Review: Beelzebub, Anime Mirip Crows Zero Dengan Komedi Super Lucu

Beelzebub merupakan anime yang diaptasi dari serial manga karya Ryuuhei Tamura. Anime Beelzebub tayang perdana pada winter 2011 tepatnya tanggal 11 januari dan diproduksi oleh studio Pierrot Plus.

Meskipun produksi anime Beelzebub tidak ada hubungan sama sekali dengan film Crows Zero yang diadaptasi dari manga Crows karya Hiroshi Takahashi.

Namun, diantara kedua seri berbeda jenis tersebut memiliki beberapa kemiripan cerita karena berisi tentang berandalan sekolah dan perkelahian antar pelajar. Walaupun sebenarnya ada juga sedikit perbedaan.

Tiga alasan kenapa anime Beelzebub bisa dikatakan sebagai anime mirip Crows Zero.
  • Latar tempat - Memang tidak sama persis, tapi sangat mirip, anime Beelzebub bertempat di SMA Ishiyama sedangkan Crows Zero di Sekolah Suzuran, kedua sekolah tersebut sama-sama berantakan karena berisi banyak berandalan. 
  • Geng Sekolah - Jika dalam film Crows Zero ada G.P.S dan Harumichi Family maka dalam anime Beelzebub ada Red Tail dan MK 5. 
  • Musuh Sekolah Lain - Tidak heran kalau sekolah yang seluruh muridnya adalah anak nakal sering melakukan tawuran, Contohnya seperti Suzuran melawan Housen dalam film Crows Zero dan Ishiyama High School melawan Donbura High School dalam anime Beelzebub

Ulasan Anime Beelzebub


Review anime Beelzebub mirip crows zero
Informasi
  • Jumlah Episode: 60 episode 
  • Musim Rilis: Winter 2011 
  • Periode Tayang: 9 Januari 2011 - 25 maret 2012 
  • Studio: Pierrot Plus 
  • Genre: Action, Comedy, Demons, Supernatural, School, Shounen 
  • Durasi: 24 menit/episode 
  • Skor MAL: 8.03 

Sinopsis
Menceritakan seorang berandalan sekolah bernama Oga Tatsumi yang dijuluki sebagai Iblis karena sangat kejam, brutal dan tidak peduli kepada orang lain.

Suatu hari di pinggir sungai ketika sedang menghajar siswa dari sekolah lain yang hendak mencelakainya, Oga melihat pria berbadan besar mengambang di sungai.

Oga mengangkat pria tersebut sendirian kemudian membelahnya menjadi dua, dari dalam pria itu muncul sesosok bayi laki-laki menggemaskan.

Namun, bayi tersebut bukanlah bayi biasa melainkan calon raja iblis bernama Beelzebub yang dikirim ke dunia untuk menghancurkan manusia.

Hingga saat itu tiba, Oga harus menggurus dan membesarkan Beelzebub sampai cukup dewasa untuk menghancurkan umat manusia.

Story (8/10)

Sangat unik, seorang berandalan sekolah yang tiba-tiba menjadi orang tua angkat dadakan dengan mengurus bayi raja iblis.

Meskipun setiap episodenya cukup berantakan karena kebanyakan tidak ada hubungan dengan plot cerita. Tapi dari sisi komedi, setiap kekacauan yang terjadi dalam anime ini sangat menghibur.

Biarpun awalnya cukup berantakan namun menjelang akhir cerita, anime Beezebub kembali lagi sesuai dengan plot awalnya.

Selain itu masalah yang ada juga menjadi sedikit lebih rumit karena munculnya karakter-karakter baru yang sangat kuat melebihi kekutan Oga sebagai manusia biasa sehingga pertarungan menjadi lebih seru.


Grafis (10/10)

Dari segi art dan grafis pembuat anime ini benar-benar jenius, semua karakter dibuat secara detail dan konsisten dari awal hingga akhir.

Ketelitian dan kesesuaian desain ekspresi karakter ketika scene komedi juga dibuat dengan sangat bagus dan pas sehingga terasa sangat lucu dan ceritanya menjadi lebih hidup, membuat anime ini terasa menyenangkan untuk ditonton.

Karakter (9/10)

Oga Tatsumi berandalan yang tanpa pikir panjang menghajar siapa saja yang mengganggunya tidak peduli manusia ataupun iblis disandingkan dengan bayi menggememaskan yang cengeng bernama Beelzebub merupakan kombinasi karakter yang sempurna karna bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Untuk segi pengembangan karakter, dengan adanya Beelzebub, Oga sedikit berubah dari yang awalnya tidak peduli dengan orang lain menjadi orang yang sedikit perhatian setelah merasakan sulitnya menjadi orang tua dan mengurus bayi.

Terlebih lagi, dalam anime ini karakter Beelzebub yang merupakan calon raja iblis tetap bisa menjaga image sebagai bayi yang lucu dan menggemaskan.

Tokoh pendukung dalam anime ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata bahkan untuk yang numpang lewat sekalipun. Sebab bukan hanya sebagai pelengkap tapi kehadiran mereka benar-benar menambah kesan lucu genre komedi yang ada, sampai-sampai scene yang hanya berisi figuran pun dapat membuat tertawa.

Overall (9/10)

Anime ini bagus karena sangat mudah untuk dinikmati dan sangat direkomendasikan untuk yang suka anime dengan cerita ringan penuh tawa terlebih untuk penggemar anime genre school action comedy berisi karakter utama kuat dan penuh perkelahian namun tetap lucu dan bisa mengundang tawa.
 

Start typing and press Enter to search