7 Rekomendasi Anime Tentang Mangaka Dengan Cerita Sangat Menghibur

Mengaka merupakan istilah bahasa jepang untuk menyebut seorang dengan pekerjaan membuat manga, Istilah lain dari mangaka adalah komikus.

Namun perlu diketahui bahwa istilah mangaka hanya berlaku untuk seniman manga asal Jepang sedangkan komikus merupakan istilah global untuk semua pembuat komik.

Penghasilan seorang mangaka tergolong tinggi karena sebanding dengan tekanan yang dihadapi dalam bekerja, menjadi seorang mangaka berarti harus siap dikejar deadline dan mendapat kritik pedas dari penggemar.

Terlebih untuk menjadi mangaka bukanlah hal yang mudah, seorang mangaka juga harus berulang kali mendapat penolakan ketika menyerahkan karyanya kepada penerbit sebelum akhirnya diterbitkan.

Tapi sebenarnya seperti apa kehidupan seorang seniman manga? Untuk menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tersebut, berikut ini ada 6 rekomendasi anime tentang mangaka berisikan cerita perjalanan hidup kehidupan seorang seniman manga.

6 Rekomendasi Anime Tentang Mangaka

1. Sakurasou na Pet no Kanojo

Sakurasou na Pet no Kanojo
Pada anime Sakurasou na Pet no Kanojo yang menjadi salah satu rekomendasi anime school romance comedy terbaik ini cerita tentang kehidupan mangaka tidak terlalu ditonjolkan.

Namun jangan khawatir karena dalam anime ini pekerjaan yang berkaitan dengan otaku terbilang sangat lengkap, mulai dari programmer, mangaka, novelis, voice actress sampai animator semuanya ada disini.

Menceritakan sekumpulan siswa yang tinggal di asrama khusus siswa bermasalah bernama Asrama Sakurasou.

Siswa bernama Sorata Kanda baru dipindahkan ke asrama tersebut karena memunggut seekor anak kucing.

Oleh penanggung jawab asrama, Sorata diberi tugas untuk menjemput dan menjaga siswa pindahan bernama Mashiro Shiina.

Shiina adalah seorang pelukis jenius yang hasil karyanya telah diakui dunia dan tujuannya pindah ke Jepang hanya untuk belajar menjadi seniman manga.

Tapi siapa sangka, ternyata seniman jenius seperti Shiina tidak dapat melakukan apapun sendirian, bahkan untuk hal sepele seperti ganti baju dan cuci muka.

Karena hal tersebut akhirnya Sorata harus mengurusi semua keperluan Shiina, mulai dari mengganti pakaian, menyiapkan keperluan sekolah dan lain sebagainya.

2. Bakuman

Bakuman
Bakuman menjadi anime tentang mangaka paling serius jika dibandingkan dengan anime tentang mangaka lainnya, tapi soal komedi anime ini juga tidak kalah dengan anime yang lain.

Kalau mengikuti semua seri, dari musim pertama sampai musim terakhir, penonton pasti akan mengerti bagaimana sulitnya menjadi seorang mangaka.

Dimulai dari mengajukan karya ke penerbit sampai diterbitkan kemudian dikejar deadline, hingga beratnya tekanan disebabkan rating mengalami penurunan dan mengakibatkan penerbitan manga teramcam dihentikan.

Apalagi jika mempunyai ambisi menjadi mangaka yang hasil karyanya sampai diadaptasi menjadi sebuah anime, hal tersebut amat sangat sulit seperti yang ada dalam cerita anime ini.

Menceritakan Moritaka Mashiro yang bercita-cita menjadi mangaka seperti pamannya, tapi semenjak pamannya meninggal Moritaka mengubur dalam-dalam cita-citanya menjadi seniman manga.

Sampai saat SMA, Mashiro mempunyai teman sekelas bernama Akito Takagi yang mengajaknya bekerja sama untuk membuat manga.

Mashiro awalnya menolak namun setelah Takagi mengajak Mashiro bertemu dengan Miho Azuki, gadis cantik yang disukai Mashiro dan ternyata Azuki bercita-cita menjadi seorang voice actress, akhirnya Mashiro berubah pikiran.

Mashiro bersedia menjadi mangaka karena sudah berjanji kepada Azuki, bahwa jika kelak nanti manga buatannya diadaptasi menjadi anime maka Azuki menjadi pengisi suaranya dan kemudian mereka akan menikah.

Tapi sampai saat itu tiba mereka berjanji tidak bertemu satu sama lain dan tidak akan pernah berpacaran meskipun keduanya saling mencintai.

3. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun
Gekkan Shoujo Nozaki-kun merupakan anime romance comedy tentang mangaka paling lucu yang mengandalkan scene kocak tak terduga dengan karakter berkepribadian aneh.

Anime ini menjadi salah satu anime yang wajib ditonton karena disetiap episode-nya akan selalu ada saja scene lucu yang bisa mengocok perut dan pastinya sangat menghibur.

Fokus cerita ada pada pelajar SMA bernama Nozaki dan berkerja paruh waktu menjadi seorang mangaka shoujo yang hasil karyanya terbilang sangat populer dikalangan para pelajar.

Nozaki sering kali melakukan observasi dengan mengamati keseharian orang-orang disekitarnya untuk mencari inspirasi.

Namun sayangnya Nozaki sama sekali tidak bisa membaca situasi atau bisa dibilang tidak peka terhadap suasana karena dipikirannya hanya ada tentang manga.

Saking tidak pekanya sampai-sampai ketika ada seorang gadis bernama Sakura Chiyo menyatakan cinta kepadanya, Nozaki justru membalasnya dengan memberikan tanda tangan.

Intinya Nozaki selalu salah dalam mengartikan sesuatu. Saat Sakura berkata bahwa dia ingin selalu bersama Nozaki, yang dilakukan Nozaki adalah mengajak Sakura berkunjung kerumah untuk dijadikan sebagai asisten.

4. Mangaka-san to Assistant-san to the animation

Mangaka-san to Assistant-san to the animation
Anime harem, ecchi dan comedy berikut ini menceritakan tentang seorang mangaka sesat yang sangat terobsesi dengan pakain dalam wanita, khusunya celana dalam.

Orang aneh dan tergolong sulit untuk menghayati karakter karena dipikiranya hanya ada hal-hal mesum itu bernama Aito Yuuki.

Namun Aito cukup beruntung karena mempunyai asisten cantik bernama Ashisu Sahoto yang sering membantu Aito untuk mengatasi masalah penghayatan karekter.

Aito sering meminta bantuan dari Ashisu dan terkadang permintaanya terbilang aneh. Tapi seaneh apapun permintaan Aito, Ashisu selalu menuruti permintaan tersebut.

5. Eromanga-sensei

Eromanga-Sensei
Anime Eromanga-Sensei menceritakan kakak beradik yang berkolaborasi membuat sebuah ero manga.

Masamune Izumi merupakan penulis novel terkenal dan memiliki adik tiri perempuan bernama Sagiri yang sudah setahun mengurung diri dalam kamar.

Sebagai seorang penulis novel, Izumi mempunyai rekan kerja seorang illustrator handal dengan nama samaran Eromanga-sensei.

Meskipun mereka sering bekerjasama namun Izumi sama sekali belum pernah bertatap muka secara langsung dengan Eromanga-sensei.

Hingga Suatu hari Eromanga-sensei melakukan siaran langsung secara online untuk menghibur penggemar dan memamerkan keahliannya dalam menggambar.

Karena penasaran Izumi tidak ingin melewatkan siaran langsung tersebut, tetapi ketika sedang asik menonton, Izumi merasa ada sesuatu yang sangat familiar dalam rekaman video milik Eromanga-sensei.

Ternyata sesuatu familiar tersebut adalah makanan yang disiapkannya untuk Sagiri sehingga sejak saat itu Izumi mengetahui bahwa sebenarnya Eromangan-sensei tidak lain adalah adiknya sendiri.

6. Imouto Sae Ireba Ii

Imouto Sae Ireba Ii
Anime yang terakhir ini lebih bercerita tentang kehidupan kelompok seniman manga yang sering berkumpul dan menjadi teman karena memiliki pekerjaan yang sama.

Itsuki Hashima merupakan seorang mangaka yang sangat terobsesi dengan karakter imouto semenjak ayahnya menikah lagi.

Itsuki sangat ingin mempunyai adik perempuan sampai-sampai pada setiap manga buatannya selalu ada karakter imouto.

Padahal sebenarnya Itsuki sudah mempunyai adik tiri seorang perempuan, hanya saja karena tidak tahu Itsuki mengira bahwa adik tirinya adalah laki-laki.

Bukan hanya menceritakan Itsuki dalam anime ini juga masih ada banyak karakter aneh lainnya, misalnya seperti Nayuta Kani, gadis cantik yang dikenal sebagai penulis jenius tetapi memiliki kebiasaan aneh ketika sedang menulis.

Kani sangat tergila-gila kepada Itsuki sehingga sering mengeluarkan kata-kata mesum untuk memancing nafsu Itsuki.

7. Comic Girls

Comic Girls

Cerita berpusat pada seorang gadis SMA berusia 15 tahun bernama Moeta Kaoruko yang bekerja sebagai seorang penulis manga dengan nama pena "Chaos".

Suatu hari, karena mendapatkan peringkat rendah dari hasil survei pembaca, editornya menyarankan Kaoruko untuk tinggal di asrama pembuat manga khusus perempuan.

Di asrama, Kaoruko satu kamar dengan Koyume Koizuka, seorang penulis manga shoujo yang juga disarankan untuk tinggal di sana agar mendapat inspirasi gambar.

Selain itu, Kaoruko juga bertemu dengan seorang pembuat manga romantis bernama Ruki Irokawa serta seorang penulis manga shounen bernama Katsuki Tsubasa.
 

Start typing and press Enter to search