Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game Android Free Fire

Free Fire Battleground, salah satu game battle royale android yang berhasil meraih kepopuleran karena menawarkan ukuran yang relatif lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan game sejenis dari kompetitor yang bisa dimainkan diberagam spesifikasi smartphone.

Namun, tidak bisa dipungkiri meskipun sudah dibuat seringan dan sekecil mungkin supaya tidak terlalu membebani kinerja dari smartphone, akan tetapi tetap saja gejala lag seperti patah-patah masih sering ditemukan.

Hal tersebut pastinya sangat mengganggu dan menyebalkan!

Apa lagi jika sedang dalam mode Ranked Match, pemain terpaska harus mengalami penurunan point dan terancam turun peringkat hanya karena KALAH SIGNAL DAN SPESIFIKASI BUKAN SKILL.

Tapi tenang karena berikut ini ada tutorial cara mengatasi lag dan patah-patah saat bermain game di smartphone android, khususnya untuk game Free Fire Battleground.

Tidak terbatas pada Free Fire, tapi cara berikut juga dapat digunakan untuk mengatasi lag pada game online lain, seperti game Mobile Legends, PUBG Mobile, Rules of Survival, Vainglory dan banyak sebagainya.

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game Online Di Smartphone Android.

1. Setting Grafis Sesuai Kemampuan

Setting grafis free fire
Mengatur resolusi merupakan hal paling penting dan mendasar, perlu diingat lakukan pengaturan resolusi sesuai kemampuan smartphone bukan sesuai keinginan pengguna karena setiap smartphone android memiliki kemampuannya masing-masing dalam mengolah grafis.

Jangan pernah memaksakan kehendak dengan mengatur resulosi pada tingkat tertinggi ketika bermain game di android, padahal smartphone yang digunakan tidak memiliki kemampuan tersebut.

Semakin tajam gambar maka kinerja smartphone akan semakin berat karena jumlah data yang harus diolah akan semakin besar.

2. Tutup Aplikasi Berjalan Dilatar Belakang

Semakin banyak aplikasi tidak dibutuhkan berjalan di latar belakang maka RAM akan semakin sesak dan harus bekerja lebih keras sehingga akibatnya smartphone menjadi lemot.

Oleh sebab itu jangan sampai lupa untuk selalu menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan dan untuk menutup aplikasi di latar belakang dapat dilakukan dengan dua cara, bisa secara manual maupun otomatis.

Cara manual.

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Pilih aplikasi sedang berjalan
  4. Pilih icon aplikasi
  5. Hentikan atau paksa berhenti aplikasi

Cara otomatis.

Untuk cara yang lebih praktis dan cepat ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Greenify yang hanya berukuran 2.4 MB dan tersedia di Play Store.

Tinggal unduh dan instal aplikasi kemudian jalankan. Ketika menjalankan aplikasi Greenify akan ada pilihan mode untuk root maupun non-root, pilih sesuai keadaan smartphone yang digunakan. Terakhir pilih aplikasi berjalan dan hibernasikan.

3. Pastikan Jaringan Stabil


Ketika bermain game online di smartphone android pastikan ping selalu kecil jangan sampai waktu respon melebihi 130 ms, terkadang lag dan patah-patah masih akan terasa saat ping mencapai 130 ms.

Selain itu masih ada yang harus diperhatikan, signal harus stabil sekecil apapun ping namun jika jaringan tidak stabil dan waktu respon naik turun dengan perbedaan angka cukup signifikan maka lag dan patah-patah tidak akan dihindari.

Cara paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan memilih provider internet dengan jaringan paling stabil di daerahmu.

Tapi kalau tidak ingin sampai harus ganti sim card masih ada cara lain yaitu dengan melakukan ping menggunakan aplikasi Terminal Emulator for Android yang hanya berukuran 313 KB dan bisa di unduh melalui Play Store.
Ping Terminal Emulator

Aplikasi kecil dan ringan ini sangat membantu untuk menstabilkan jaringan serta cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah terinstal tinggal buka aplikasi dan ketik ping 8.8.8.8 atau ping 8.8.4.4 kemudian enter, signal dan Jaringan akhirnya akan menjadi lebih stabil!

Sesudah melakukan 3 cara diatas hasil nyata yang akan didapat adalah seperti ini.
Booyah! Free Firee

Itulah cara mudah mengatasi lag saat bermain game di smartphone android, hanya dengan beberapa aplikasi kecil sudah bisa meningkatkan kinerja smartphone dan membuat bermain game online menjadi lebih nyaman.

Terlebih lagi tutorial diatas dapat diaplikasikan pada smartphone yang sudah rooted maupun smartphone non-root dan sudah terbukti work diberbagai jenis dan merek smartphone dengan spesifikasi berbeda-beda.
 

Start typing and press Enter to search