereka yang terlempar ke Bumi ternyata pahlawan Emilia juga ikut terlempar karena mengejar Maou.

9. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri
Salah satu anime isekai terbaik, Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri berisi perpaduan kontras namum apik antara dunia fantasi dan modern military yang membuatnya menjadi terasa sangat sempurna.

Terlebih pada anime ini heroine di dalamnya terbilang sangat lengkap, mulai dari goth loli, penyihir, elf, sampai gadis binatang semuanya tersedia.

Fokus kepada anggota Japan Self-Defense Forces (JSDF) sekaligus seorang otaku bernama Youji Itami yang bekerja hanya untuk memuaskan hobi.

Ketika sedang menuju pameran komik indie, Itami terpaksa harus terlibat dengan insiden munculnya gerbang dimensi lain yang disebut Gate karena dari dalam Gate muncul goblin, Orc, Wyvern dan tentara bergaya abad pertengahan menyerang manusia.

Itami yang pemalas mengambil inisiatif untuk melindungi penduduk sekitar sehingga akhirnya mendapat penghargaan dan kenaikan pangkat serta dinobatkan sebagai pahlawan.

Tapi Itama justru merasa kesal akibat kenaikan pangkat maka pekerjaannya akan semakin banyak bahkan sampai ditugaskan melakukan ekspedisi di dunia lain untuk menjalin hubungan dan bernegosiasi dengan penduduk lokal.

10. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?
Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo? merupakan anime paling di rekomendasikan untuk penggemar anime dengan karakter utama cerdas dan overpower.

Menceritakan tiga orang pemilik kemampuan spesial disebut Gift.

  • Sakamaki Izayoi, pemuda cerdas dan sangat kuat sehingga sering merasa bosan karena tidak bisa menemukan lawan seimbang.
  • Kudou Asuka, gadis cantik putri orang kaya pemilik kemampuan memerintah untuk membuat semua mahluk hidup menuruti perintahnya.
  • Kasukabe You, gadis dengan kemampuan berbicara dengan binatang dan dapat mengambil kemampuan binatang untuk dijadikan kekuatan sebagai kekuatannya.

Suatu hari mereka mendapat surat aneh dan setelah membaca surat tersebut secara tiba-tiba langsung berpindah ke dunia lain bernama dunia Taman Mini.

Sesampainya di dunia Taman Mini mereka disambut bunny girl bernama Kuro Usagi. Tujuan Kuro Usagi mengundang mereka yaitu untuk menawarkan bermain Gift Game dan membantu kelompok yang telah kehilangan status sosialnya.

11. Hai to Gensou no Grimgar

Hai to Gensou no Grimgar
Anime dengan cerita tokoh utama from zero to hero dengan genre adventure fantasy ini berpusat pada pemuda bernama Haruhiro dan rekan dalam party-nya.

Haruhiro dan beberapa orang lain tiba-tiba berada di dunia bernama Grimgar tanpa dapat mengingat apapun sebelum kejadian tersebut.

Dunia Grimar merupakan dunia fantasi seperti game dan orang-orang yang datang dari dunia lain harus bergabung dengan pasukan relawan jika ingin mendapat uang.

Untuk orang yang bergabung dengan pasukan relawan akan diberi 10 koin perak dan diberi lencana sebagai tanda pelatihan atau bisa membeli lencana resmi seharga 20 koin perak.

Selain itu agar bisa mendapat uang lebih relawan juga harus mengalahkan moster dan mengambil barang jarahan untuk dijual.

Akhirnya Haruhiro dan beberapa orang-orang lain memutuskan bekerja sama dengan membuat party dan mempelajari keahlian baru untuk saling membantu dalam party.

12. Zero no Tsukaima

Zero no Tsukaima
Zero no Tsukaima merupakan salah satu rekomendasi anime romance comedy terbaik dengan latar cerita tentang sekolah sihir.

Louise Fran├žoise seorang putri bangsawan, meski berdarah bangsawan tapi Louise adalah siswa payah dalam menggunakan sihir dan setiap sihir dilakukannya akan menjadi ledakan.

Karena ketidakmampuan menggunakan sihir akibatnya Louise dijuluki sebagai "Louise the Zero" oleh teman-temannya.

Memasuki tahun ajaran baru setiap siswa tahun kedua diwajibkan melakukan pemanggilan familiar untuk membuat kontrak dan umumnya familiar merupakan hewan sihir yang akan dijadikan sebagai mitra dan pelindung abadi.

Namun, ketika Louise melakukan ritual pemanggilan entah kenapa justru muncul seorang pemuda asal Jepang bernama Hiraga Saito.

Akhirnya mau tidak mau dan dengan terpaksa Louise harus membuat kontrak dengan Saito sedangkan Saito juga harus rela menjadi peliharaan Louise karena tidak bisa kembali ke dunia asalnya.

13. Re:Creators

Re:Creators
Anime isekai Re:Creators menawarkan cerita dengan konsep cukup unik karena menceritakan tokoh fiksi dari dunia game, anime, manga dan sebagainya datang ke dunia manusia.

Seperti diketahui manusia sudah banyak membuat beragam cerita, mulai dari cerita bahagia, cerita sedih, hingga cerita penuh kesangsaraan dan peperangan.

Semua tokoh fiksi menganggap manusia sebagai dewa pencipta tapi masalahnya tidak semua tokoh fiksi berasal dari cerita bahagia sehingga banyak tokoh fiksi berniat balas dendam kepada manusia dan meminta agar jalan ceritanya diubah.

Namun bukan hanya itu, ada juga tokoh fiksi dengan berniat baik untuk berterima kasih karena sudah dijadikan sebagai pahlawan dan hidup dengan bahagia.

Hal tersebut menyebabkan tokoh fiksi terpecah menjadi dua kubu saling bertentangan antara yang ingin balas dendam dan yang berniat melindungi manusia sehingga mengakibatkan terjadinya peperangan di dunia nyata.

14. Kyou kara Maou!

Kyou kara Maou!
Anime demons dengan episode cukup banyak sampai mencapai total ada 78 episode ini menceritakan pemuda asal Jepang bernama Yuri Shibuya.

Suatu hari, Yuri melihat temannya sedang diganggu oleh kelompok berandalan dan berniat menyelamatkannya sehingga berkat bantuan Yuri, temannya tersebut berhasil melarikan diri

Namun malangnya untuk menggantikan temannya yang kabur, Yuri justru menjadi pelampiasan dari kelompok berandalan dan menjadi objek bullying dengan kepalanya dimasukan dalam lubang toilet

Ternyata lubang toilet tersebut merupakan jalan menuju dunia lain dan Yuri terhisap ke dalamnya kemudian muncul di dunia mirip eropa pada abad petengahan.

Di dunia lain, Yuri dianggap sebagai calon raja iblis karena memiliki bola mata dan rambut berwarna hitam yang merupakan ciri-ciri garis keturunan iblis.

15. Oda Nobuna no Yabou

Oda Nobuna no Yabou
Oda Nobuna no Yabou merupakan anime bergenre historical maka sudah sewajarnya jika berisi banyak pertarungan pertarungan seru.

Namun anime ini juga memiliki sedikit perbedaan dari anime genre historical biasa karena kebanyakan karakternya adalah gadis-gadis cantik.

Berawal ketika pelajar sekolah menengah bernama Sagara Yoshiharu tiba-tiba berada ditengah-tengah peperangan antar samurai.

Yoshiharu hampir tewas kalau saja tidak diselamatkan oleh Toyotomi Hideyoshi dengan mengorbankan nyawanya.

Supaya tidak merubah sejarah, Yoshiharu bertekad untuk menggantikan peran Hideyoshi menjadi pengikut sekaligus pembimbing Oda Nobuna.

16. Outbreak Company

Outbreak Company
Outbreak Company, anime bergenre comedy harem fantasy ini menceritakan otaku dengan pengetahuan luas tentang budaya moe bernama Kanou Shinichi.

Suatu hari, Shinichi mengikuti tes online untuk melamar pekerjaan dengan menjawab 200 pertanyaan tentang budaya moe.

Bagi Shinichi yang juga termasuk hikikomori ini menjawab soal tes tersebut tidaklah sulit dan dapat diselesaikannya dengan hasil nilai sempurna.

Ketika wawancara kerja Shinichi diberi minum kemudian tidak sadarkan diri dan setelah sadar Shinichi sudah berada di dunia lain serta mendapat Half-Elf maid dan pengawal berdada F-Cup anggota The Japan Self-Defense Forces (JSDF).

Di dunia lain, Shinichi diberi tugas untuk menyebarkan budaya moe termasuk anime, manga dan game. Selain itu Shinichi juga diangkat sebagai seorang duta besar.

17. Ixion Saga DT

Ixion Saga DT
Bertema game dengan genre action comedy, Ixion Saga DT menceritakan seorang gamer bernama Hokaze Kon.

ketika sedang bermain game MMORPG, Kon diminta tolong oleh karakter bernama Flora untuk meminjamkan kekuatannya.

Tiba-tiba saja Kon berpindah ke dunia lain dengan cara muncul sangat unik, Kon terjatuh dari langit di tengah-tengah pertarungan dan menimpa salah seorang pemimpin musuh.

Berkat kemunculan anehnya, Kon secara tidak sengaja telah menyelamatakan Putri Ecarlate dan karena jasanya, Kon diangkat menjadi kesatria dan diberi tugas melindungi Putri Ecarlate.

18. Isekai Shokudou

Isekai Shokudou
Anime tentang makanan dan memasak ini meski tidak terdapat aksi di dalamnya namun dengan cerita tenangnya Isekai Shokudou tetap dapat menarik rasa penasaran penonton.

Menceritakan restoran khas barat bernama Yoshoku no Nekoya yang berlokasi disebuah basement pusat perbelanjaan.

Pada hari-hari biasa restoran tersebut melayani pegawai kantor tapi sebenarnya restoran Yoshoku no Nekoya memiliki rahasia berupa pintu menuju dunia lain yang muncul setiap hari sabtu.

Ketika hari sabtu, pintu tersebut muncul dengan sendirinya dan pelanggan dari berbagai ras mulai berdatangan untuk makan di tempat tersebut.

Mulai dari penyihir, lizard man, chimera, elf bahkan naga semua berkumpul di tempat tersebut untuk menyantap makanan favorit masing-masing yang biasa mereka pesan.

19. Isekai wa Smartphone to Tomo ni

Isekai wa Smartphone to Tomo ni
Isekai wa Smartphone to Tomo ni merupakan salah satu rekomendasi anime harem terbaik paling bisa bikin penonton merasa iri karena jumlah heroine yang mengelilingi tokoh utama tidak tanggung-tanggung jumlahnya.

Berpusat pada pelajar bernama Touya Mochizuki yang tidak sengaja terbunuh akibat kesalah dewa sehingga setelah mati, Mochizuki bertemu dengan dewa yang berniat meminta maaf kepadanya.

Sebagai kompensasi, dewa memberi kesempatan kepada Mochizuki untuk hidup sekali lagi di dunia  lain dan boleh membawa satu barang dari dunia asalnya.

Mochizuki meminta supaya ketika hidup kembali di dunia lain tetap bisa menggunakan smartphone miliknya dan sang dewa mengabulkan permintaan tersebut. Selain itu, sang dewa juga memberikan kekuatan besar masa lampau kepada Mochizuki.

20. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku
Menceritakan seorang programmer pembuat game bernama Suzuki Ichirou atau dikenal juga sebagai Satou dengan pekerjaan sangat sibuk akibat selalu dikejar deadline sehingga tidak memiliki waktu untuk istirahat.

Setelah melakukan test pada game buatannya, Satou memutuskan untuk beristirahat sejenak dengan tidur dibawah meja kerja.

Namun, tiba-tiba Satou terlempar kedalam game buatannya sendiri dan berubah wujud menjadi seperti pemuda berusia 15 tahun.

Baru saja tiba di dunia game, Satou sudah diserang oleh ratusan Lizard man tapi beruntung Satu masih selamat berkat menggunakan skill meteornya dan memutuskan pergi ke kota terdekat untuk memulai petualangan di dunia baru.
 

Start typing and press Enter to search